Jelang Berbuka, 5 Kegiatan Seru Bersama Keluarga di Bulan Ramadan

Selasa, 28 Maret 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Jelang Berbuka, 5 Kegiatan Seru Bersama Keluarga Di Bulan Ramadan

Ilustrasi Keluarga Islami. (Special)

Ladiestory.id - Berkah Ramadan bisa menjadi momen sempurna untuk berkumpul bersama keluarga, selain bisa menjalin keakraban dan silaturahmi, Ramadan pun bisa memperbaiki kembali hubungan yang buruk menjadi lebih baik. Selain momen untuk bermaaf-maafan dan silaturahmi, ternyata momen Ramadan pun bisa menjadi momen paling seru bersama keluarga supaya lebih akrab.

Nah, untuk mengisi waktu-waktu jelang berbuka puasa, kamu dan keluarga bisa melakukan kegiatan seru di bulan puasa sambil ngabuburit asyik.

Berikut ini lima kegiatan seru selama bulan Ramadan yang bisa kamu lakukan jelang berbuka puasa bersama keluarga yang telah Ladiestory. id rangkum berikut ini. Simak yuk!

Melakukan Ibadah Bersama

Ilustrasi Keluarga Membaca Alquran. (Special)

 

Bulan Ramadan merupakan bulan penuh ampunan. Tak heran banyak orang berlomba-lomba untuk memperbaiki kualitas diri dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Salah satu kegiatan di bulan Ramadan yang bisa dilakukan bersama keluarga tentunya dengan menunaikan ibadah bersamaan.

Jika di lain waktu  sangat sulit untuk berkumpul bersama keluarga besar, maka di momen yang penuh dengan keberkahan ini kamu dan keluarga besar bisa berkumpul bersama untuk menjalankan ibadah puasa hingga melangsungkan salat Tarawih di rumah.

Selain itu, kamu dan keluarga juga bisa membaca Alquran (tadarus), mengikuti majelis taklim, mendengarkan ceramah, podcast Islami dan masih banyak amalan baik lainnya.

Nah, momen ini pun dapat membuat jalinan hubungan keluarga jadi makin dekat. Selain mempererat ikatan keluarga, hati juga semakin tenang dan pastinya semakin banyak juga pahala kebaikan.

Menghidangkan Menu Berbuka Puasa

Berbuka Puasa Bersama Keluarga (Special)

 

Ladies, kamu dan keluarga besar juga bisa mengadakan bukber ataupun ngabuburit di rumah. Selain bisa menghemat bujet, cara ini pun bisa mempererat tapi silaturahmi antar keluarga.

Daripada harus membeli banyak makanan dan minuman diluaran, lebih baik kamu dan keluarga bisa menyajikan menu hidangan makanan maupun minuman favorit andalan keluarga. Nah, masak-masak bersama keluarga sambil menunggu waktu berbuka puasa pasti lebih seru dan bermanfaat.

Selain lebih lezat dan higienis, kamu pun bisa menyajikan menu favorit dengan beragam pilihan. Tentunya ada banyak menu pilihan yang cocok untuk buka puasa yang mudah dibuat, misalnya kolak, puding, es buah, serta makanan seperti sayur-sayuran hingga lauk-pauk.

Saat memasak bersama dengan anggota keluarga akan membuat pekerjaan lebih mudah dan ringan serta kalian bisa saling membantu dan membagi tanggung jawab bersama.

Menonton Film

Ilustrasi keluarga Menonton Film di Gadget (Special).

 

Sambil menunggu waktu berbuka puasa, kamu dan keluarga bisa menonton film dengan nuansa islami yang bisa di tonton oleh berbagai kalangan usia. Selain dapat menghibur, menonton film-film islami tentu dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan dari nilai sosialnya.

Ada beragam film dan tontonan seru yang bisa kamu dan keluarga tonton mulai dari film islami dengan nuansa animasi, komedi, dokumenter, sejarah islami dan masih banyak lainnya.

Kamu dan keluarga pun bisa menyaksikan tontonan-tontonan islami ini baik dari platform digital ataupun streaming. Nah, tentunya kegiatan ini bisa menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa kamu lakukan bersama keluarga walaupun di rumah saja.

Berlibur ke Destinasi Wisata Religi

Ilustrasi Berkumpul Bersama Keluarga (Special).

 

Ladies, saat Ramadan pun kamu dan keluarga tentunya bisa melakukan traveling ataupun liburan ke destinasi wisata favorit salah satunya dengan mengunjungi destinasi wisata religi. Nah, momen ini sangat tepat kamu dan keluarga lakukan karena selain dapat membuat pikiran lebih tenang kamu pun bisa semakin meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang pengetahuan religi yang dilakukan oleh suatu daerah atau tempat-tempat tertentu. Banyak tempat-tempat wisata religi yang bisa kamu temukan baik didalam maupun diluar negeri. Nah, tentu momen traveling Ramadanmu akan semakin berkesan jika berpergian bersama keluarga besar.

Melakukan Kegiatan Sosial

Ilustrasi memberikan donasi. (Special)

 

Ladies, kegiatan seru selanjutnya yang bisa kamu lakukan bersama dengan keluarga tercinta di bulan suci Ramadan ini ialah dengan melakukan kegiatan sosial.

Yup, ada banyak cara positif untuk menemani waktu berbuka puasa, salah satunya dengan memberi sebagian rezeki yang kamu miliki untuk diberikan kepada orang-orang yang sangat membutuhkan. Kamu dan keluarga bisa berbagi takjil dan makana kepada masyarakat yang kurang mampu, menyantuni anak yatim piatu, bersedekah dan masih banyak lainnya.