Inilah 5 Cara Mudah Tetap Fokus Saat Bekerja, Wajib Coba Nih!

Senin, 18 September 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Inilah 5 Cara Mudah Tetap Fokus Saat Bekerja, Wajib Coba Nih!

Ilustrasi Bekerja. (iStock)

Ladiestory.id - Fokus merupakan hal yang sangat penting ketika mengerjakan sesuatu. Namun, seringkali kamu kehilangan fokus yang hal ini biasanya bisa terjadi pula saat sedang bekerja. Lalu, bagaimana cara mudah untuk tetap fokus saat bekerja supaya seluruh tugas bisa selesai lebih cepat atau tepat waktu?

Jika kamu telah mengalami masalah ini, maka kamu berada di artikel yang tepat. Sebab, kali ini kamu akan diajak mengetahui lebih dalam beberapa teknik yang bisa membantumu tetap fokus saat bekerja. 

Kira-kira apa aja ya cara mudah untuk tetap fokus saat bekerja yang bisa kamu coba? Yuk, simak ulasannya sampai akhir!

Singkirkan Gangguan Disekitarmu

Ilustrasi Fokus Bekerja. (iStock)

 

Hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah dengan menyingkirkan gangguan yang ada. Tentunya, kamu tidak bisa langsung menyingkirkan semuanya. Namun, kamu bisa mengurangi secara perlahan. 

Adapun beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan adalah mematikan notifikasi ponsel, berpindah ke area kerja yang lebih tenang, gunakan latar belakang musik untuk menemani bekerja, hingga selalu rapikan area bekerja supaya kamu senantiasa bersemangat.

Konsumsi Kopi dalam Dosis Kecil

Ilustrasi Minum Kopi. (iStock)

 

Cara mudah untuk tetap fokus saat bekerja selanjutnya adalah konsumsi kopi dalam dosis kecil. Ternyata, mengkonsumsi kopi bisa membantu meningkatkan fokus saat bekerja. 

Melansir dari Healthline.com, diketahui kafein dalam kopi membantu meningkatkan fokus secara maksimal. Namun, untuk mendapatkan efek terbaiknya kamu dianjurkan untuk mengkonsumsi dalam jumlah sedang. 

Sebab, jika berlebihan justru akan menimbulkan rasa cemas atau gugup.

Jadi, pastikan kamu mengkonsumsi minuman ini dengan bijaksana. Supaya hasilnya menjadi lebih maksimal.

Gunakan Teknik Pomodoro

Ilustrasi Konsentrasi saat Bekerja. (iStock)

 

Fokus merupakan salah satu hal penting yang dapat membantumu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Nah, salah satu cara meningkatkan fokus yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan teknik pomodoro.

Teknik satu ini membantumu dalam melatih otak supaya fokus mengerjakan tugasmu dengan waktu yang singkat. Kamu hanya memerlukan waktu 25 menit untuk bekerja dan 5 menit untuk beristirahat. Kamu bisa mengulangi waktu tersebut selama 5-6 kali sehingga pekerja bisa selesai dan kamu pun dapat bersantai setelahnya. 

Hindari Penggunaan Social Media

Ilustrasi Bermain Social Media. (iStock)

 

Siapa nih yang suka cek sosial media saat beristirahat kerja. Ternyata, hal ini bisa mengganggu fokus mu lho. 

Nah, salah satu cara mudah untuk tetap fokus saat bekerja adalh dnegan menghindari penggunaan sosial media. Cobalah untuk mulai memblokir aplikasi sosial media selama kamu bekerja. Sehingga, kamu menjadi lebih fokus dan produktif.

Selain itu, memblokir notifikasi ini juga membantumu lebih cepat menyelesaikan pekerjaan. Bahkan, turut membantu mengurangi rasa cemas atau ketidakpuasan diri yang kini banyak dialami kalangan muda akibat dari penggunaan sosial media yang berlebih.

Tidur yang Cukup

Ilustrasi Wanita Tidur. (Freepik)

 

Hal terakhir yang tak boleh kamu lewatkan adalah dengan memenuhi kebutuhan tidur. Sebab, seseorang yang memiliki waktu tidur cukup lebih sehat dan fokus. 

Selain itu, tidur yang cukup juga membantumu dalam menjaga kesehatan serta meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori maupun eronstentrasi. 

Adapun cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tidur cukup dan berkualitas adalah dengan menyingkirkan seluruh alam elektronik satu jam sebelum tidur, hindari konsumsi kopi di sore maupun malam hari hingga cobalah untuk membaca buku sebelum tidur supaya lebih rileks dan nyenyak.