Lamar Shania Eks JKT48, Ini Prestasi Jonatan Christie

Selasa, 28 Desember 2021 | 00:30:00

Lia Puspita

Penulis : Lia Puspita

Lamar Shania Eks Jkt48, Ini Prestasi Jonatan Christie

Jonathan Christie.[Special]

Ladiestory.id - Nama Jonatan Christie kembali menjadi buah bibir masyarakat lantaran hubungan asmaranya dengan mantan personel JKT48, Shania Junianatha, atau akrab dikenal dengan Shanju. Pasalnya, diketahui Jonatan telah melamar Shanju untuk menjadi istrinya.

Kabar ini membuat banyak perempuan Tanah Air patah hati. Hal ini karena pesona Jonatan saat menjadi atlet bulu tangkis Tanah Air.

Jonatan Christie, Pemain Bulu Tangkis Andalan Indonesia

Jonathan Christie.[Special]

Nama asli Jonatan Christie adalah Leonardus Jonatan Christie yang lahir di Jakarta, 15 September 1997. Pria 25 tahun tersebut gemar olahraga bulu tangkis. Itu sebabnya ia menjadi panutan dan menjadi kebanggaan bagi Indonesia. 

Dalam memulai karirnya Jonatan Christie atau yang dikenal dipanggilan Jojo, ternyata pernah bermain film sebagai peran pendukung berjudul "King" pada 2009. Film yang disutradarai oleh Ari Sihasale mengangkat kisah dari legenda bulu tangkis Liem Swie King.

Film ini menampilkan nama-nama terkenal dalam dunia bermain bulu tangsis seperti Hariyanto Arbi, Hastomo Arbi, Ellen Angeline, Ivana Lie, Rosiana Tendean, Maria Kristin Yulianti, Fransisca Ratnasari, dan beberapa pemain generasi muda seperti Kevin Sanjaya Sukamuljo, Rafiddias Akhdan Nugroho, Cisita Joity Jansen, Uswatun Khasanah, dan Intan Dwi Jayanti.

Jonathn telah memulai karirnya dalam olahraga bulu tangkis dan memenangkan gelar internasional senior pertamanya pada usia 15 tahun di Indonesia International Challenge, setelah mengalahkan Alamsyah Yunus di final. Selain itu, pada 2014, di turnamen Indonesia International Challenge, Jonathan juga sudah mencapai final namun kalah dari pemain veteran asal Korea Selatan yakni Lee Hyun-il.

Pada 2013 dan 2014, Jonatan bersama teman satu timnya yakni Anthony Sinisuka Ginting dan Ihsan Maulana Mustofa menjadi andalan bagi Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia Junior BWF dan Kejuaraan Asia Junior BWF. 

Pada 2015 Jonatan semakin sering mengikuti turnamen-turnamen senior di level yang lebih tinggi, seperti Grand Prix, Grand Prix Gold, Super Series dan Super Series Premiere. Jonatan juga termasuk andalan Indonesia pada Sudirman Cup 2015, Sea Games 2015, Thomas Cup 2016, Sudirman Cup 2017 dan Sea Games 2017. Ketika Indonesia Open Superseries Premiere 2015, ia berhasil mengalahkan pemain veteran Korea yakni Lee Hyun Il di babak kedua meskipun akhirnya langkahnya terhenti di perempat final.

Di turnamen Indonesia Open Super Series Premiere 2016, Jonatan berhasil meraih medali emas tunggal putra di Sea Game 2017 setelah mengalahkan Khosit Phetpradab. Sementara itu, dalam turnamen Korea Open Super Series 2017, secara mengejutkan dan membanggakan Jonatan dan rekannya Anthony Sinisuka Ginting berhasil menciptakan All Indonesian Final meskipun pada akhirnya dia menyerah atas lawannya dengan pertarungan rubber.

Perjuangan Jonatan juga merupakan prestasi Indonesia setelah sembilan tahun absen menciptakan final sesama pemain bulu tangkis Indonesia di nomor tunggal putra. Kali terakhir Indonesia mampu menciptakan All Indonesian Final di nomor tunggal putra turnamen Indonesia Open Super Series Premiere 2008.