Berusia 105 Tahun, Mbah Ponco Pemeran "Ziarah" Meninggal Dunia

Kamis, 6 Januari 2022 | 11:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Berusia 105 Tahun, Mbah Ponco Pemeran "Ziarah" Meninggal Dunia

Mbah Ponco Pemeran Film Ziarah. (Instagram.com/filmziarah)

Ladiestory.id - Berita duka datang dari pemeran film Ziarah Mbah Ponco, pemilik nama asli Ponco Sutiyem meninggal di usianya yang ke 105 tahun pada Selasa (4/1/2022) di kediamannya Padukuhan Batusari, Kelurahan Kampung, Kapanewon Ngawen.

Mbah Ponco meninggal dunia setelah 3 tahun berjuang melawan penyakit stroke yang dialaminya.

Sempat bermain dalam film berjudul Ziarah, kondisi kesehatan Mbah Ponco dikabarkan mulai melemah sejak setahun lalu suaminya Ponco Sentono meninggal dunia.

Menurut salah seorang kerabatnya, bahkan 20 hari terakhir kondisinya sangat lemah hingga sulit untuk makan. 

Kabar ini pun dibagikan oleh Sutradara dari Film Ziarah, BW purwanegara dalam akun Instagramnya. Dirinya mengunggah foto Mbah Ponco seraya menuliskan perasaan dukanya.

Mbah Ponco Pemeran Film Ziarah. (Instagram.com/bewe_bw)

Sugeng tindak Mbah @poncosutiyem . Mugi pinaringan kaswargan jati.

Kami semua berdukacita. Terimakasih atas mahakarya akting untuk menghidupkan @filmziarah, karya yg akan selalu kami kenang.” tulis sang sutradara dalam caption foto unggahannya. 

Menyusul kabar kepergiannya, menurut kerabat dari mbah Ponco, sesuai dengan permintaannya jenazah dimakamkan di sebelah makam sang suami yang berada di tempat pemakaman Punthuk Batusari, Rabu (5/1/2022).

Mbah Ponco Pemeran Film Ziarah. (Instagram.com/filmziarah)

Mbah Ponco sendiri mulai dikenal publik setelah dirinya sukses membintangi film Ziarah pada 2017 silam. Meski telah sepuh, kemahirannya dalam berperan membuat dirinya sempat masuk dalam nominasi artis terbaik dalam ASEAN International Film Festival and Award tahun 2017 dan bersaing dengan banyak nama aktor terbaik Asean lainnya.