Jangan Percaya Hoaks, Berikut 5 Cara Cegah Virus Corona yang Benar

Rabu, 16 Desember 2020 | 08:15:01

LS Health

Penulis : LS Health

Jangan Percaya Hoaks, Berikut 5 Cara Cegah Virus Corona yang Benar

Kasus penderita penyakit karena virus COVID-19, terus bertambah dari hari ke hari. Peningkatan pasien COVID-19 disebabkan oleh penyebaran virus corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS COV-2) melalui berbagai perantara. Hal ini menjadikan Kamu semakin harus waspada serta senantiasa menjaga kebersihan dan daya tahan tubuh.

Agar tetap sehat dan selalu terlindungi, simak cara yang benar mencegah virus corona, berikut ini:

1.Rajin Mencuci Tangan

Salah satu cara untuk mencegah virus corona adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir minimal selama 20 detik. Hal ini penting untuk dilakukan karena dapat membunuh virus corona yang berada di tangan Kamu. Tapi jika memang tidak ada sabun cuci tangan di dekat Kamu, minimal gunakanlah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70%.

2.Terapkan Etika Bersin dan Batuk

Sekalipun sedang tidak berada di tengah pandemi COVID-19, setiap orang harus tetap harus menerapkan etika bersin dan batuk. Biasakan untuk menutup mulut atau hidung dengan tisu atau siku bagian dalam. Dengan demikian, droplets (cairan) yang keluar dari mulut dan hidung tidak menyebar ke tempat lain.

3.Gunakan Masker

Sejumlah studi menyebutkan cara yang benar untuk cegah virus corona yang efektif salah satunya adalah dengan mengenakan masker. Masker akan menghalau percikan droplets keluar dari mulut atau hidung yang mungkin saja dapat menyebar ke permukaan benda atau bahkan langsung terkena orang lain.

4.Konsumsi Makanan Sehat

Cara yang benar untuk cegah virus corona yang berikutnya adalah dengan memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh. Tentu dengan bertambahnya waktu yang dihabiskan di dalam rumah, Kamu akan lebih mudah untuk mengonsumsi makanan sehat ketimbang junk food.

5. Tetap Konsumsi Multivitamin

Beberapa jenis makanan penambah daya tahan tubuh tersebut antara lain buah jeruk dan stroberi, sayur bayam, paprika merah, dan brokoli. Selain itu, jangan lupa untuk menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi minuman dengan kandungan menyehatkan, seperti jahe merah dan kunyit.

Nah, itulah tadi cara yang benar untuk cegah virus corona. Untuk menghindari hoaks, pastikan Kamu memperoleh informasi dari pihak yang bertanggung jawab, misalnya World Health Organization dan Kementerian Kesehatan RI. Selain itu, pastikan untuk melakukan fact check atau pengecekan ulang seputar fakta yang disajikan.

Berita Terkait