5 Kebiasaan Sederhana Cegah Munculnya Jerawat

Minggu, 24 Juli 2022 | 19:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

5 Kebiasaan Sederhana Cegah Munculnya Jerawat

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang banyak dikeluhkan. Selain menggunakan skincare, ada beberapa upaya yang dilakukan untuk meminimalisir timbulnya jerawat. Saat Kamu menerapkan kebiasaan baik di bawah ini, maka diyakini dapat membantu mengurangi pertumbuhan jerawat. Apa saja itu?

Gunakan Basic Skincare Rutin Seusai Jenis Kulit

Memakai skincare. (Special)

Pada dasarnya, kulit berjerawat merupakan jenis kulit yang sensitif. Bahkan, jenis kulit ini membutuhkan perawatan khusus dan ekstra. Sehingga, salah satu kebiasaan yang bisa mencegah timbulnya jerawat adalah menggunakan basic skincare secara rutin. Namun, pastikan skincare yang digunakan harus cocok dan sesuai dengan jenis kulit kamu.

Jika kamu asal memilih skincare, hal itu tidak akan membantu kulit menjadi bersih. Sebaliknya, basic skincare yang salah dapat membuat kulit menjadi iritasi dan memicu jerawat yang parah.

Kurangi Frekuensi Menyentuh Wajah Menggunakan Tangan

Ilustrasi wajah kemerahan. (Special)

Kamu tidak dapat memastikan tangan dalam kondisi bersih setiap saat. Pasalnya, tangan kerap digunakan untuk mengambil barang atau pun sesuatu. Sedangkan kamu pun tidak tahu barang tersebut kotor atau bersih. Sementara itu, kamu juga tidak boleh terlalu sering cuci tangan karena bisa menyebabkan kering.

Oleh sebab itu, kebiasaan menyentuh wajah justru memicu timbulnya jerawat. Cobalah bangun kebiasaan untuk tidak menyentuh wajah agar mencegah jerawat mincul.

Kebersihan Ponsel dan Sarung Bantal

Foto :Dekoruma

Ponsel dan bantal menjadi dua barang yang kerap menempel di wajah atau pipi. Ponsel yang digunakan untuk telepon akan menempel pada pipi. Terlebih, bantal yang digunakan untuk tidur. Sehingga, dua benda ini bisa menjadi sarana kuman dan bakteri yang sering tertempel di kulit wajah. Oleh sebab itu, biasakan untuk sering membersihkan ponsel.

Selain itu kebiasaan mengganti sarung bantal akan meminimalisir timbulnya jerawat. Setidaknya, kamu bisa mengganti sarung bantal minimal satu minggu sekali.

Banyak Istirahat dan Hindari Pikiran Stres

Tidur yang Cukup. (Special)

Tak bisa dipungkiri, hidup ini tak bisa dijalani tanpa adanya pikiran. Untuk beberapa orang yang bekerja pun, mungkin mereka tak banyak memiliki waktu untuk beristirahat. Sebaliknya, mereka akan disibukan dengan berbagai kerjaan dan pikiran.

Padahal, dua kebiasaan buruk ini menjadi pemicu timbulnya jerawat. Pasalnya, dua kebiasaan ini membuat kadar hormon stres kortisol dalam tubuh meningkat. Saat hormon ini meningkat, maka peradangan akan timbul pada kulit, satu di antaranya adalah jerawat.

Sehingga, kebiasaan tidur larut malam dan begadang akan membuat jerawat timbul. Cobalah untuk mengurasi stres dengan beberapa kegiatan seperti relaksasi, meditasi, dan jalan-jalan. Selain menyehatkan mental, kegiatan ini juga berfungsi mencegah timbulnya jerawat.

Minum Banyak Air Putih

Air Putih. (Special)

Kebiasaan banyak minum air putih memang mendatangkan manfaat bagi kesehatan. Bahkan, kebiasaan baik ini mampu meningkatkan kesehatan kulit manusia. Salah satu manfaatnya, yakni mencegah jerawat. Selain itu, kebiasaan banyak minum air putih mampu menjaga kelembapan kulit.

Pasalnya, air putih mampu mendetoks atau mengeluarkan racun yang ada di tubuh. Menurut anjuran medis, setidaknya manusia harus minum delapan gelas air putih jika tidak ingin jerawat muncul.

Kebersihan Rambut

Foto: Ladiestory.id

Setidaknya, para perempuan harus keramas dua hari sekali. Hal ini demi menjaga kebersihan rambut. Pasalnya, salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah rambut yang kotor. Selain itu, pastikan membilas sisa sampo atau kondisioner dengan bersih. Pasalnya, jika tidak bersih, maka sampo dan kondisioner akan menempel di wajah. Hal ini disebabkan rambut yang selalu terkena wajah.

Kebersihan rambut perlu ditingkatkan terutama bagi yang memiliki poni dan rambut panjang terurai. Seorang perempuan yang memiliki poni akan membuat rambut menjadi lebih lembap. Bahkan, setidaknya poni itu harus dicuci setiap hari untuk menghindari jerawat di dahi.