Intip 5 Rahasia Awet Muda dan Sehat yang Wajib Kamu Tahu, Ladies!

Kamis, 26 Oktober 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Intip 5 Rahasia Awet Muda Dan Sehat Yang Wajib Kamu Tahu, Ladies!

Ilustrasi Wajah Awet Muda. (iStock)

Ladiestory.id - Penuaan merupakan hal yang dialami dan dialami oleh semua orang. Apalagi, seiring bertambahnya usia sayanya fungsi tubuh menjadi menurun. Namun, ternyata ada lima rahasia awet muda dan sehat yang wajib kamu tahun dan praktekan. 

Memiliki rambut beruban, kulit kendur hingga munculnya flek hitam tentu terlihat sangat menakutkan. Nah, keseluruhan kondisi tersebut bisa kamu cegah sejak dini dengan kebiasaan yang tepat. Sehingga, penampilan kulit maupun kesehatan tubuh senantiasa terjaga dan seolah penuaan berjalan lambat. 

Tenang aja, rahasia yang akan dibagikan ini tidak membuat kantong kamu menjadi bolong. Justru sangat mudah dan murah untuk kamu praktekan. Apa aja sih emangnya, lima rahasia awet muda dan sehat yang wajib kamu tahu? Ini dia daftarnya yang dilansir dari health.com.

Tidur yang Cukup

Ilustrasi Tidur Nyenyak. (iStock)

 

Sebagian dari kamu mungkin kerap menyepelekannya bukan? Padahal, tidur yang cukup dapat membantumu untuk terhindar dari berbagai penyakit. 

Mulai dari kemasan, depresi, penyakit jantung, hipertensi, diabetes hingga kanker. Selain itu, beberapa penelitian juga menemukan adanya penuaan pada otak setara dengan 3 hingga lima tahun lebih cepat. Sehingga sangat penting untuk kamu mulai tidur dengan jadwal yang tepat dan cukup.

Jika kamu mengalami kesulitan tidur, kamu bisa mulai mengurangi kafein, rutin berolahraga di sore atau malam hari hingga menjauhkan alat elektronik dari tempat tidurmu. Selain itu, tidak lupa membuat suhu kamar menjadi sejuk dan bernuansa gelap. 

Prioritaskan Berolahraga

Olahraga Lari. (Pexels)

 

Rahasia awet muda dan sehat yang wajib kamu tahu berikutnya adalah memprioritaskan olahraga. Tak banyak yang menyadari bahwa kebiasaan ini bisa menjadi bekal yang baik di masa tua nanti. 

Sebab, degan membiasakan tubuh menjalani rutinitas. Maka, kamu terlatih untuk senantiasa bugar dan bersemangat. Adapun cara untuk melakukannya secara konsisten adalah dengan melakukan jenis olahraga yang kamu sukai. 

Selain untuk kesehatan tubuh, olahraga juga meningkatkan kemampuan otak, menjadikanmu senantiasa awet muda dan terhindar dari masalah kesehatan tulang. DIanjurkan untuk melakukan kebiasaan ini minimal 30 menit setiap hari. Sehingga, tubuh sehat terjaga kamu pun senantiasa awet muda.

Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Ilustrasi Minum Air Putih. (Freepik.com)

 

Tak banyak yang tahu, bahwa minum air putih yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan sendi. Selain itu, membuat racun tubuh lebih mudah keluar dan melancarkan aliran oksigen ke seluruh tubuh. 

Hal ini pun menjadi sangat penting apalagi bagi kamu yang tinggal di daehan yang bersuhu panas dan aktif beraktivitas. Ketika kamu mengkonsumsi air putih dengan lebih rutin dan cukup maka masalah diare, maupun demam juga bisa lebih terhindari. 

Jadi, rutinkan diri untuk mengkonsumsi 8 gelas air putih perhari. Selain itu, bagi pula dengan konsumsi buah segar yang membantumu senantiasa ternutrisi sepanjang hari. 

Rutin Gunakan Sunscreen dan Pelembap

Ilustrasi Menggunakan Sunscreen. (Freepik)

 

Rahasia awet muda dan sehat yang wajib kamu tahu dan tidak boleh ketinggalan adalah dengan rutin menggunakan sunscreen dan pelembap. Kedua produk ini menjadi sangat penting apalagi ketika kau memasuki usia 25 tahun keatas. 

Sebab, jika kamu rajin menggunakannya maka masalah seperti kerutan maupun flek hitam bisa dicegah sejak dini. Apalagi, di cuaca panas saat ini perlindungan kulit menjadi sangat penting.
Ketika paparan sinar matahari menjadi sangat intensif dan suhu terasa sangat tinggi dan panas. Maka, kulit lebih mudah menjadi kering dan rentan iritasi. Oleh karenanya, denganpengunaan kedua produk ini diharapkan dapat mencegah masalh etrbsuet, 

Selain itu, mengurangi efek buruk dari sinar UVA dan UVB. Jadi, jika kamu beraktivitas di dalam ruangan maupun luar ruangan. Ingatlah, untuk selalu menggunakan dua produk ini ya.

Konsumsi Makanan Mengandung Antioksidan

Ilustrasi Makanan Sehat. (Freepik)

 

Terakhir, kamu perlu menerapkan kebiasaan untuk mengkonsumsi makanan mengandung antioksidan. Mengapa begitu?

Hal ini dikarenakan fungsi dari antioksidan sendiri membantu melindungi kerusakan pada sel kulit maupun tubuh dari kerusakan. Khususnya, dari paparan radikal bebas yang banyak memicu masalah penyakit kronis seperti kanker, penuan dini hingga kardiovaskular. 

Adapun antioksidan yang paling dianjurkan berasal dari vitamin C, E, maupun beta karoten. Kemudian, jenis makanan yang bisa kamu konsumsi seperti buah-buahan, sayuran, hingga biji-bijian. Gunakan bahan makanan yang segar untuk hasil yang lebih maksimal di tubuh. 

Itulah informasi lengkap mengenai rahasia awet muda dan sehat yang wajib kamu tahu. Tentunya, konsistensi menjadi hal yang penting untuk hasil yang maksimal. Selamat mencoba dan semoga berhasil!