Karyawan Kawan Lama Group Lakukan Pelecehan, Suami Ajukan Gugatan ke Tim HR

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:45:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Karyawan Kawan Lama Group Lakukan Pelecehan, Suami Ajukan Gugatan Ke Tim Hr

Pelecehan karyawan Kawan Lama Group. (twitter.com/jerangkah)

Ladiestory.id - Berita tentang kasus pelecahan yang dialami oleh karyawan Kawan Lama Group tengah viral belakangan ini. Kisah yang di-upload di Twitter oleh @jerangkah ini mendapatkan like lebih dari 71 ribu dan retweet lebih dari 28 ribu. Thread tersebut diunggah pada Sabtu (13/8/2022) pukul 19.13 WIB.

Pelecehan karyawan Kawan Lama Group . (twitter.com/jerangkah)

"[PELECEHAN] Istri saya mendapat pelecehan berupa chat di grup pertemanan kantornya. Cerita berawal saat istri diminta menjadi model foto produk kantornya."

Awalnya, akun bernama Richo Pramono ini menceritakan bagaimana sang fotografer berani mengambil dan menyebarkan foto punggung istrinya tanpa izin di grup WhatsApp.

Pelecehan karyawan Kawan Lama Group. (twitter.com/jerangkah)

Bahkan, Richo menjelaskan jika foto tersebut diambil pada sesi fitting yang dilakukan oleh istrinya. Tak hanya itu, foto tersebut bahkan dijadikan bahan lelucon oleh karyawan-karyawan dalam grup WhatsApp tersebut. 

"'Lucunya' ada 2 orang lain yang menggunakan foto lainnya sebagai bahanbecandaan seronok. Seolah ngeframing istri saya dan temannya di foto tersebut seperti pelacur yang tengah 'menjajakan jasa'. Kenapa lucu? Salah satu pelakunya perempuan! Bisa bisanya hanya karena istri saya duduk berdua dengan temannya, setelah mengenakan baju produk kantornya, lalu diframing dengan kata kata 'Lagi nunggu dipilih'," lanjutnya.

Richo semakin emosi ketika nama anaknya juga turut disebut oleh karyawan yang memojokkan istrinya.

"Yang saya sensor di belakang kalimat 'lihat mama mu' adalah nama anak saya. Entah di mana nurani mereka menyematkan nama anak saya di tengah percakapan bodoh macam ini. Istri saya hanya ingin bekerja dengan niat memberikan kontribusi terhadap rumah tangga. Namun ternyata meski bekerja di industri yg established, tidak kemudian membuat ia terlepas dari risiko pelecehan. Lalu ia mengundurkan diri. Senin saya akan mendampingi istri saya menghadap tim HR nya untuk membuat gugatan:

1. Hapuskan kebijakan one month notice untuk istri saya

2. Pecat dengan tidak hormat semua orang yang terlibat,"

Richo lantas berharap agar pihak perusahaan tidak hanya memberikan teguran, namun dapat menindaklanjuti lebih jauh mengenai masalah pelecehan yang dialami istrinya ini.