3 Jenis Bahan Scrunchies Hijab dan Fungsinya, Hijabers Wajib Tahu!

Rabu, 1 Desember 2021 | 00:01:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

3 Jenis Bahan Scrunchies Hijab Dan Fungsinya, Hijabers Wajib Tahu!

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Scrunchie adalah aksesori pengikat rambut yang banyak dimiliki wanita. Beraneka macam style ikatan rambut akan terlihat makin cantik saat diikat memakai scrunchie.

Bahkan, kamu dapat menjadikan style seperti eonni Korea dengan menggunakannya. Scrunchie pun cocok digunakan oleh hijaber guna membuat tampilan hijab menjadi lebih rapi.

Scrunchie untuk Hijabers

Foto: hijup

Scrunchie atau yang kerap dikatakan cepol rambut pada awalnya berbentuk gumpalan rambut yang diikat. Cepol ini dibuat supaya rambut tidak keluar dan tidak tampak bila menggunakan hijab, serta memberi look estetik pada kepala saat menggunakan hijab.

Scrunchie atau cepol sekarang ini telah menjadi bagian penting untuk mempercantik penampilah para hijabers. Terkadang terdapat sejumlah cepol yang menyebabkan sakit pada pemakainya.

Seperti ikatannya terlalu kencang atau jepitan terlalu berat menjadi salah satu keluhan para hijaber, terutama untuk mereka yang menggunakan helm tentunya merasakan sakit yang semakin bertambah.

Scrunchie sendiri memiliki dua macam ukuran, yakni besar dan kecil. Scrunchie yang ukurannya besar mempunyai diameter yang lumayan besar. Dengan demikian, kamu yang mempunyai rambut panjang dan tebal dapat melilitkan scrunchie berulang kali sampai kencang.

Sedangkan itu, pilihlah scrunchie dengan ukuran yang kecil bagi kamu yang mempunyai rambut pendek atau tipis. Scrunchie dengan ukuran kecil pun tepat digunakan saat kamu akan membuat gaya rambut tertentu yang memerlukan sejumlah ikat rambut.

Scrunchie berukuran ini umumnya tidak dijual satuan, namun berbentuk set. Selain warnanya lebih beragam, harganya juga lebih murah.

Jenis Bahan Scrunchie

Walaupun gunanya untuk mengikat rambut, nyatanya sejumlah scrunchie pun dapat menjadikan gaya hijab kamu tampak makin menarik. Jadi, kamu dapat menggunakannya untuk aksesori rambut atau dipakai untuk hijab. Pastikan menurut fungsinya, ya!

Jenis-jenis bahan scrunchies hijab:

1. Cotton

Scrunchie dengan bahan cotton mudah menyerap keringat dan sejuk saat digunakan. Dengan demikian, kamu tak akan merasa panas walaupun menggunakannya dalam berkegiatan sehari hari. Di samping itu, bahan cotton pun termasuk ke dalam jenis kain yang kuat sehingga tidak mudah robek.

Terdapat banyak jenis cotton yang ada pada pasaran, salah satunya yaitu voal. Scrunchie dengan bahan voal tidak mudah kusut dan memiliki serat yang lembut. Layaknya bahan cotton pada biasanya, bahan voal pun mempunyai daya serap yang baik.

Ragam warna dan motif yang diberikan scrunchie dengan bahan voal juga bervariasi. Alhasil, kamu bisa lebih leluasa memilih produk yang tepat dengan selera.

Foto: Ladiestory.id

2. Sutra

Bila kamu ingin memperoleh kesan yang elegan ketika menggunakan scrunchie, pilihlah scrunchie dengan bahan sutra. Bahan ini mempunyai ciri yang mengilap sehingga sangat sesuai kamu gunakan untuk menghadiri acara spesial.

Disisi lain, scrunchie berbahan sutra pun sangat lembut. Alhasil, scrunchie ini tak akan menjadikan kulit iritasi walaupun kamu membuatnya sebagai gelang tangan. Tetapi, sebab sutra dibuat dari serat yang alami, kamu perlu mencuci scrunchie secara manual supaya tidak mudah rusak.

3. Rayon

Selain sutra, terdapat juga scrunchie yang berasal dari rayon. Bila kamu suka menggunakan scrunchie yang ringan, produk berbahan rayon cocok guna dipertimbangkan. Selain ringan, bahan rayon pun memiliki tekstur yang licin dan halus.

Kamu dapat memilih scrunchie yang berasal dari bahan rayon Prada jika ingin terlihat lebih cantik ketika kondangan. Karena kain Prada mempunyai sentuhan serbuk keemasan yang menghiasi permukaannya. Perpaduan kedua bahan tersebut akan menjadikan scrunchie terlihat begitu elegan.

Demikian ulasan tentang scrunchie yang kini kerap digunakan oleh para hijabers. Semoga bermanfaat.