Jangan Skip Pelembab, Ini Perawatan Kulit Berminyak

Minggu, 20 Februari 2022 | 12:40:00

Devy Felicia

Penulis : Devy Felicia

Jangan Skip Pelembab, Ini Perawatan Kulit Berminyak

Ilustrasi wajah berminyak. (Special)

Ladiestory.id - Tak sedikit pemilik berminyak yang bingung dalam memilih produk perawatan untuk wajah. Sebelumnya, Kamu harus mengetahui bahwa ada sejumlah faktor kulit berminyak, termasuk genetika, diet, stres, dan iklim. 

Dalam merawat wajah, membutuhkan pembersihan rutin, pengelupasan kulit, pelembab, dan penggunaan tabir surya. Ketika berbicara tentang kulit berminyak, ada kesalahpahaman umum bahwa pelembab tidak diperlukan dan akan membuat kulit lebih berminyak.

Untuk itu, dirangkum dari laman BoldSky, berikut tips merawat kulit berminyak yang harus Kamu ketahui.

Cleansing

Ilustrasi perempuan membersihkan wajah dengan facial wash. (Special)

 

Gunakan pembersih dengan konsentrasi asam salisilat yang rendah sehingga dapat mengobati jerawat tanpa mengiritasi kulit. Ini juga menghilangkan noda tanpa terlalu kering, membuat kulit terasa lembut dan halus.

Pelembab

Ilustrasi penggunaan pelembab. (Special)

 

Pilih formula yang mengandung gliserin dan asam hialuronat untuk menghidrasi kulit dan niacinamide untuk membantu meratakan warna kulit. Para ahli merekomendasikan penggunaan formula yang bebas minyak dan silikon untuk mencegah penyumbatan pori.

Exfoliant

Ilustrasi melakukan exfoliant. (Special)

 

Gel, peeling, dan krim yang mengandung asam glikolat berguna dalam mengurangi produksi minyak berlebih dan mencegah penyumbatan pori-pori yang dapat menyebabkan jerawat.

SPF

Ilustrasi losion tabir surya. (Special)

 

Pertimbangkan losion tabir surya yang hipoalergenik dan bebas minyak, pewangi, dan paraben.

Retinol

Selain membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan mengelupas kulit untuk kulit yang lebih halus dan merata, retinol juga merupakan pilihan yang sangat baik untuk jenis kulit berminyak. Produk yang terkelupas meningkatkan pergantian sel dan membuka pori-pori adalah solusi terbaik untuk kulit berminyak. Retinoid mengurangi sebum, meningkatkan pergantian sel, dan memperbaiki pigmentasi. Selain itu, mereka mencegah jerawat.