6 Kebiasaan Sebabkan Pori-pori Kulit Tersumbat

Sabtu, 4 Maret 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

6 Kebiasaan Sebabkan Pori-Pori Kulit Tersumbat

Ilustrasi Pori-pori Kulit Tersumbat. (Special)

Ladiestory.id - Selain debu, polusi dan kotoran sisa makeup ternyata juga bisa membuat pori-pori kulit wajah tersumbat, lho. Alhasil, jerawat pun akan mudah muncul dan membuatmu kurang percaya diri. Tak hanya itu, ternyata enam kebiasaan ini dapat menyebabkan pori-pori kulitmu menjadi tersumbat. Berikut diantaranya.

Sering Menyentuh Wajah

Ilustrasi Wajah Berjerawat. (Special)

Ladies,  kamu sering menyentuh wajah? Hati-hati, kebiasaan ini dapat menyebabkan pori-pori kulit menjadi tersumbat. Tanpa kamu sadari, kotoran yang menempel di telapak tanganmu akan berpindah ke kulit wajah, sehingga kuman dan bakteri pun akan beraksi.

Selain itu, menyentuh wajah setelah melakukan berbagai aktivitas fisik seperti menggunakan laptop, handphone maupun benda lainnya dapat menyebabkan minyak dan debu menempel pada kulit wajah. Maka dari itu, kamu harus mengurangi kebiasaan buruk ini, Ladies.

Malas Membersihkan Makeup

Ilustrasi membersihkan wajah. (Special)

Ladies, setelah seharian beraktivitas tentu kamu akan merasa kelelahan dan memilih untuk tidur. Alhasil, kamu jadi lupa membersihkan makeup yang masih menempel di wajah. Membersihkan wajah sebelum tidur sebaiknya tidak kamu lewatkan.

Jika hal ini kamu abaikan, justru makeup yang masih menempel di wajah bersamaan dengan minyak, debu dan keringat akan semakin menyumbat pori-pori wajahmu. Selain itu, malas memberishkan makeup juga dapat memperbesar pori-pori wajah serta dapat membaut kulit mengalami penuaan.

Tidak Membersihkan Alat Makeup

Ilustrasi alat makeup. (Special)

Selain malas membersihkan makeup yang masih menempel di wajah, tidak memebersihkan alat makeup pun dapat membuat pori-pori kulit tersumbat. Sering menggunakan kuas makeup maupun spons makeup maka hal ini dapat membuat zat kimia yang menempel di alat kosmetik dapat kembali ke kulit wajah, sehingga pori-pori menjadi tersumbat.

Oleh sebab itu, kamu pun dapat rutin memebersihkan alat makeup ataupun mengganti alat makeup yang sudah tidak layak pakai.

Malas Eksfoliasi Kulit Wajah

Ilustrasi Eksfoliasi. (Special)

Selain malas membersihkan makeup di wajah, malas melakukan eksfoliasi kulit wajah juga dapat membuat sel-sel kulit mati menumpuk di wajah, sehingga pori-pori kulit akan terseumbat. Oleh karena itu, kamu dapat mengubah kebiasaan buruk ini dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah selama dua kali dalam seminggu.

Tentunya, dengan melakukan eksfoliasi wajah dapat membantu mengangkat minyak, kotoran dan debu serta mencegah munculnya jerawat pada kulit. Selain menggunakan scrub wajah, kamu pun bisa menggunakan toner ataupun masker wajah.

Penggunaan Produk Makeup yang Tidak Tepat

Ilustrasi mengaplikasikan mascara. (Special)

Salah menggunakan produk kosmetik atau makeup ternyata dapat membuat pori-pori kulit wajah menjadi tersumbat, lho. Mungkin kamu tidak menyadari jika produk kosmetik yang kamu gunakan selama ini mengandung bahan-bahan kimia yang justru dapat merusak kulitmu. Kamu pun dapat menggunakan produk kosmetik yang bebas minyak maupun non-comedogenic. Selain itu, kamu dapat memilih produk kosemtik yang terbuat dari parrafin wax agar jerawat dapat semakin berkurang.

Terpapar Polusi

Ilustrasi berkendara menggunakan masker. (Special)

Selain tidak membersihkan wajah dan menggunakan produk makeup yang tidak tepat, polusi dan debu yang kotor tentu akan berpengaruh pada kondisi kulitmu diantaranya kulit menjadi mudah kusam, timbulnya masalah jerawat dan juga pori-pori kulit menjadi tersumbat.

Untuk menyiasatinya, tentu kamu dapat rutin memberishkan kotoran yang menempel di wajah setelha beraktivitas. Kamu pun dapat menggunakan masker berbahan activated charcoal untuk mengatasi masalah akibat terpapar polusi. Activated charcoal ini memiliki kandungan karbon aktif yang dapat membantu mengeluarkan toksin dari dalam kulit tubuh.

Nah, Ladies itulah ke enam kebiasaan yang dapat menyebabkan pori-pori kulit wajah menjadi tersumbat. Yuk, hindari kebiasaan buruk ini, Ladies.