Kantung Mata Ganggu Penampilan? Atasi dengan Cara Ini

Kamis, 27 Januari 2022 | 15:45:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Kantung Mata Ganggu Penampilan? Atasi Dengan Cara Ini

Ilustrasi Kantung Mata. (Special)

Ladiestory.id - Seiring bertambahnya usia, kantung di bawah mata juga mengalami pembengkakan. Hal ini dikarenakan proses penuaan melemahkan otot kelopak mata dan jaringan di sekitarnya. 

Kantung matamu akan terlihat bengkak, lantaran lemak yang membantu menopang mata berpindah ke kelopak bagian bawah. Ini juga menyebabkan cairan menumpuk di bawah mata, sehingga pembengkakak bertambah.

Meski begitu, pembengkakan kantung mata bukanlah masalah medis yang serius. Namun, ini tetap akan mengganggu penampilanmu lho.

Tenang, ada beberapa cara rumahan yang dapat membantumu mengurangi pembengkakan di bawah mata. Berikut beberapa tips dan trik untuk membantu kurangi munculnya kantong mata yang dilansir dari BoldSky.

Gunakan Teh Celup

Ilustrasi Kantung Mata. (Special)

Kantung teh berkafein bisa digunakan untuk mengatasi lingkaran hitam hingga kantung di bawah mata lho. Selain itu, kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan aliran darah ke kulit.

Caranya sangat mudah. Kamu cukup seduh dua kantung teh selama tiga hingga lima menit. Kemudian kantung teh tersebut didinginkan di lemari es selama 20 menit. Selanjutnya, peras kelebihan cairan dan oleskan ke area bawah matamu. Diamkan kantung teh selama 15 hingga 30 menit.

Gunakan Krim Retinol

Aplikasi topikal dari bahan ini dapat mengurangi bengkak dan memperbaiki defisiensi kolagen pada kulit. Biasanya, retinol dioleskan ke kulit sekali sehari, kira-kira setengah jam setelah membersihkan wajah.

Namun, jika Kamu sedang hamil, sebaiknya tidak menggunakan krim retinol dan mengonsumsi vitamin A.

Sebelum Tidur, Hapus Riasan

Ilustrasi perempuan menghapus makeup. (Special)

Kamu mungkin juga dapat mencegah kantung di bawah mata dengan meningkatkan rutinitas malam yakni dengan membersihkan wajah dengan benar. Tak sedikit perempuan yang tidak memperhatikan proses ini lho. Kamu tetap harus cuci muka setelah membersihkan wajah dengan kapas atau tisu basah.

Kompres Dingin

Ilustrasi es batu. (Special)

Air dingin atau es batu dapat mengurangi pembengkakan dengan menyempitkan pembuluh darah. Kompres dingin dengan cara sendiri ini dapat dilakukan dengan sendok teh dingin, mentimun dingin, waslap basah, atau sekantung sayuran beku.

Tidur dengan Kepala Ditinggikan

Tidur dengan kepala ditinggikan dengan bantal ekstra yang dapat membantu meringankan kantung mata lho. Kamu bisa menggunakan dua bantal atau lebih. Saat Kamu tidur, meninggikan kepala akan membantu mencegah cairan menggenang di kelopak mata bagian bawah.

Gunakan Produk Pencerah

Krim pencerah kulit mengandung sesuatu yang disebut hydroquinone. Bahan ini mengganggu produksi melanin dan dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran di bawah mata.

Pakai Sunscreen

Ilustrasi perempuan mengaplikasikan sunscreen ke wajah. (Special)

Mengenakan tabir surya atau sunscreen dapat membantu mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata. Pastikan SPF 30 atau lebih tinggi serta tahan air. Kapan pun diperlukan, Kamu bisa mengaplikasikannya kembali.