Ini Teman Pas Lawan Panas, Tips Tetap Fit Selama Bulan Puasa

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:38:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Ini Teman Pas Lawan Panas, Tips Tetap Fit Selama Bulan Puasa

Ilustrasi Hikmah Puasa Ramadhan. (Spesial)

Ladiestory.id - Bulan Ramadan identik dengan berbagai tantangan, mulai dari menahan haus dan lapar, cuaca panas, hingga suasana hati yang mudah terpancing emosi. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan mengganggu kelancaran ibadah puasa. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan perpaduan nutrisi yang tepat saat sahur maupun berbuka menjadi kunci utama untuk menjalankan ibadah puasa dengan optimal.

Memilih menu yang sehat serta bergizi saat sahur dan berbuka adalah langkah penting untuk memastikan kesehatan selama berpuasa. Tanpa asupan yang tepat, kombinasi cuaca panas, perubahan pola makan, dan dehidrasi dapat menyebabkan tubuh lemas dan mudah sakit. 

Lalu, apa saja langkah-langkahnya agar puasa tetap berjalan lancar tanpa lemas? Yuk, kita simak beberapa tips “Teman Pas Lawan Panas” dari dr. Claresta Diella,M.Gizi, SpGK dari Prossi Klinik!

Sahur yang Seimbang

Ilustrasi sahur. (Special)

 

Saat sahur, penting untuk memilih makanan yang memberikan energi tahan lama. Karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum, atau nasi merah bersama dengan protein seperti telur, ikan, ayam, daging sapi rendah lemak, tahu, tempe, dan kacang-kacangan akan membantu menjaga kenyang dan energi sepanjang hari terlepas dari cuaca. Sertakan juga serat dari sayuran dan buah-buahan untuk pencernaan yang sehat. Konsumsi buah yang kaya akan serat seperti semangka, melon, jeruk, kelapa, mentimun, dan timun suri merupakan pilihan yang tepat.

Berbuka dengan Nutrisi

Ilustrasi buka puasa bersama. (Special)

 

Ketika waktu berbuka tiba, perbanyak konsumsi air putih dan kurma untuk mengembalikan kadar gula darah secara alami. Selanjutnya, nikmati makanan untuk berbuka dengan menu lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan nabati serta sayur dan buah-buahan.

Perlu perhatikan juga proses pengolahan makanan dengan membatasi makanan yang digoreng. Hindari makanan yang terlalu berlemak atau manis berlebihan, karena ini dapat menyebabkan penurunan energi dan kantuk setelah berbuka. Apabila setelah tarawih masih terasa lapar, pilih makanan cemilan yang sehat seperti buah, bubur kacang hijau, atau kudapan kecil dengan jumlah secukupnya dan tidak berlebih.

Minum untuk Mencegah Dehidrasi

Manfaat minum air dingin. (Special)

 

“Selama berpuasa di bulan ramadhan, kita harus memastikan kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi yaitu minimal 8 gelas perhari.  Pemenuhan cairan tersebut dapat diterapkan dengan pola 2-4-2 yaitu minum 2 gelas air putih saat berbuka, 4 gelas saat makan malam dan 2 gelas saat sahur," ujar Dr. Claresta Diella.

Sahur merupakan waktu untuk memberi energi pada tubuh untuk menjalani hari yang panas dan panjang tanpa makan dan minum. Dengan memilih makanan & minuman yang tepat, tubuh dapat tetap terhidrasi dan bugar sepanjang hari. Demikian pula, saat berbuka, penting untuk mengonsumsi makanan yang memberi nutrisi dan cairan yang dibutuhkan tubuh tanpa memberatkan sistem pencernaan. 

Larutan Cap Kaki Tiga. (Dok. Cap Kaki Tiga)

 

Salah satu alternatif minuman yang tepat untuk membantu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan memberikan rasa segar saat berpuasa adalah Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga. Konsumsi Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga secara teratur, terutama saat sahur, berbuka, dan menjelang waktu tidur, untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dan bugar. 

Larutan Cap Kaki Tiga mengandung beberapa bahan penting yang bermanfaat untuk sahur dan buka puasa, yaitu: Gypsum Fibrosum yang membantu mendinginkan tubuh, mengatasi panas dalam, dan dehidrasi, yang sering terjadi saat berpuasa; dan Calcitum, membantu mencegah kelelahan yang mungkin muncul selama berpuasa.

Larutan Penyegar Cap Kaki Tiga telah dipercaya sejak 1937 membuat puasa aman dengan yang amanah dalam memberikan kesegaran serta menjaga kesehatan tubuh dari dalam sebagai “Teman Pas Lawan Panas” . Selamat menjalankan puasa dan jangan lupa mencoba tips diatas ya agar ibadah puasamu lancar!