6 Istilah Dalam Dunia Per-Make Up-an Yang Harus Diketahui Pemula

Selasa, 9 November 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

6 Istilah Dalam Dunia Per-Make Up-An Yang Harus Diketahui Pemula

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Sekarang ini, terdapat begitu banyak video tutorial make up yang dibuat oleh para beauty blogger. Gaya make up-nya juga berbeda-beda, sehingga kita dapat memilih sendiri mana yang cocok dengan gaya yang kita inginkan.

Istilah Trend Dalam Makeup

Untuk mayoritas perempuan, make up menjadi kebutuhan penting dalam tampil lebih maksimal. Make up pun dapat menjadi bentuk mengekspresikan diri dan meningkatkan rasa percaya diri.

Di sisi lain, ada pula sejumlah pekerjaan yang menuntut karyawan perempuannya untuk merias wajah, contohnya pramugari. Bahkan, sekarang ini profesi make-up artist tengah menjamur.

Foto: Ladiestory.id

 

Nah, untuk kamu yang baru saja masuk ke ranah make up dan kerap menonton make up tutorial dari beauty youtuber, pasti terdapat sejumlah istilah dalam make up yang kamu pertama kali dengar. Ayo ketahui istilah-istilah dalam make up tersebut.

Cakey

Istilah ini merupakan keadaan dimana foundation, concealer, dan bedak yang menempel di wajah terlalu tebal dan tidak menyatu dengan merata di kulit. Jika dalam Bahasa Indonesia, istilah cakey lebih kerap didengar dengan katak kata “makeup dempul.”

Pastikan kamu mengenakan produk make up secukupnya ya supaya terhindar dari keadaan riasan yang cakey.

Undertone

Undertone adalah warna asli kulit yang tidak akan berubah meskipun tetkena sinar matahari. Undertone color secara garis besar dibagi menjadi 3 warna yakni warm, cool, dan neutral.

Bagaimana cara tahu undertone kamu? Salah satunya yaitu dengan memeriksa warna pembuluh darahmu. Jika berwarna hijau, artinya kamu mungkin punya warm undertone.

Bila berwarna biru keunguan, berarti kamu memiliki cool undertone. Pada neutral undertone, umumnya warna pembuluh darah tidak tampak atau menyatu dengan warna kulit.

Undertone ini cukup penting guna kamu ketahui, sebab dapat menentukan warna foundation, makeup, bahkan sampai baju yang cocok dengan warna kulitmu.

Pegmented

Kamu pasti kerap sekali mendengar para beauty blogger berkata, “It’s so pigmented!” atau “Jujur, ini se-pigmented itu!”

Apa arti pigmented? Artinya yaitu warna yang begitu ‘keluar’, sebab kerap kali kita menjumpai produk make up (umumnya eyeshadow palette) dengan warna yang menggoda, tapi saat digunakan, warnanya tidak muncul sama sekali di kelopak mata kita.

Foto: Ladiestory.id

 

Waterline

Waterline adalah daerah bawah mata di sepanjang garis bulu mata area bawah. Dikatakan waterline sebab umumnya daerah ini basah. Guna mempertegas mata, umumnya bagian 1 ini diberi eyeliner berwarna gelap.

Guna membuat matamu tampak lebih besar dan segar, kamu dapat mengenakan eyeliner putih pada area tersebut. Namun hati-hati ya ketika menggunakannya agar tidak iritasi apalagi tercolok.

Blending

Blending adalah salah satu langkah paling penting pada make up yang akan menentukan hasil riasanmu, entah itu foundation, concealer, atau eyeshadow. Semuanya butuh proses blending. Apa artinya?

Jadi, blending itu merupakan teknik yang membuat riasan make up menjadi rata dan membaur pada kulit. Istilah ini paling kerap didengar ketika tengah mengaplikasikan eyeshadow.

Dengan blending yang baik, maka warna-warna akan mempunyai transisi yang halus. Begitu pula dengan make up product lainnya. Kamu tidak ingin kan, riasanmu tidak rata?

Inner Corner

Inner corner merupakan bagian kecil di dekat kelenjar air mata di antara mata dan hidung. Area inner corner ini diklaim cukup penting saat merias daerah mata.

Umumnya bagian inner corner ini diberi highlighter guna mempertegas dan menjadikan mata tampak lebih besar. Ini juga membuat hidung tampak lebih kecil dan ramping bila dipadukan dengan contour.

Istilah-istilah di atas perlu diketahui oleh para pemula dalam menggunakan make up, ya!