Jadi Sajian Khas Imlek, Ini 6 Manfaat Jeruk Mandarin Bagi Kesehatan

Minggu, 22 Januari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Jadi Sajian Khas Imlek, Ini 6 Manfaat Jeruk Mandarin Bagi Kesehatan

Jeruk Mandarin. (Special)

Ladiestory.id - Jeruk Mandarin termasuk salah satu hidangan khas imlek. Selain dihidangkan saat perayaan Imlek, jeruk Mandarin juga kerap dijadikan hantaran Imlek. Pasalnya, jeruk Mandarin dianggap sebagai buah pembawa keberuntungan. 

Jeruk Mandarin memiliki ukuran yang lebih kecil. Meskipun begitu, rasa buah satu ini manis dan segar. Di balik makna filosofis jeruk Mandarin yang membawa keberuntungan, ternyata jeruk Mandarin juga punya beragam manfaat bagi kesehatan, lho. Nah, Ladiestory.Id telah merangkum enam manfaat jeruk Mandarin bagi kesehatan. 

Mencegah Kanker

Ilustrasi makan jeruk. (Special)

 

Dalam jeruk Mandarin terdapat kandungan dua senyawa antioksidan yaitu beta karoten dan beta kriptoxantin. Adanya kandungan ini dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker. Kedua zat tersebut mampu menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu penyebab munculnya sel kanker. Mengonsumsi buah ini secara rutin dapat menekan dan menonaktifkan senyawa pemicu kanker.

Meningkatkan Imun

Ilustrasi makan jeruk. (Special)

 

Sebagai salah satu jenis buah jeruk, jeruk Mandarin juga kaya akan kandungan vitamin C. Vitamin C termasuk jenis asam askorbat. Asam askorbat merupakan salah satu nutrisi yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika imunitas tubuh meningkat, maka kamu juga tidak akan mudah terserang penyakit. 

Adanya kandungan vitamin C dalam jeruk Mandarin juga bagus untuk kesehatan kulit. Pasalnya, vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam proses penyembuhan luka pada kulit. 

Melancarkan Pencernaan

Jeruk Mandarin. (Special)

 

Manfaat selanjutnya yang dimiliki oleh jeruk Mandarin adalah dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Dalam jeruk Mandarin terdapat kandungan serta yang cukup tinggi. Serat sangat berperan penting dalam proses pencernaan. Serat mampu menyerap air, dan melunakkan tinja sehingga kamu dapat terbebas dari risiko sembelit. Bahkan jeruk Mandarin juga bisa kamu gunakan sebagai salah satu menu diet, lho. Karena buah ini juga diyakini mampu membantu menurunkan berat badan. 

Ilustrasi makan jeruk. (Special)

 

Manfaat jeruk Mandarin selanjutnya bagi kesehatan adalah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Buah ini juga sangat aman untuk dikonsumsi. Pasalnya dalam jeruk Mandarin tidak terdapat kandungan kolesterol atau dapat dikatakan nol kolesterol. 

Bahkan, berkat kandungan serat dalam buah ini, jeruk Mandarin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Sehingga kamu akan terhindar dari risiko penyakit stroke. 

Ilustrasi pereiksa tekanan darah. (Special)

 

Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyerang siapapun. Terutama orang yang memiliki pola hidup yang buruk. Jika kamu termasuk yang hobi makan makanan berlemak, merokok, dan minum alkohol, maka kamu berpotensi besar mengidap hipertensi. 

Salah satu cara untuk mengurangi risiko tersebut adalah dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan serat yang tinggi, seperti jeruk Mandarin. Serat dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah peradangan, dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. 

Selain itu, dalam jeruk Mandarin juga terdapat kandungan kalium. Kandungan mineral tersebut diyakini mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sehingga tekanan darah akan selalu stabil dan normal. 

Memperkuat Tulang

Ilustrasi Tulang Ekor (Special)

 

Jeruk Mandarin diketahui memiliki beragam kandungan mineral, seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Adanya kandungan mineral tersebut sangat bagus bagi kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan mineral tinggi seperti jeruk Mandarin ini maka akan membuat tulang menjadi kuat dan padat. Sehingga kamu akan terhindar dari risiko osteoporosis atau tulang rapuh. 

Ladies, itulah enam manfaat jeruk Mandarin yang merupakan hidangan khas Imlek bagi kesehatan tubuh. Selain rutin mengonsumsi jeruk Mandarin, agar mendapatkan tubuh yang sehat, kamu juga perlu mengimbanginya dengan pola hidup sehat dan olahraga secara rutin, ya.