Kenali 6 Jenis Makeup Remover, Mana Favoritmu?

Jumat, 17 Februari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Kenali 6 Jenis Makeup Remover, Mana Favoritmu?

Ilustrasi membersihkan wajah. (Special)

Ladiestory.id - Makeup remover merupakan salah satu produk perawatan wajah yang berfungsi untuk membersihkan makeup yang menempel. Selain itu, makeup remover juga bisa kamu gunakan untuk mengangkat kotoran maupun debu yang menempel di wajah. Produk makeup remover digunakan sebagai langkah pertama dalam teknik double cleansing. Sehingga dengan menggunakan produk ini, wajah bisa bersih maksimal. 

Kamu akan mudah menemukan produk makeup remover. Bahkan, kini telah tersedia berbagai jenis, bentuk, serta kandungan. Berikut Ladiestory.id telah merangkum enam jenis makeup remover yang banyak ditemukan di pasaran. 

Micellar Water

Ilustrasi memakai micellar water. (Special)

Jenis makeup remover pertama yang cukup populer dan banyak digunakan adalah micellar water. Produk ini berbahan dasar air dan cenderung ringan.

Kebanyakan produk ini tanpa disertai tambahan pewangi maupun alkohol. Tak sedikit juga produk micellar water yang memiliki kandungan yang dibutuhkan kulit. Jadi, selain ampuh untuk membersihkan wajah, juga dapat menjaga kelembapan kulit. Namun, produk ini kurang efektif jika digunakan untuk membersihkan makeup yang waterproof

Milk Cleanser

Ilustrasi memakai milk cleanser. (Special)

Jenis makeup remover selanjutnya yang banyak digunakan adalah milk cleanser. Dalam produk ini terdapat kandungan lactic acid yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati. Sehingga, produk ini dapat dijadikan sebagai eksfoliator dan akan membuat wajah terlihat lebih sehat serta tampak awet muda.

Namun, jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya hati-hati dalam memilih produk milk cleanser. Karena, bisa saja produk milk cleanser tersebut menyebabkan iritasi. 

Oil Cleanser

Ilustrasi memakai oil cleanser. (Special)

Oil cleanser jadi pilihan tepat bagi kamu yang kerap menggunakan riasan makeup tebal dan waterproof. Selain dapat membersihkan makeup, produk ini dapat mengangkat minyak berlebih, membersihkan pori-pori, dan dapat membantu mencegah munculnya jerawat.

Namun, produk ini kurang aman bagi pemilik kulit sensitif, Ladies. Jadi, sebelum memutuskan pakai produk ini, kamu bisa melakukan tes terlebih dulu di bagian lengan dan cermati komposisi produknya. 

Cleansing Balm

Ilustrasi memakai cleansing balm. (Special)

Selain oil cleanser, kamu juga bisa menggunakan cleansing balm untuk membersihkan makeup tebal dan waterproof. Produk makeup remover yang berbentuk balsam ini mampu mengangkat kotoran dan makeup sekaligus memperkuat skin barrier. Hal ini berkat adanya kandungan ceramide, hyaluronic acid, dan vitamin E.

Namun, setelah menggunakan cleansing balm, kamu perlu menghilangkan residu minyak di wajah dengan kain yang basah. Baru setelah itum kamu bisa mencuci muka dengan facial foam. 

Eye Remover

Ilustrasi memakai eye remover. (Special)

Area mata merupakan area yang sensitif. Sehingga, kamu memerlukan produk khusus untuk membersihkan riasan wajah di area tersebut. Untuk itu, kamu bisa pakai eye remover.

Produk ini cenderung efektif untuk mengangkat riasan mata, seperti maskara, eyeliner, dan eyeshadow, yang umumnya bersifat waterproof. Menggunakan eye remover dapat mencegah terjadinya iritasi di area tersebut. Namun, kamu perlu mengeluarkan budget lebih untuk membeli pembersih area mata ini. 

Cleansing Wipes

Ilustrasi memakai cleansing wipes. (Special)

Kalau kamu tipe orang yang praktis, kamu bisa menggunakan cleansing wipes. Produk ini merupakan salah satu jenis makeup remover yang berbentuk tisu dan memiliki kandungan layaknya micellar water. Cleansing wipes juga ringan dan tidak menyebabkan iritasi. Selain  itu, cleansing wipes juga praktis dan bisa dibawa ke mana pun. Hanya saja, produk ini cenderung lebih mahal. 

Ladies, itulah enam jenis makeup remover yang memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Dari enam jenis makeup remover tersebut, mana yang jadi favoritmu?