6 Ide Kegiatan Seru Bersama Keluarga di Bulan Ramadan

Rabu, 20 Maret 2024 | 14:21:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Ide Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Bulan Ramadan

Ilustrasi buka puasa. (Special)

Ladiestory.id - Ladies, menunggu waktu berbuka puasa alangkah lebih baiknya kamu dan keluarga tercinta melakukan ragam kegiatan seru dan bermanfaat untuk mengisi waktu luang. Selain ngabuburit asyik di bulan puasa, ini enam ide kegiatan seru bersama keluarga di bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan untuk menambah keakraban dan pererat tali silaturahmi dengan keluarga.

Beribadah Bersama Keluarga

Ilustrasi alquran. (Special)

 

Saat menjalani ibadah puasa Ramadan juga menjadi salah satu anjuran bagi seluruh umat Muslim untuk melakukan ibadah sunah seperti membaca Al-Quran (tadarus), salat tarawih dan masih banyak lainnya. Selain itu, kamu dan keluarga juga bisa menciptakan momen seru lainnya misalnya dengan mengadakan kegiatan bernuansa Islami seperti menggambar kaligrafi, membaca buku Islami, menonton film-film Islami, pergi ke kajian dan masih banyak lainnya untuk mempererat ikatan keluarga.

Dekorasi Rumah dengan Pernak-pernik Ramadan

Ilustrasi dekorasi rumah. (Special)

 

Bulan suci Ramadan adalah waktu yang tepat bersama teman, keluarga dan orang-orang terkasih mendapatkan kesempatan untuk berkumpul bersama untuk memperkaya jiwa dengan menjalankan kewajiban-kewajiban suci dan menghabiskan waktu berkualitas bersama.

Menjalin ikatan silaturahmi dengan orang-orang tercinta tentunya tak boleh berhenti sampai disitu saja. Oleh sebab itu, untuk menambah keceriaan, tawa dan kebersamaan ke dalam perayaan Ramadanmu tahun ini salah satu ide kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga di bulan Ramadan ialah dengan mendekorasi tampilan rumah dengan pernak-pernik Ramadan agar lebih terasa aura Ramadan yang kental akan sentuhan Islami didalamnya.

Kamu bisa menghiasi ruang keluarga  yang indah dengan dekorasi bertema Ramadan. Biarkan keluarga  meluapkan semangat kreativitasnya dengan memilih barang-barang favorit mereka dan meletakkan pernak-pernik Ramadan yang mereka pilih agar mereka merasa ikut berperan dalam penataan rumah. Dan jangan lupa untuk menambahkan lilin dan wewangian yang menenangkan. Kalian bisa menyalakan lampu-lampu yang indah di halaman maupun di sekitar rumah sehingga kemeriahan Ramadan semakin terasa.

Masak Menu Makanan Berbuka Puasa dan Sahur Bersama

Ilustrasi Puasa Ramadan. (Freepik)

 

Menciptakan sesuatu bersama keluarga adalah kenangan yang akan melekat selamanya. Kamu bisa memasak menu makanan berbuka puasa dan sahur bersama keluarga tercinta. Mulai dari menu makanan tradisional hingga favorit keluarga bisa menjadi ide cemerlang yang dilakukan. Pergi ke dapur sambil memasak menu hidangan berbuka puasa selama bulan penuh berkah ini akan menambah keseruan dan jalinan yang kuat antar keluarga, kalian pun bisa menciptakan momen bukber (buka bersama) yang seru dan penuh semangat keceriaan.

Bermain Game Bersama Keluarga

Ilustrasi main game. (Special)

 

Menunggu waktu berbuka puasa nampaknya akan lebih seru jika saling bersaing dengan anggota keluarga lainnya dengan bermain game. Kamu bisa melibatkan dirimu  dalam kompetisi yang bersahabat, penuh tawa  dan ikatan yang erat saat kamu bersantai setelah seharian berpuasa. Setelah menyelesaikan ibadah malam, berkumpul bersama untuk bermain game akan membuat setiap malam menjadi lebih menyenangkan.

Pergi Jalan-jalan ke Luar Rumah

Ilustrasi jalan kaki. (Special)

 

Setelah berpuasa seharian dan menikmati hidangan berbuka puasa yang menyegarkan, akan sangat ideal untuk pergi keluar rumah bersama keluarga dan melakukan aktivitas fisik. Entah itu bermain skateboard, bersepeda, berkeliling dengan skuter listrik, mengunjungi  museum atau jejak peninggalan Islam, menghabiskan waktu di luar rumah dengan angin malam yang sejuk setelah seharian berpuasa sepertinya merupakan cara yang ideal untuk menghabiskan malam harimu bersama keluarga.

Lakukan Kegiatan Amal

Ilustrasi berdoa. (Spesial)

 

Sebarkan cinta dan kebaikan dengan terlibat dalam kegiatan amal sebagai sebuah keluarga. Entah itu menyumbang kepada mereka yang membutuhkan, menjadi sukarelawan di badan amal setempat atau membuat hidangan makanan spesial di bulan Ramadan dan membagikannya kepada mereka yang membutuhkan, ingatlah bahwa tindakan kebaikan kecil dapat membuat perbedaan besar. Bulan Ramadan juga menjadi momen yang tepat untuk berburu pahala dan kebaikan. Nah, kamu dan keluarga bisa semakin bersemangat dan kompak untuk terus melakukan kebaikan.