Jangan Langsung Dibuang, Ini Manfaat Air Beras Bagi Kulit Wajah

Jumat, 19 Januari 2024 | 18:19:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Jangan Langsung Dibuang, Ini Manfaat Air Beras Bagi Kulit Wajah

Ilustrasi Air Beras. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Tak banyak yang tahu, ternyata air beras memiliki manfaat yang sangat bagus bagi kulit wajah. Air beras mengandung sejumlah asam amino, vitamin, mineral, dan antioksidan yang bermanfaat dan bisa menyehatkan tubuh.

Sisa pati yang didapatkan dari merebus beras memiliki nutrisi yang sangat banyak, seperti mencerahkan kulit, memudarkan bintik hitam, mengencangkan kulit wajah, serta meredakan peradangan dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

Melansir Byrdie, berikut 5 manfaat air beras untuk kulit.

Perlindungan Radikal Bebas

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Air beras yang kaya akan antioksidan bermanfaat untuk melindungi kulit dari efek berbahaya dari sinar matahari. Sebuah penelitian menemukan bahwa air beras yang dikombinasikan dengan beberapa ekstrak tumbuhan lain, bisa dimanfaatkan sebagai sunscreen.

“Dalam sebuah penelitian, ia mampu memblokir pembentukan radikal bebas dari paparan sinar UV. Ini menjanjikan sebagai bahan perawatan kulit yang efektif untuk membantu mencegah penuaan dini pada kulit akibat terlalu sering terkena paparan sinar UV,” jelas dr. Loretta Ciraldo, MD.

Cegah Penuaan 

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Air beras juga telah terbukti menghalangi aktivitas elastase, salah satu enzim yang memecah serat elastis dan menyebabkan kerutan pada kulit wajah. Meski begitu, dr. Loretta Ciraldo mengatakan masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui terkait manfaat air beras untuk mencegah penuaan.

Hidrasi

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Air beras memiliki manfaat untuk menghidrasi dan membantu menghaluskan permukaan kulit, serta memperbaiki tekstur kulit wajah.

Redakan Iritasi

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Sisa pati dan vitamin yang terkandung pada air berat dapat membantu menenangkan kulit wajah yang teriritasi. Penelitian menunjukkan bahwa air beras memiliki efek anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi kondisi kulit kering dan eksim.

Pudarkan Hiperpigmentasi

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Air beras memiliki efek mencerahkan kulit, yang berpotensi membantu memudarkan hiperpigmentasi pada kulit wajah. Pada air beras terdapat kandungan inositol yang telah terbukti memiliki potensi efek mencerahkan kulit.