Kapan Waktu Makan yang Tepat? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

Kamis, 30 Desember 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Kapan Waktu Makan Yang Tepat? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya!

Ilustrasi makan. (Special)

Ladiestory.id - Ada sebagian orang yang mulai memperbaiki serta mengatur pola makan namun tidak berfikir soal jam makan yang tepat. Padahal dengan memperhatikan jam makan tubuh akan jauh lebih sehat serta manfaat dari apa yang dimakan jauh lebih optimal. 

Nah, karena sudah mengetahui manfaatnya, mulai hari biasakanlah mengatur waktu makan dengan baik agar kesehatan tubuh kamu juga terjaga.

Kapan Waktu Makan yang Tepat? 

Sebelum mengetahui kapan waktu makan yang tepat, kamu perlu mengetahui frekuensi makan yang sehat dan sesuai dengan kondisi tubuh. Karena setiap orang mempunyai kondisi kesehatan serta penyesuaian frekuensi dan waktu makan yang berbeda. 

Seperti contohnya kamu yang memiliki masalah penyakit asam lambung, sebaiknya makan dengan porsi kecil tapi sering. Ini adalah frekuensi yang beda dengan mereka yang tidak memiliki penyakit asam lambung yaitu 3 kali dalam sehari. 

Ilustrasi makan. (Special)

Sebenarnya frekuensi jam makan yang tepat adalah setiap 2 hingga 3 jam. Tapi, kamu perlu ingat bahwa frekuensi makan ini tidak hanya ditujukan untuk makanan berat saja. Namun juga termasuk camilan serta makanan selingan lainnya. Untuk lebih jelasnya, berikut pembagian waktu makan yang tepat dalam satu hari: 

1. Waktu Sarapan

Waktu sarapan yang baik adalah sekitar pukul delapan hingga pukul sembilan pagi. Atau sekitar satu hingga dua jam sebelum kamu beraktivitas. Untuk menu yang dapat kamu pilih adalah yang tidak memiliki karbohidrat dengan  indeks glikemik yang tinggi.

Karena biasanya jenis makanan ini memiliki banyak kandungan gula yang akan membuat kamu mudah lapar. 

Ilustrasi makan. (Special)

 2. Waktu Makan siang

Waktu makan siang yang tepat adalah sekitar pukul dua belas hingga jam dua siang. Atau setidaknya tiga hingga empat jam setelah waktu sarapan. Sebagai contoh, jika kamu sarapan pada pukul 7 pagi, maka waktu camilan pertama kamu adalah sekitar pukul sembilan hingga sepuluh pagi. Setelah itu barulah makan siang di antara jam dua belas hingga jam dua siang. 

3. Waktu Makan malam

Waktu terbaik makan malam adalah di dua atau tiga jam sebelum kamu pergi tidur, dua sampai tiga jam setelah camilan antara makan siang dan makan malam. Contohnya jika kamu pergi tidur pada pukul 10 malam, maka sebaiknya makan malam dilakukan pada antara pukul tujuh hingga pukul delapan malam.

Sehingga ketika kamu berbaring, makanan yang kamu konsumsi tidak akan naik ke kerongkongan sehingga tidak menyebabkan penyakit asam lambung. Apalagi jika kamu memang memiliki riwayat penyakit asam lambung, menjaga waktu jam makan sangat perlu untuk diperhatikan. 

Ilustrasi makan. (Special)

Jadi itulah frekuensi makan yang benar untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Terimakasih sudah membaca, jangan lupa share artikel ini agar semakin banyak orang yang teredukasi.  semoga bermanfaat.