Kabar Duka, Pencipta Lagu Papua “Apuse” Tete Mandosir Meninggal Dunia

Rabu, 14 September 2022 | 18:50:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Kabar Duka, Pencipta Lagu Papua “Apuse” Tete Mandosir Meninggal Dunia

Ilustrasi Duka Cita. (Special)

Ladiestory.id - Sosok pencipta lagu Papua berjudul “Apuse”, Tete Mandonsir baru saja dikabarkan meninggal dunia. Hal ini disampaikan oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, lewat cuitannya di Twitter pada Rabu (14/9/2022). 

Sayangnya, menurut Yaqut, meski lagunya menjadi salah satu tembang yang cukup populer, ternyata sedikit yang mengetahui sosok Tete Mandosir. Saat dicari di Google, yang ditemukan hanyalah nama NN sebagai pencipta lagu tersebut.

Pencipta Lagu Apuse, Tete Mandosir Meninggal Dunia. (Twitter.com/yaqutCQoumas)

"Selamat pulang ke peristirahatan kekal Tete Mandosir Sarumi. Sebuah nama yang kita lebih kenal dengan nama Pencipta NN untuk lagu Papua Apuse, namanya tidak dikenal bahkan di google juga tidak ada. Karyamu abadi, " tulis Yaqut dalam cuitannya.

Pencipta Lagu Apuse, Tete Mandosir Meninggal Dunia. (Twitter.com/yaqutCQoumas)

Selain ucapan duka dari Menteri Agama, pada gambar yang turut diunggah bersamaan dengan cuitan tersebut. Turut terlihat ucapan duka disampaikan dari Keluarga Besar Gerakan Pemuda Ansor atau GP Ansor yang pada kesempatan tersebut turut membagikan informasi mengenai keterangan detail meninggalnya sang musisi.

"Keluarga besar Gerakan Pemuda Ansor turut berduka cita atas wafatnya Tete Mandosir Sarumi, pencipta lagu 'Apuse', Rabu, 14 September 2022 pukul 05.00 WIT di Biak Numfor," isi tulisan dalam unggahan tersebut.

Sementara itu, mengenai lagu "Apuse" karya dari Tete Mandosir diketahui berasal dari Papua, tepatnya daerah Biak. Dinyanyikan oleh Corry Rumiano, dari sekian banyak lagu Papua, mungkin lagu inilah yang familiar di banyak telinga masyarakat sejak Sekolah Dasar.

s