Kemenangannya Tuai Kontroversi,  5 Fakta Carolina Shiino Miss Japan 2024 Keturunan Ukraina

Senin, 5 Februari 2024 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Kemenangannya Tuai Kontroversi,  5 Fakta Carolina Shiino Miss Japan 2024 Keturunan Ukraina

Carolina Shiino. (Instagram.com/karolina0824)

Ladiestory.id - Ladies, pemilihan ajang kecantikan nasional Miss Japan Grand Prix 2024 edisi ke-56 telah usai digelar pada Senin (22/1/2024) waktu setempat di Keio Plaza Hotel, Shinjuku, Tokyo. Carolina Shiino berhasil menjadi pemenang utama Miss Japan 2024, menariknya Karolina Shiino merupakan wanita keturunan Ukraina yang berhasil memenangkan kontes kecantikan ini.

Kemenangan Carolina Shiino justru menjadi kontroversi dan perdebatan dikalangan warganet. Banyak yang menyebutkan jika Carolina Shiino tidak layak memenangkan gelar Miss Japan karena dirinya tidak sama sekali merepresentasikan wanita asli Jepang. Nah, dibalik kontroversi kemenangannya tersebut berikut lima fakta Carolina Shiino yang telah Ladiestory.id rangkum.

Migrasi dari Ukraina ke Jepang

Carolina Shiino. (Instagram.com/karolina0824)

 

Dilansir dari Daily Mail, Carolina Shiino merupakan wanita kelahiran asal Ternopil, Ukraina Barat tahun 1997 dan merupakan anak dari orang tua yang berasal dari Ukraina. Namun, kedua orang tua Carolina Shiino bercerai, kemudian ibunya menikah dengan pria bermarga Shiino yang berasal dari Jepang dan ia beserta ibunya pindah ke Jepang sejak usianya lima tahun dan tumbuh besar di Nagoya, Jepang selama lebih dari 20 tahun.

Carolina Shiino mempelajari dan beradaptasi kebudayaan Jepang dengan sangat baik, bahkan ia sangat fasih berbahasa Jepang dan ia telah sepenuhnya memahami budaya dan kebiasaan masyarakat Jepang.

Resmi Jadi Warga Negara Jepang Tahun 2022

Carolina Shiino. (Instagram.com/karolina0824)

 

Fyi, Carolina Shiino baru menerima kewarganegaraan Jepang pada tahun 2022 melalui naturalisasi. Hal itu pun diungkap olehnya melalui akun Instagram pribadinya, ia sangat bangga dan merasakan bisa sah menjadi warga negara Jepang dan terasa seperti mimpi.

“Saya punya pengumuman untuk kalian semua. Mungkin ada beberapa orang yang saya kenal dan belum saya kenal, tetapi saya secara resmi mengumumkannya. Kali ini, saya, Carolina adalah orang Jepang. Lahir dari orang tua Ukraina, saya pindah ke Jepang ketika saya berumur 5 tahun.

Saya mungkin tidak terlihat seperti Jepang, tetapi ketika saya dibesarkan di Jepang, di hati saya tetaplah menjadi orang Jepang dan saya ingin diakui sebagai orang Jepang dalam arti nyata. Saya sangat senang menjadi orang Jepang, ini seperti mimpi. Terima kasih atas kata-kata dan dukungan baiknya,”tulis Carolina Shiino.

Berhasil Sabet Gelar Miss Japan 2024

Carolina Shiino. (Instagram.com/karolina0824)

 

Wanita berusia 26 tahun ini berprofesi sebagai seorang model dan memiliki proporsi tubuh yang baik dengan tinggi badan 170 cm. Carolina Shiino kemudian mengikuti ajang kecantikan Miss Japan Grand Prix 2024 atau Miss Japan 2024 dengan membawa misi untuk tidak memandang seseorang melalui standar kecantikan atau penilain fisik.

Tepat pada tanggal 22 Januari 2024, Carolina Shiino berhasil meraih mahkota Miss Japan Grand Prix 2024 dan menjadi warga negara Jepang pertama melalui naturalisasi yang berhasil memenangkan ajang kecantikan tersebut.

Dilansir dari BBC News, keikutsertaannya di ajang kontes kecantikan ini mengingatkan kembali kepada  Ariana Miyamoto merupakan pemenang Miss Universe Japan 2015 sebagai wanita berdarah Afrika-Amerika Serikat. Bahkan kemenangan Ariana Miyamoto pun menuai perdebatan karena ia memiliki kulit yang gelap dan tidak mirip sama sekali dengan wanita Jepang pada umumnya.

Kerap Mendapat Diskriminasi

Carolina Shiino. (Instagram.com/karolina0824)

 

Dilansir dari USA Today, Carolina Shiino memiliki rasa dan identitas yang kuat meskipun tidak memiliki warisan budaya Jepang dalam dirinya. Tetapi ia selalu menghormati dan menghargai masyarakat serta kebudayaan Jepang yang ia miliki dari ayah tirinya. Tumbuh dan besar di Jepang membuat Carolina Shiino banyak belajar budaya serta menghargai perbedaan.

“Saya telah menghadapi banyak diskriminasi rasial. Meskipun saya telah menjadi warga negara Jepang, ada saat-sata saya tidak diterima. Saya sangat bersyukur hari ini saya telah diterima sebagai orang Jepang”, ungkapnya setelah dinobatkan menjadi Miss Japan 2024.

“Saya berharap bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat untuk peduli kepada keberagaman dan tidak menghakimi penampilan orang lain,” tambah Carolina Shiino.

Sejak kecil Carolina Shiino mengalami kesulitan dan perbedaan perlakuan karena dirinya dipandang sebagai orang asing dan jati dirinya yang berbeda dari orang Jepang. Tapi semenjak berkarir sebagai seorang model di Jepang telah memberinya rasa kepercayaan diri yang tinggi.

“Saya mungkin terlihat berbeda, tetapi saya memiliki keyakinan yang tak tergoyahkan bahwa saya adalah orang Jepang,” ungkapnya.

“Saya selalu mendapat komentar bahwa saya bukan orang Jepang, tetapi saya selalu meyakinkan mereka bahwa saya adalah orang Jepang, jadi saya mengikuti kontes kecantikan Miss Japan dengan tulus dan percaya pada diri sendiri. Saya sangat senang dikenal seperti ini,” tambah Carolina Shiino.

Kemenangannya Tuai Perdebatan dan Kontroversi dari Warganet

Carolina Shiino. (Instagram.com/karolina0824)

 

Carolina Shiino telah resmi menjadi warga negara Jepang sejak tahun 2022 lalu melalui naturalisasi. Oleh sebab itu, ia pun diperbolehkan mengikuti ajang kecantikan nasional ini karena memiliki identitas resmi sebagai warga negara Jepang walaupun dari segi fisik ia terlihat mutlak sebagai wanita Eropa.

Dalam wawancara bersama BBC News, Ai Wada selaku organisasi dari Miss Japan Grand Prix mengungkapkan jika kemenangan Miss Shiino adalah mutlak dari dewan juri dan kemenangannya ini karena dirinya “penuh percaya diri”.

“Dia berbicara dan menulis bahasa Jepang dengan fasih, sopan dan indah. Bahkan ia lebih Jepang daripada kami,” ungkap Ai Wada.

Namun, dibalik kemenangannya tersebut menuai banyak perdebatan dari warganet. Banyak yang mengungkapkan jika dirinya tidak layak merepresentasikan wanita Jepang dan tampilan fisiknya sangat jauh dari wanita Jepang pada umumnya. 

Tetapi disisi lain ada pula yang membela dan mendukung Carolina Shiino karena dirinya memang layak terpilih sebagai pemenang.

“Jika ia memiliki darah Jepang tentu itu tidak masalah. Tapi dia secara etnis 0% orang Jepang dan bahkan tidak lahir di Jepang. Itu aneh sekali,”@bura***

“Ini tidak pantas. Miss Japan harus secara genetis adalah orang Jepang,”@emp***

“Saya pikir anda terpilih karena anda tidak hanya cantik diluar tetapi juga didalam. Selamat!,”@nbr***

“Selamat! Carolina. Orang Jepang adalah orang yang berkewarganegaraan Jepang. Tidak lebih, tidak kurang. Tidak mengherankan jika ada orang Ukraina-Jepang seperti halnya ada orang Jepang-Amerika,”@sasuke***

Tag : #carolinashiino  #missjapan2024 #missjapangrandprix #beautypageant