Jangan Sampai Salah! Kenali 5 Jenis Parfum Berdasarkan Ketahanannya

Selasa, 19 Juli 2022 | 17:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Jangan Sampai Salah! Kenali 5 Jenis Parfum Berdasarkan Ketahanannya

Ilustrasi Parfum (Special)

Ladiestory.id - Setiap orang mendambakan memiliki aroma tubuh yang wangi dan segar. Selain rajin mandi, menggunakan parfum atau wangi-wangian dapat membantumu tampil percaya diri. Kini, parfum sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang untuk menunjang penampilan  dan mencerminkan karakter diri. Sehingga tak dapat dipungkiri  memilih parfum tidak dapat dilakukan sembarang.

Namun, beberapa orang masih mengalami kebingungan ketika memilih parfum yang tahan lama. Jika kamu salah satunya, maka artikel ini akan siap membantumu. Berikut 5 jenis parfum berdasarkan ketahanannya. 

Eau de Parfum (EDP)

Ilustrasi Parfum (Special)

Dibandingkan dengan jenis parfum lainnya, EDP bisa dikatakan sebagai juara parfum paling tahan lama. Kandungan 10-20 persen minyak parfumnya membantu jenis ini menjadi pilihan paling populer. Selain itu, ketahanan parfum ini umumnya sekitar delapan jam. Sehingga, menjadikan parfum EDP sangat cocok digunakan pada kegiatan sehari-hari. Selain membuat wangi, parfum juga membuatmu lebih percaya diri. Tertarik mencoba?

Eau de Toilette (EDT)

Ilustrasi Parfum (Special)

Parfum EDT merupakan jenis yang terkenal tahan lama. Sebab, mengandung sekitar lima hingga 15 persen minyak parfum dalam setiap botolnya. Sehingga, parfum ini dapat bertahan di tubuh selama empat hingga tujuh jam. Parfum yang berjenis ini biasanya memiliki aroma yang cenderung berat dari pada varian lainnya. Sehingga kamu hanya perlu menggunakan beberapa semprotan atau jumlah yang kecil. Istilah eau de toilette sendiri berasal dari Perancis "faire sa toilette" yang artinya bersiap-siap.

Parfum

Ilustrasi Parfum (Special)

Mungkin istilah ini paling sering kamu dengar. Sebab, kebanyakan jenis wewangian akan di sebut sebagai parfum. Jika dibandingkan dengan jenis wewangian lainnya, parfum juga memiliki ketahanan yang terbilang cukup. Sebab, kadar alkohol yang lebih sedikit membuat parfum memiliki konsentrasi wewangian yang tinggi. Mengandung 20 hingga 30 persen wewangian untuk setiap botol menjadikan harga parfum sedikit lebih mahal. Kamu dapat menggunakan parfum dengan menyemprotkan atau mengoleskannya pada bagian-bagian tertentu pada tubuh.

Eau de Cologne (EDC)

Ilustrasi Parfum (Special)

EDC merupakan jenis parfum yang memiliki konsentrasi aroma sekitar dua hingga empat persen pada setiap botolnya. Selain itu, kandungan alkoholnya juga terbilang cukup tinggi. Biasanya beberapa produk EDC akan melabelinya dengan cologne. Salah satu ciri eau de cologne yaitu jika disemprotkan pada kulit akan terasa sangat dingin karena kandungan alkoholnya. Mengenai ketahanannya, parfum ini dapat menempel sekitar dua hingga tiga jam. Sehingga, kamu perlu menggunakannya dalam jumlah banyak. 

Eau Fraiche

Ilustrasi Parfum (Special)

Bagi kamu pencinta wewangian, namun menghindari adanya kandungan alkohol tinggi. Eau Fraiche merupakan pilihan yang tepat, loh. Parfum jenis ini merupakan varian paling ringan di kelasnya.  Sebab, mengandung satu hingga tiga persen konsentrasi aromanya. Sehingga, akan mudah hilang setelah satu atau dua jam disemprotkan pada tubuhmu. Selain itu, parfum ini lebih banyak mengandung air yang menjadikan kadar alkohol didalamnya tidak begitu banyak. Namun, dalam penggunaannya kamu memerlukan lebih banyak dibanding jenis parfum lainnya.

Jangan lupa, untuk mendapat hasil maksimal kamu dapat menyemprotkan parfum di lima titik terbaik tubuh. Lima titik tersebut adalah tengkuk leher, area belakang telinga, pergelangan tangan, lipatan siku dan sekitar ketiak. Selain itu, tetap jaga kebersihan serta mandi secara teratur untuk menjaga aroma wangi pada tubuh. Dari lima jenis tadi, mana nih yang akan jadi pilihanmu Ladies?