Tak Disadari, 5 Kebiasaan Buruk Sebabkan Rambut Rontok

Sabtu, 30 Juli 2022 | 20:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Tak Disadari, 5 Kebiasaan Buruk Sebabkan Rambut Rontok

Penyebab Rambut Rontok (Special)

Ladiestory.id - Salah satu permasalahan rambut yang paling banyak dikeluhkan adalah rambut rontok. Permasalahan rambut ini pun dipicu oleh banyak hal. Mulai dari jenis rambut yang rapuh, hingga salah penggunaan produk hair care. Selain itu, rupanya ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan, namun ternyata pemicu rambut rontok. Apa saja ya?

Tidak Sarapan

makanan pantang untuk asam lambung. (Special)

Kebiasaan yang satu ini lumayan banyak dilakukan, terutama anak kos. Pasalnya, mereka malas jika harus bangun pagi dan menyiapkan sarapan seorang diri. Sarapan merupakan kebiasaan baik yang seharusnya terus dilakukan. Pasalnya, sarapan sangat penting untuk memberikan energi guna beraktivitas seharian.

Selain itu, kebiasaan tidak sarapan menyebabkan rambut menjadi rontok. Banyak orang yang tidak percaya dengan poin pertama ini. Bahkan, mereka bertanya-tanya apa hubungannya tidak sarapan dengan rambut rontok.

Saat kalori badan terpenuhi, maka sisa kalori akan dialihkan ke fungsi tubuh lainnya, seperti otak dan jantung. Selain itu, kalori tersebut pun akan dialihkan ke rambut dan kulit kepala. Padahal jika rambut dan kulit kepala kekurangan kalori, maka akan memicu kerontokan rambut.

Jarang Keramas

Foto: Ladiestory.id

Keramas berfungsi untuk membersihkan rambut dari kotoran, bau apek, hingga minyak. Jika tidak keramas, maka sekitar folikel rambut akan menumpuk dan menyumbat. Namun, jika seseorang memiliki kebiasaan jarang keramas, hal itu akan memicu rambut menjadi rontok. Rambut yang tak kunjung dicuci dapat menyebabkan peradangan dan gatal pada kulit.

Kondisi inilah yang dapat membuat rambut menjadi rontok. Terlebih, saat kondisi panas dengan tipe kulit berminyak. Kebiasaan jarang keramas juga akan membuat rambut semakin rontok jika memiliki tipe rambut kering.

Selalu Mengikat Rambut dengan Kencang

Ilustrasi ikat rambut pendek. (southernliving.com)

Beberapa perempuan tomboy ditunjukan dengan ciri dia selalu mengikat rambut setiap waktu. Selain itu, mengikat rambut menjadi salah satu cara mengatasi rasa gerah. Mengikat rambut menjadi kebiasaan yang dilakukan saat hendak makan atau melakukan sesuatu aktivitas agar tidak menganggu.

Namun, tanpa disadari kamu sering mengikat rambut terlalu kencang. Mungkin hal ini bertujuan agar rambut tidak mudah jatuh dan tergerai. Tapi perlu diketahui, kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang memicu rambut menjadi rontok. Pasalnya, folikel rambut seolah mengalami stres yang pada akhirnya malah merusak.

Menyisir Rambut saat Basah

Foto: Ladiestory.id

Beberapa orang juga memiliki kebiasaan pergi dengan rambut basah. Mereka tidak menunggu rambut kering atau pun mengeringkannya terlebih dahulu. Sehingga seusai keramas, rambut segera disisir karena hendak pergi ke suatu tempat. Hal ini dilakukan agar rambut tidak kusut, meskipun masih basah.

Namun, rupanya kebiasaan menyisir rambut saat basah memicu rambut rontok.  Seusai tahu kebiasaan buruk itu, sekarang coba tunggu beberapa saat hingga rambut setengah kering. Barulah kamu menyisir rambut dan merapikannya.

Keramas dengan Air Panas

Foto: Ladiestory.id

Cuaca dingin memang paling nikmat mandi menggunakan air panas. Apalagi saat rambut diguyur menggunakan air hangat akan terasa lebih rileks. Terlebih, jika sedang banyak pikiran dan stres. Namun, tahukah kamu? Keramas menggunakan air panas menjadi kebiasaan yang buruk. Pasalnya, kebiasaan keramas menggunakan air panas mampu membuat rambut menjadi rontok.

Pasalnya, pori-pori kepala akan membuka saat rambut terkena air panas. Hal ini menjadikan rambut kering. Air panas menurunkan minyak alami pada rambut. Inilah yang akan membuat akar rambut rusak hingga tak kuat lagi. Pada akhirnya, kebiasaan ini akan membuat rambut mudah rontok.

s