Segudang Manfaat Teh Chamomile: Berikut Penjelasannya

Selasa, 22 Juni 2021 | 17:46:08

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Segudang Manfaat Teh Chamomile: Berikut Penjelasannya

Foto: Ladiestory.id

Teh Chamomile Mendatangkan Banyak Manfaat, Kamu Tahu?

Chamomile adalah bunga yang menjadi salah satu obat herbal. Chamomile sendiri dapat dijadikan teh dengan cara mengeringkan kelopak bunganya. Namun belum banyak yang mengenal teh chamomile karena teh yang terkenal di negara kita ini adalah teh hijau dan teh hitam. Padahal, manfaat dari teh chamomile tidak kalah penting dengan manfaat yang kita temui dalam teh hijau dan teh hitam.

  1. Mencegah Osteoporosis

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Menurut sebuah penelitian, teh chamomile memiliki efek antiestrogenik yang berkhasiat untuk kondisi menopause. Ketika wanita yang telah menopause rutin mengonsumsi teh chamomile, zat antiestrogenik tersebut dapat membantu tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah kamu terkena osteoporosis.

  1. Meredakan Sakit Menstruasi

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Dengan kandungan zat anti inflamasi dan relaksasi tubuh, the chamomile dapat meredakan kram yang dirasakan ketika menstruasi. Selain itu, wanita yang mengonsumsi teh chamomile secara teratur selama masa menstruasi mengatakan bahwa emosinya menjadi lebih stabil.

  1. Mengatasi Gangguan Tidur

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Adanya kandungan apigenin, chamomile menjadi antioksidan dan berfungsi sebagai benzodiazepine untuk mengikat reseptor tertentu pada otak yang dapat meningkatkan rasa kantuk. Mengutip Medical News Today mengatakan, 10 dari 12 pasien penyakit kardiovaskular tertidur tak lama setelah mengonsumsi teh chamomile.

  1. Menetralkan Kadar Gula Darah

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Beberapa penelitian mengatakan teh chamomile dapat mengatur kadar insulin agar seimbang dalam darah. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah penderita diabetes. Chamomile biasa dijadikan sebagai herbal pendamping untuk memaksimalkan pengobatan dari dokter. Apabila kadar gula darah menjadi stabil akibat mengonsumsi teh chamomile secara teratur, berarti risiko kamu untuk terkena komplikasi lanjutan dari diabetes juga semakin rendah.

  1. Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Teh chamomile baik untuk menangkal berbagai jenis infeksi dalam tubuh karena adanya senyawa fenolik yang memiliki kandungan anti bakteri, yang mampu menyerap racun dari makanan. Mengkonsumsi teh chamomile akan menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Dengan begitu, kita bisa terhindar dari penyakit dan juga lebih jarang sakit.

  1. Mengobati Penyakit Kulit Ringan

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Sebuah studi menyatakan, ekstrak bunga chamomile bisa membantu untuk menyembuhkan luka di kulit. Bahkan, ada juga salep dari bunga chamomile yang dapat membantu dalam meredakan eksim dan peradangan kulit ringan. Namun sayangnya, salep dan ekstrak chamomile masih cukup sulit ditemukan di Indonesia.

  1. Dapat Menyehatkan Jantung

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Teh chamomile mengandung banyak antioksidan, seperti flavon, yang bermanfaat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Flavon efektif dalam menurunkan tekanan darah dan kolesterol, termasuk trigliserida dan kolesterol jahat.

  1. Mengurangi Kegelisahan

foto:ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

Meminum teh chamomile akan meningkatkan kadar serotonin dan melatonin dalam tubuh yang bermanfaat untuk ketenangan dan relaksasi badan. Banyak orang yang menggunakan chamomile untuk mengatasi stres dengan cara meminumnya sebagai teh atau menggunakannya dalam bentuk kapsul.

Nah, setelah melihat manfaatnya diatas, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsinya? Tapi perlu diingat, meskipun Chamomile mempunyai segudang manfaat yang baik bagi tubuh, sebaiknya tetap konsultasikan dahulu dengan dokter

Berita Terkait