Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Sabtu, 2 Oktober 2021 | 11:10:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Foto : Klikdokter

Ladiestory.id - Pemakaian kosmetik atau lebih dari satu macam sudah biasa dilakukan kaum hawa. Tapi tahukah kamu ladies sebetulnya terdapat kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan

Karena nantinya malah akan muncul dampak buruk bagi kulit. Lalu bahan-bahan kandungan skincare apa saja ya kira-kira yang tidak boleh digunakan secara berbarengan? Cari tahu di sini yuk ladies.

Kandungan Skincare Yang Tidak Boleh Dipakai Bersamaan

Inilah daftar bahan kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan:

1. Retinol dan  AHA/BH

Foto : Ladiestory.id

Kandungan skincare yang tidak boleh digabung yakni ada retinol dan AHA/BH. Kedua bahan ini biasa ada dalam produk exfoliator, yang fungsinya sama-sama buat mengangkat kulit mati. Tapi bila bahan ini digabung lalu  dipakai bersama maka akan timbul iritasi pada kulit. Lebih parah lagi kulit kamu akan terasa seperti terbakar, panas.

Jadi, jangan pernah pakai skincare ini secara bebarengan, kamu juga harus baca terlebih dahulu kandungan skincare yang akan kamu pakai. Jangan sampai kedua bahan ini ada dalam 1 produk skincare kamu, yang bisa membahayakan kulit kamu.

2. Retinol dan Vitamin C

Foto : Ladiestory.id

Kandungan skincare yang tidak boleh digunakan bersamaan yaitu Bahan Retinol dan Vitamin C. Karena kedua bahan ini merupakan bahan yang sama-sama bermanfaat dalam mengatasi noda hitam dan kerutan pada wajah. 

Tapi sayang, kedua bahan ini bekerja pada kadar Ph yang berbeda. Dimana retinol bekerja pada kadar yang lebih tinggi sedangkan vitamin C bekerja pada kadar Ph yang lebih rendah.

Nah, bila kedua bahan ini bertemu maka mereka tak dapat bekerja optimal pada wajah kamu. Untuk solusinya kamu bisa gunakan skincare yang mengandung vitamin C pada siang hari, untuk melindungi kulit kamu dari paparan sinar UV. Lalu Kamu gunakan  skincare dengan kandungan retinol pada malam hari. 

3. Retinol dan Benzoyl Peroxide

Foto :Ladiestory.id

Selanjutnya, kandungan skincare yang tidak boleh dicampur ada retinol dan Benzoyl peroxide.  Kedua bahan ini sama-sama ampuh dalam mengatasi jerawat hingga ke akarnya pada kulit wajah.

Tapi sayang, penggunaannya tidak dapat diaplikasikan dalam satu waktu pada wajah. Karena masing-masing bahan ini akan berkurang efektifitasnya bila diaplikasikan bersamaan pada wajah kamu. Sebagai solusinya cobalah kamu pakai retinol pada malam hari dan Benzoyl Peroxide di siang hari. 

4. Retinol dan Asam Salisilat

Foto : Superapp

Retinol masih dalam anggota vitamin A  yang berperan dalam produksi kolagen, menunda penuaan dini dan mengganti sel kulit mati. Sementara itu asam salisilat bermanfaat untuk mengatasi jerawat dan meregenerasi kulit mati. Kedua bahan ini bisa menyebabkan kulit kering, bila di gunakan masing-masing.

Bayangkan bila kamu memakai 2 skincare berbarengan yang mengandung bahan-bahan ini. Pastinya kulit kamu akan jadi semakin kering 2 kali lipat, timbul iritasi, dan makin parah lagi, bila kamu punya jerawat di wajah, maka jerawat itu akan makin parah.

Sebagai solusinya, kamu dapat gunakan skincare dengan kandungan asam salisilatnya di pagi hari. Lalu gunakan skincare dengan kandungan retinol pada malam hari. Jadi, kedua bahan ini tidak akan bertemu dalam wajah kamu.

Nah, itu dia ladies bahan kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan. Jadi mulai sekarang jangan sembarangan lagi mengaplikasikan bermacam skincare di wajah. Pastikan juga kamu baca kandungan produk skincare yang kamu pakai, jangan sampai dua bahan ini ada dalam satu produk.  

Berita Terkait