Jangan Disepelekan! Begini Cara Jaga Kesehatan Saat Pergantian Cuaca

Rabu, 9 November 2022 | 08:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Jangan Disepelekan! Begini Cara Jaga Kesehatan Saat Pergantian Cuaca

Ilustrasi kesehatan menurun saat bekerja. (Special)

Ladiestory.id - Pergantian cuaca menjadi musim hujan, kerap kali memberikan dampak bagi kesehatan. Penyakit paling umum yang diderita masyakat adalah flu.

Meski begitu, ada banyak cara untuk tetap sehat meskipun dikelilingi oleh virus, termasuk memakai masker dan menjaga jarak. Namun selain itu, kamu juga harus memberikan penjagaan ekstra pada imun tubuh.

Dilansir dari Eat This Online, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Jaga Makan dan Tidurmu

Ilustrasi bekal makanan. (Special)

Agar tetap sehat, penting untuk memperhatikan apa yang kamu konsumsi. Pilihlah makanan sehat agar imun tubuh tetap terjaga optimal. Selain itu, melakukan aktivitas fisik secara teratur dan menjaga berat badan tetap terkendali merupakan cara yang dianjurkan.

Seluruh hal tersebut juga didukung dengan kualitas tidur yang baik. Pastikan waktu tidurmu cukup dan hindari begadang. Seluruh cara ini tentu untuk mendukung sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan menurunkan kadar hormon stres (yang dapat menekan sistem kekebalan tubuh).

Jaga Kebersihan dan Hindari Sentuh Wajah

 

Ilustrasi cuci tangan. (Special)

 

Penting untuk menjaga kebersihan diri agar terhindar dari penularan virus dan bakteri. Kamu harus rajin mencuci tangan dengan air bersih. Hindari juga untuk menyentuh bagian wajah, khususnya hidung dan mulut.

Sebab, hal ini dapat mempermudah penularan virus dan bakteri yang menempel di tangan melalui hidung dan mulut.

Hindari Kerumunan

Ilustrasi duduk sendiri. (Special)

 

Saat covid-19, masyarakat sudah diminta untuk menghindari kerumunan agar tidak mudah tertular virus corona. Hal ini tentunya tak hanya berlaku saat covid-19 saja.

Jika memungkinkan, lakukan kegiatan di tempat yang tidak ramai orang. Terlebih, jika kamu mendeteksi seseorang di sekitarmu sedang sakit, baiknya hindari dulu hingga ia sehat kembali. Hal ini angat penting untuk menurunkan risiko terkena kuman.

Konsumsi Vitamin C dan D

Ilustrasi minum vitamin. (Special)

Sebagai salah satu cara tambahan untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri, kamu bisa mengonsumsi vitamin C dan D. Namun tentunya, konsumsi vitamin ini harus ditunjang dengan menerapkan hidup sehat dan bersih.

Meski sudah mengonsumsi vitamin tambahan, kamu tidak boleh melewatkan buah dan sayur sebagai sumber nutrisi alami.

Istirahat Jika Gejala Sakit Muncul

Ilustrasi sakit kepala. (Special)

Jangan paksa tubuhmu untuk tetap beraktivitas apalagi bekerja lebih dari waktunya saat tubuh telah memberi sinyal buruk. Pilihlah untuk mengambil istirahat satu atau dua hari dan konsumsi makanan sehat.

Pastikan dirimu tetap terhidrasi dan lakukan olahraga-olahraga ringan untuk menguatkan sistem imun tubuh.