Ini Bedanya Terinfeksi Flu dan Covid-19

Rabu, 9 November 2022 | 07:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Ini Bedanya Terinfeksi Flu Dan Covid-19

Ilustrasi orang sakit flu. (Special)

Ladiestory.id - Influenza (flu) dan covid-19 merupakan penyakit pernapasan menular, tetapi disebabkan oleh virus yang berbeda. Covid-19 disebabkan oleh infeksi coronavirus (SARS-CoV-2) yang pertama kali diidentifikasi pada 2019. Sementara flu disebabkan oleh infeksi virus flu (virus influenza).

Seperti yang diketahui, covid-19 lebih mudah menyebar daripada flu. Selain itu, dibandingkan dengan flu, covid-19 dapat menyebabkan penyakit yang lebih parah pada beberapa orang.

Ilustrasi virus Covid-19. (Special)

 

Orang yang terinfeksi covid-19 juga mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk menunjukkan gejala dan mungkin tetap dapat menular untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sayangnya, kamu tidak dapat membedakan antara flu dan covid-19 hanya dari gejalanya saja karena keduanya memiliki beberapa tanda yang sama. Oleh karena itu, test khusus diperlukan untuk mengetahui apa penyakitnya dan memastikan diagnosis.

 

Ilustrasi orang menderita flu akibat imun rendah. (Special)

Meski begitu, ada beberapa perbedaan pada penderita covid-19 dan flu. Pada penderita flu, biasanya, seseorang mungkin mengalami gejala dari satu hingga empat hari setelah terinfeksi.

Sementara pada penderita covid-19, seseorang mungkin mengalami gejala dari dua hingga lima hari, dan hingga 14 hari setelah terinfeksi.

Selain itu, jika seseorang memiliki covid-19, mereka dapat menular lebih lama dibandingkan menderita flu. Sementara orang dengan infeksi virus flu berpotensi menularkan sekitar satu hari sebelum mereka menunjukkan gejala.

Ilustrasi orang sakit flu. (Special)

 

Namun, diyakini bahwa flu dapat menular dari orang-orang yang sudah bergejala. Sementara covid-19, mulai menyebarkan virus sejak 2-3 hari sebelum gejalanya muncul, tetapi puncak penularannya satu hari sebelum gejalanya dimulai. Bahkan, orang dengan covid-19 juga dapat menyebarkan virus tanpa mengalami gejala apa pun.

Untuk itu, penting tetap menerapkan protokol kesehatan demi menjaga kesehatanmu dan orang di sekitar.