Jangan Menyerah! Ini 5 Tips Dampingi Pasangan yang Sedang Sakit Keras

Senin, 6 Maret 2023 | 00:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Jangan Menyerah! Ini 5 Tips Dampingi Pasangan Yang Sedang Sakit Keras

Ilustrasi mendampingi pasangan yang sakit. (Special)

Ladiestory.id - Kandasnya rumah tangga Indra Bekti dan Aldila Jelita kini tengah menjadi sorotan publik. Pasalnya, Indra Bekti digugat cerai saat sedang dalam proses penyembuhan.

Indra Bekti mengalami pendarahan otak karena terjatuh pada Desember 2022. Menurut Aldila, perangai Indra Bekti menjadi berubah dan lebih mudah marah setelah sakit. Hal ini yang menjadi dasar perceraian keduanya. 

Belajar dari kasus tersebut, mendampingi pasangan yang sedang sakit keras memang bukan suatu hal yang mudah. Namun, kamu perlu menyadari bahwa pasangan butuh dukungan dalam proses penyembuhannya.

Ladies, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendampingi pasangan yang sedang sakit keras. 

1. Adaptasi

Ilustrasi mendampingi pasangan yang sakit. (Special)

Kondisi pasangan sebelum dan setelah sakit tentunya berbeda. Jika sebelum sakit, pasangan bisa melakukan aktivitas dengan normal. Namun, ketika sakit pasangan mungkin lebih banyak diam karena tidak boleh terlalu banyak bergerak. 

Hal ini mungkin akan membuat kamu sedikit kewalahan. Karena kamu harus menjaga pasangan dan juga menyiapkan segala keperluannya.

Tak hanya itu, jika biasanya pekerjaan rumah dikerjakan berdua, kini kamu sendiri yang akan melakukannya. Yang perlu kamu lakukan adalah belajar beradaptasi dengan keadaan baru ini.

Jangan anggap kondisi ini adalah beban, melainkan sebagai salah satu bukti kasih sayang kepada pasangan. 

2. Jaga Komunikasi

Ilustrasi mendampingi pasangan yang sakit. (Special)

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam rumah tangga. Sebagai pasangan yang baik, kamu wajib terus menjaga komunikasi yang intens dengannya.

Kamu bisa tanyakan apa yang sedang dirasakan pasangan saat ini dan hiburlah pasangan. Selain itu, kamu juga masih bisa lho bersikap terbuka seperti biasanya bercerita banyak hal kepada pasangan, tentang aktivitas yang kamu jalani hari ini. 

Dengan cara ini, kamu dan pasangan akan selalu terbuka dan tidak ada sesuatu yang ditutup-tutupi. Pasangan juga akan tetap nyaman bercerita banyak hal kepadamu, termasuk tentang sakit yang ia rasakan saat ini. 

3. Jaga Kesehatan

Ilustrasi mendampingi pasangan yang sakit. (Special)

Tak dapat dipungkiri merawat pasangan yang sakit adalah hal yang melelahkan. Nah, agar kamu tetap bisa merawat dan mendampingi pasangan, kamu juga perlu menjaga kesehatan diri. Beristirahat dengan cukup dan makan makanan yang bergizi perlu kamu lakukan. 

Selain itu, kamu juga mungkin akan lelah secara mental. Terlebih saat masih dalam proses adaptasi, kamu mungkin akan merasa stres.

Namun, kamu perlu meyakinkan diri bahwa pasangan butuh kamu agar kamu bisa tetap semangat. Kamu juga bisa melakukan kegiatan yang kamu sukai maupun olahraga untuk mengurangi stres dan beban pikiran. 

4. Temani Pasangan

Ilustrasi mendampingi pasangan yang sakit. (Special)

Selalu menemani pasangan juga bisa menjadi salah satu bukti bahwa kamu selalu ada di samping pasangan. Tak hanya menemani saat berada di rumah, namun kamu juga bisa ikut terlibat saat pasangan sedang melakukan pengobatan. 

Misalnya, kamu bisa menemani pasangan saat jadwal kontrol ke dokter. Kamu bisa mendengarkan dan memperhatikan penjelasan dari dokter yang merawat.

Selain itu, jika dibutuhkan terapi, maka kamu bisa menemani pasangan saat jadwal terapinya. Dengan cara ini, maka pasangan akan menjadi lebih bersemangat untuk cepat sembuh karena merasakan dukungan penuh darimu. 

5. Beri Semangat

Ilustrasi mendampingi pasangan yang sakit. (Special)

Cara terakhir dan yang tidak boleh terlewatkan saat mendampingi pasangan yang sedang sakit adalah selalu memberikan semangat.

Kamu bisa berikan kata-kata penyemangat. Selain itu, beri tahu pasangan bahwa ia sangat hebat dan kamu bangga terhadapnya karena telah kuat dalam menjalani hari-hari yang berat ini.

Kamu juga bisa ingatkan kepada pasangan, bahwa masih ada banyak hal berharga yang dimilikinya. 

Nah, Ladies itulah lima cara mendampingi pasangan yang sedang sakit keras. Alih-alih putus asa dengan sakit yang diderita pasangan, kamu bisa berikan semangat dan dukungan agar bisa segera pulih kembali.