Kelebihan dan Fungsi Kandungan Lactic Acid dalam Skincare bagi Kulit

Selasa, 5 Oktober 2021 | 12:09:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Kelebihan dan Fungsi Kandungan Lactic Acid dalam Skincare bagi Kulit

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Lactic acid adalah kandungan dalam produk skincare yang masuk dalam golongan AHA atau asam alfa hidroksi. Fungsi dari lactic acid atau asam laktat adalah untuk membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Kandungan yang satu ini juga membantu mengeksfoliasi sel kulit mati dan memberi jalan untuk sel kulit di bawahnya

Eksfoliasi sendiri merupakan proses pengelupasan sel kulit mati agar kulit wajah bebas kusam dan tampak sehat. Lactic acid adalah salah satu kandungan eksfoliasi yang paling dikenal dalam golongan asam alfa hidroksi (alpha hydroxy alpha/AHA).

Apa Itu Lactic Acid atau Asam Laktat?

Foto: Ladiestory.id

Lactic acid adalah salah satu kandungan yang populer dalam produk skincare. Kandungan ini juga salah satu anggota keluarga AHA (alpha-hydroxy acids) atau asam alfa hidroksi, bersama dengan asam glikolat (glycolic acid) hingga asam sitrat.

Bedanya, apabila asam glikolat dibuat dari gula tebu, maka asam laktat dibuat dari susu. Sebagai salah satu asam golongan AHA, lactic acid memiliki kemampuan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati, kemudian dapat memberi jalan untuk sel kulit baru. Dengan begitu, kulit akan terlihat lebih cerah, halus, dan sehat.

Kelebihan Lactic Acid

Foto: Ladiestory.id

Salah satu kelebihan lactic acid dibandingkan dengan glycolic acid dan golongan AHA lainnya adalah sifatnya yang lebih ringan. Kemudian lactic acid juga bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk orang-orang dengan kulit sensitif. Karena, pemilik kulit sensitif biasanya kerap merasa kesulitan dalam memilih produk perawatan kulit yang tepat.

Namun, lactic acid juga menjadi kandungan produk perawatan wajah yang tepat bagi kamu yang tidak dapat menggunakan skincare mengandung AHA terlalu kuat.

Fungsi Lactic Acid untuk Wajah

Foto: Ladiestory.id

Kita tahu bahwa kandungan ini mampu mencerahkan kulit wajah, lalu selain selain itu kandungan ini juga memiliki banyak manfaat. Nah sebagai salah satu golongan AHA, fungsi lactic acid ternyata beraneka ragam. Berikut adalah manfaat lactic acid, salah satunya untuk kulit yang cerah dan sehat.

1. Mengatasi Hiperpigmentasi

Salah satu fungsi lactic acid adalah mengatasi hiperpigmentasi. Hiperpigmentasi sendiri adalah kondisi adanya bercak gelap pada kulit akibat produksi melanin yang berlebih. Melanin sendiri merupakan pigmen pewarna yang membuat kulit menjadi gelap.

Dalam skincare lactic acid dapat merangsang produksi kolagen sekaligus mengencangkan kulit kamu. Formula asam laktatnya bisa kamu gunakan secara rutin dua kali sehari dan dapat mengencangkan kulit. Dengan begitu tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan, dapat tersamarkan.

2. Menyamarkan Bintik Hitam akibat Penuaan

Eksfoliasi dengan lactic acid atau asam laktat juga membantu mengurangi penampakan bintik hitam akibat penuaan. Bintik hitam akibat penuaan dapat terjadi karena peningkatan produksi melanin. Kemunculan bintik hitam ini dapat disebabkan oleh seiring bertambahnya usia hingga paparan sinar matahari yang berlebihan.

3. Meratakan Warna Kulit

Meratakan warna kulit juga menjadi fungsi lactic acid. Warna kulit yang tidak rata biasanya terjadi pada orang yang mengenakan hijab. Wajah yang tidak tertutupi dengan yang tertutupi hijab akan memiliki warna yang berbeda. Selain itu, manfaat lactic acid juga berpotensi untuk mengecilkan pori-pori kulit.

4. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan kulit menjadi fungsi lactic acid berikutnya. Kulit wajah bisa cerah karena lactic acid akan mengangkat sel kulit mati Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, fungsi lactic acid adalah mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kulit kusam. Selain itu lactic acid juga mampu mempercepat regenerasi sel inilah yang membuat kulit kamu akan tampak lebih cerah, halus, dan lembut.

5. Melembapkan Kulit

Sebagian besar golongan AHA pada skincare memang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan tekstur kulit. Akan tetapi, lactic acid memiliki ekstra manfaat yang mungkin tidak didapat dari golongan AHA lainnya. Karena lactic acid dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Dengan ini, masalah kulit kering tak lagi mengganggu kamu.

6. Mencegah Jerawat Muncul

Fungsi lactic acid juga bisa mencegah jerawat muncul. Bagaimana bisa? Proses eksfoliasi dapat menjaga pori-pori kulit tetap bersih dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan minyak alami yang berlebih yang menjadi penyebab jerawat muncul. Dengan ini, komedo dan jerawat dapat terhindarkan.

Efek Samping Lactic Acid

Walaupun memiliki sifat lebih ringan dibandingkan glycolic acid dan golongan AHA lainnya, lactic acid tetaplah kandungan yang bisa mengeksfoliasi kulit.

Akan tetapi, sama seperti penggunaan skincare yang mengandung AHA lainnya, penggunaan  lactic acid atau asam laktat dapat menimbulkan sejumlah efek samping.

Lalu apa saja efek samping penggunaan skincare yang mengandung lactic acid? Efek yang ditimbulkan bisa berupa meningkatnya sensitivitas kulit terhadap sinar matahari dan juga iristasi kulit.

Selalu lakukan patch test sebelum kamu menggunakan produk skincare apa pun, termasuk yang mengandung lactic acid.

Selain itu, sertai penggunaan lactic acid dengan sunscreen dalam rutinitas perawatan kulit kamu. Jika saat melakukan test ada reaksi berlebih yang terjadi, kamu harus menghentikan penggunaannya dan Segera cek ke dokter.

Berita Terkait