Innalillahi, Seniman Ludruk Surabaya Cak Sapari Meninggal Dunia

Kamis, 15 September 2022 | 17:45:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Innalillahi, Seniman Ludruk Surabaya Cak Sapari Meninggal Dunia

Cak Sapari, Seniman Ludruk Surabaya Meninggal Dunia. (Spesial)

Ladiestory.id - Kabar duka kembali hadir dari sosok seniman ludruk Indonesia, asal Surabaya bernama Cak Sapari yang diketahui menghembuskan nafas terakhirnya hari ini, Kamis (15/9/2022). Cak Sapari dikabarkan meninggal dunia di usianya yang ke 74 tahun, setelah berjuang melawan penyakit diabetes yang telah lama dideritanya.

Hal ini diketahui lewat informasi yang disampaikan, oleh Kartolo yang sebelumnya tergabung dalam grup ludruk Jula-Juli Guyonan Kartolo Cs. Selain itu, kabar duka ini pun turut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Surabaya Armuji atas kepergian sosok seniman ludruk tersebut.

"Innalillahi wainnailaihi rojiun telah meninggal dunia Cak Sapari legenda ludruk Surabaya," kata Armuji.

Selama mengidap diabetes, untuk meringankan beban biaya pengobatan dan kebutuhannya, para rekan dan anak didik ludruknya sempat mengadakan Ludrukan Charity untuk menggalang dana bagi Cak Sapari.

Sementara itu, mengenai sepak terjangnya di dunia ludruk, Cak Sapari diketahui memulai semuanya secara otodidak. Dalam perjalanannya, ia membesarkan namanya di dunia ludruk dengan bergabung dengan Kartolo Cs, yang beranggotakan, Kartolo, Basman, Sapari, Sokran, Blonthang dan Tini yang merupakan istri Kartolo.

Kariernya melejit pada tahun 70an hingga 90an dengan pita kaset dari sejumlah lakon, seperti  "Sepur India", "Pemburu Cipret", "Patih Kabur Kanginan".

Semasa hidup, suami dari Suryaningsih itu dikenal sebagai pribadi yang periang. Bahkan, ia mudah akrab dan memiliki banyak teman.

s