Jangan Dibuang! Ketahui 5 Manfaat Ampas Teh untuk Wajah

Jumat, 20 Agustus 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Jangan Dibuang! Ketahui 5 Manfaat Ampas Teh untuk Wajah

Foto: Ladiestory.id

Siapa yang gemar minuh teh? Yap! Kebanyakan orang memang gemar meminum teh sebab memiliki efek yang menenangkan sehingga dapat membuat seseorang lebih rileks. Biasanya teh disajikan ketika sarapan, untuk tamu, ataupun bersantai di sore hari.

Teh merupakan minuman yang mengandung kafein, sebuah infusi. Biasanya teh dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi empat kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Pada dasarnya, teh memiliki citra rasa sedikit pahit yang menjadi kenikmatan tersendiri. Namun, biasanya orang-orang menambahkan sedikit gula agar rasanya lebih nikmat.

Manfaat Ampas Teh untuk Wajah

Setelah menyeduh teh, maka akan menyisakan ampas teh. Lalu apa yang Anda lakukan dengan ampas teh tersebut? Kebanyakan orang akan membuangnya begitu saja dan menjadi limbah basah. Namun rupanya terdapat banyak manfaat ampas teh untuk wajah.

Hal ini disebabkan karena ampas teh memiliki antioksidan kuat yang diyakini mampu merawat kulit dari efek radikal bebas. Inilah beberapa manfaat ampas teh untuk wajah.

1. Kandungan antioksidan bantu menghilangkan kantung mata

Foto: Ladiestory.id

 

Teh memiliki kandungan tanin dan antioksidan yang mampu membantu mengobati kantung mata. Selain itu di dalam teh juga terkandung vitamin K yang mampun menyamarkan lingkar hitam di bawah mata.

Bahkan ampas teh juga bisa mengecilkan pembuluh darah halus di bawah mata penyebab mata bengkak akibat katung mata.

Cara mengamplikasikan ampas teh untuk wajah sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasukan 2 kantong ampas teh hijau ke dalam lemari es selama 30 menit. Setelah itu, baru letakan 2 kantong ampas teh tersebut ke mata tertutup selama 15 menit.

2. Ampas teh hijau mampu mengatasi jerawat

Foto: Ladiestory.id

 

Khususnya teh hijau dapat mengatasi permasalahan wajah yang paling umum yakni jerawat. Bahkan sebuah studi 2012 dari Journal of Investigative Dermatology menyimpulkan bahwa epigallocatechin-3-gallate (EGCG) – komponen dalam teh hijau, membantu mengobati jerawat dengan menghambat perkembangan bakteri penyebab jerawat.

Teh hijau memiliki kandungan zat katekin yang mampu menjadi antibakteri dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Zat katekin juga dapat membantu mengatur ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, yang menjadi salah satu penyebab utama munculnya jerawat. Bahkan, kandungan anti-inflamasi dari teh hijau membantu mengurangi kemerahan dan peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

3. Dapat dimanfaatkan sebagai scrub wajah untuk mengangkat sel kulit mati

Foto: Ladiestory.id

 

Ampas teh memiliki tekstur kasar yang dapat membantu proses pengelupaskan kulit Anda untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati ataupun kotoran lainnya. Cara pengaplikasian ampas teh untuk wajah sangat mudah. Yakni dengan mencampurkan 1 sendok ampas teh hijau, 1 cangkir gula, setengah cangkir minyak zaitun dan satu sendok makan madu mentah.

Jika adonan sudah jadi, Anda hanya perlu mengoleskannya pada wajah ataupun badan sembari digosok-gosok dengan gerakan memutar. Lalu bilas dengan air hangat.

4. Dapat dijadikan toner alami yang menjaga kulit tetap terhindrasi

Foto: Ladiestory.id

 

Manfaat ampas teh untuk wajah selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai toner alami. Sebab ampas teh dapat membersihkan kotoran yang menyumbat, mengecilkan pori-pori, dan menjaga agar kulit wajah tetap terhindrasi.

Cara membuat toner alami dari ampas teh sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyeduh teh dengan air hangat dan mendiamkannya dalam suhu ruanggan hingga dingin. Selanjutnya Anda dapat memberikan beberapa tetes minyak essensial yang sesuai dengan jenis kulit, namun hal ini menjadi optional.

Pindahkan cairan tersebut ke dalam botol spray yang bersih dan toner alami dari ampas teh untuk wajah sudah dapat digunakan.

5. Kandungan antioksidan dalam teh bantu atasi tanda penuaan

Foto: Ladiestory.id

 

Flek hitam, keriput, garis-garis halus, binti-bintik hitam merupakan tanda-tanda yang muncul akibat penuaan dini. Nah, manfaat ampas teh untuk wajah dapat digunakan untuk anti aging dan mengurangi tanda-tandanya.

Sebab, teh memiliki kandungan zat anti penuaan dan antioksidan. Tak hanya itu, namun teh juga memiliki kandungan polifenol yang membantu menetralisir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan signifikan pada kulit dan mempercepat proses penuaan.

Itulah 5 manfaat ampas teh untuk wajah. Jadi mulai sekarang Anda tidak perlu membuang  ampas teh seusai menyeduhnya. Sebab Anda dapat merasakan kenikmatan dari kedua hal ini yakni teh beserta ampasnya. Namun, semua itu tidak akan didapat secara instan. Pastikan untuk Anda melakukan dengan rutin sembari mengaplikasikan skincare yang cocok di kulit Anda. Selamat mencoba!