6 Kandungan Alkohol yang Aman pada Produk Skincare

Senin, 14 November 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

6 Kandungan Alkohol Yang Aman Pada Produk Skincare

Ilustrasi skincare. (Special)

Ladiestory.id - Dalam dunia kecantikan, produk perawatan kulit atau skincare menjadi satu hal penting. Terutama bagi para perempuan, tentu kamu akan mencari produk-produk perawatan kulit yang mampu menunjang kesehatan dan kecantikan kulit masing-masing.

Tak heran jika kamu juga harus teliti dalam memilih kandungan yang ada dalam produk tersebut. Salah satu kandungan yang paling banyak mendapat perhatian adalah alkohol. Dalam produk perawatan atau kecantikan, biasanya ditemukan beberapa kandungan alkohol. Alkohol di sini biasanya berperan penting dalam meningkatkan kualitas produk tersebut. 

Akan tetapi, jenis-jenis alkohol sendiri sangat beragam. Ada yang memang aman dipakai untuk kulit, ada juga yang tidak. Kamu bisa menyebutnya dengan nama alkohol baik dan alkohol buruk. Nah, pastinya untuk memilih alkohol baik dan aman untuk kulit diperlukan informasi yang jelas. Kali ini Ladiestory.id akan merangkum beberapa jenis alkohol baik yang aman untuk kulit. Apa saja?

Cetearyl Alcohol

Ilustrasi keramas. (Special)

Cetearyl Alcohol merupakan salah satu zat pengelmusi dalam produk perawatan kulit. Zat ini berperan untuk memberikan tekstur terhadap produk tersebut. Biasanya, untuk produk conditioner, Cetearyl Alcohol berperan memberikan efek kental dan bertekstur.

Cetearyl Alcohol ini menjadi alkohol yang aman bagi kulit, karena diambil dari tumbuh-tumbuhan. Sehingga, dapat melembabkan kulit serta mencegah iritasi.

Stearyl Alcohol

Memakai skincare. (Special)

Stearyl Alcohol sendiri menjadi jenis alkohol baik yang aman untuk kulit. Pasalnya, Stearyl Alcohol terbuat dari lemak minyak kelapa. Selain itu, jenis alkohol ini dapat menenangkan serta melembutkan kulit dan rambut. Sehingga, sangat aman digunakan dalam produk skincare. Jenis alkohol ini biasanya ada pada produk sampo, lotion, dan conditioner. 

Cetyl Alcohol 

Ilustrasi skincare. (Special)

Alkohol jenis ini terbuat dari palm oil. Palm oil sendiri adalah minyak kelapa sawit. Oleh karena, itu Cetyl Alcohol termasuk alkohol yang aman bagi kulit. Dalam produk perawatan kulit dan wajah, Cetyl Alcohol bekerja sebagai pengemulsi, pengental, dan carrying agent di dalam produk. Cetyl alcohol tidak menyebabkan iritasi, namun justru menyehatkan kulit dan rambut.

Behenyl Alcohol

Ilustrasi skincare. (Special)

Behenyl Alcohol ini termasuk kategori alkohol yang paling banyak digunakan dalam produk skincare. Alkohol jenis ini dapat membantu memberikan perbedaan kekentalan pada produk skincare. Meskipun aman dari iritasi, Behenyl Alcohol bisa membuat kulit kering bagi pemilik kulit sensitif. 

Myristyl Alcohol

Ilustrasi skincare. (Special)

Myristyl Alcohol merupakan jenis alkohol lemak jenuh yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Zat ini biasanya berbentuk padatan seperti lilin yang berwarna putih.

Myristyl Alcohol sendiri juga berperan menghambat formula agar tidak terpisah menjadi komponen minyak dan cairannya. Sama seperti alkohol berlemak kebanyakan, alkohol ini akan cepat mengering jika dibiarkan pada suhu ruangan.  

Lauryl Alcohol

Ilustrasi skincare. (Special)

Jenis alkohol yang terakhir ada Lauryl Alcohol. Jenis alkohol ini juga termasuk kedalam kategori aman. Sama seperti alkohol-alkohol lainnya, Lauryl Alcohol juga terbuat dari inti sawit atau asam lemak minyak kelapa.

Zat ini bekerja untuk melembabkan dan membentuk lapisan minyak pada kulit. Lauryl Alcohol tidak memiliki rasa dan warna, sehingga aman untuk kulit. 

Nah itu dia 6 alkohol baik yang aman digunakan untuk kulit. Mulai sekarang, cek terlebih dahulu kandungan yang ada dalam produk skincare-mu. Apakah kandungan alkohol di dalamnya termasuk kategori yang aman atau tidak? 

Menariknya, jenis-jenis alkohol di atas sebagian besar diproduksi dari tumbuh-tumbuhan, seperti minyak kelapa sawit. Sehingga, sudah dapat dipastikan keamanannya dan halal digunakan dalam kehidupan sehari-hari.