Intip 5 Tips Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Jumat, 22 Juli 2022 | 19:41:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

Intip 5 Tips Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Ilustrasi perawatan kulit wajah. (Special)

Ladiestory.id - Tak sedikit wanita yang selalu mencari cara untuk mencerahkan tubuh secara alami. Kulit yang putih bersih membuatnya terlihat lebih menawan. Kulit yang kusam dapat dikarenakan disebabkan oleh banyak sel kulit mati.

Tak hanya itu, penyebab lainnya biasanya disebabkan oleh terlalu sering terkena paparan sinar matahari, stres, gaya hidup yang tidak bagus, polusi udara hingga dikarenakan masalah kondisi medis. Apabila kulit kusam karena kondisi medis, maka anda bisa berkonsultasi kepada dokter untuk mengatasi masalah kulit tersebut.

Memiliki kulit putih dan sehat secara alami merupakan dambaan setiap wanita. Berbagai cara dapat diterapkan seperti mencari informasi cara memutihkan kulit secara alami. Bahan-bahan disekitar sebenarnya banyak yang dapat digunakan sebagai pemutih alami kulit. Meskipun begitu, cara yang digunakan harus sesuai agar manfaat dapat diperoleh.

Selain itu, cara yang tidak alami juga bisa membuat kulit menjadi kusam apabila tidak dirawat dengan baik. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mencerahkan tubuh secara alami. Tentu saja, punya kulit tangan dan kaki yang belang akan membuat rasa percaya diri turun.

Belangnya kulit tangan dan kaki biasanya disebabkan oleh kotoran, zat kimia, obat, faktor lingkungan, infeksi hingga sinar matahari. Banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran memilik banyak manfaat untuk memutihkan kulit di anggota badan. Namun beberapa di antaranya justru menyebabkan alergi serius, efeknya tidak main-main. Paparan merkuri sering diabaikan dan dapat menjaddi bumerang.

Sebenarnya, ada beberapa cara cepat memutihkan kulit pada anggota badan anda menggunakan bahan alami. Bahan-bahan yang digunakan juga sangat mudah didapatkan. Berikut cara memutihkan kulit secara alami.

1. Bengkuang

lulur bengkuang (pixabay.com)

Nutrisi dalam bengkuang telah terbukti efektif mencerahkan kulit anggota badan secara alami. Bengkuang tidak hanya enak, tetapi juga bisa digunakan sebagai masker atau lulur pemutih. Berikut beberapa cara merawat dan menggunakan bengkuang yang ampuh untuk memutihkan.

  • Pertama-tama siapkan bahan utama berupa bengkuang alami yang segar supaya zat dan nutrisi yang berguna untuk memutihkan kulit pada bengkuang lebih efektif.
  • Siapkan peralatan seperti parutan dan wadah untuk menampung hasil parutan. Setelah bahan dihaluskan, diamkan selama kurang lebih 1 jam supaya ekstrak bengkuang mengendap.
  • Endapan sari bengkuang sudah bisa digunakan pada tubuh sebagai masker atau scrub dengan menambahkan material seperti gula atau pasir laut yang bersih. Setelah mengoleskan pada kulit, diamkan selama kurang lebih 30 menit supaya ekstrak tersebut meresap melalui pori-pori kulit.

2. Lulur Beras

lulur beras (pixabay.com)

Lulur beras sangat efektif  sebagai whitening agent untuk anggota badan. Beras sangat mudah ditemukan di Indonesia. Berikut cara mengolah beras menjadi lulur yang bisa memutihkan badan dengan cepat.

  • Siapkan 5 sendok beras putih yang sudah dibersihkan atau sesuai kebutuhan serta bahan lainnya seperti air untuk mengairi beras.
  • Setelah beras digiling menjadi halus, taruh ke dalam wadah yang sudah disiapkan kemudian campurkan air atau lebih efektif menggunakan susu murni.
  • Oleskan pada kulit tubuh sembari digosokkan secara perlahan kemudian diamkan selama 1 jam atau lebih. Kemudian bersihkan kulit dari sisa lulur yang menempel dan lihat perbandingan kulit sebelum dan sesudah memakai lulur.

3. Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun. (Special)

Cara memutihkan kulit anggota badan secara alami dan cepat selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung asam linoleat, yang membantu menjaga keseimbangan kelembapan kulit. Minyak zaitun juga  mengandung banyak antioksidan, polifenol, yang  melindungi sel dari kerusakan.

  • Campurkan 4 sdm minyak zaitun dengan 2 sdm madu.
  • Cara memutihkan kulit tangan ini akan sangat manjur apabila digunakan sebagai lulur setiap kali setelah mandi.

4. Masker Susu

Ilustrasi susu. (Special)

 

Kandungan kolagen dari susu murni, terutama susu kambing, merupakan cara alami untuk mencerahkan kulit anggota badan. Cara ini sangat efektif karena efek susu  sudah terbukti dan merupakan salah satu bahan  kosmetik tata rias. Hasilnya dapat dengan sangat cepat  dan merupakan bahan alami yang tidak menyebabkan infeksi.

5. Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Lidah buaya merupakan metode pengelupasan kulit anggota badan karena mengandung zat yang menekan produksi melanin pada kulit dan mencegah pengelupasan. Untuk alasan ini, lidah buaya banyak digunakan dalam komposisi  berbagai produsen obat pemutih. Setelah itu, lidah buaya  secara alami menjadi belang.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat anda gunakan untuk memutihkan kulit secara alami dan dapat anda lakukan sendiri di rumah.