Kenali Buah Yuzu yang Jadi Bahan Utama YUZU TEA

Kamis, 17 Februari 2022 | 07:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Kenali Buah Yuzu Yang Jadi Bahan Utama Yuzu Tea

Buah Yuzu. (Special)

Ladiestory.id - Pernahkah Kamu mendengar buah Yuzu? Buah yang masuk dalam keluarga jeruk ini mungkin kurang familier di telinga masyarakat awam.  

Kendati demikian, buah yang cukup langka ini kerap digunakan para koki sebagai campuran berbagai menu, seperti cocktail, sushi, dan makanan penutup. Karena dianggap langka, buah Yuzu pun dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

Buah Yuzu cukup populer di kawasan Korea, Cina dan Jepang. Selain dapat dikonsumsi, buah Yuzu pun dipercaya memiliki segudang manfaat.

Ilustrasi buah Yuzu khas Jepang. (Special)

 Apa Itu Buah Yuzu?

Dilansir berbagai sumber, buah Yuzu bisa disebut sebagai perpaduan antara jeruk mandarin yang masam dan jenis sitrus lain, yang dikenal dengan sebutan ichang papeda.

Penampakan buah Yuzu juga mirip dengan gabungan antara jeruk mandarin kecil dan lemon. Ukuran buah Yuzu segar kira-kira sebesar bola golf dengan permukaan yang tidak rata dan berwarna hijau dan kuning.  

Buah Yuzu memiliki kandungan air yang cukup dengan rasa asam yang unik. Rasa masam buah Yuzu cenderung lebih intens dibandingkan lemon.

Aroma dari buah ini pun cukup harum, dengan bau yang mirip lemon, jeruk nipis, grapefruit atau limau gedang, dan serai. Bahkan, beberapa orang menggambarkan aroma buah Yuzu sebagai "pure sunshine".

Menurut laman The Spruce Eats, tanaman Yuzu berbeda dengan tanaman citrus lainnya. Hal ini dikarenakan tanaman buah Yuzu memiliki duri tajam yang membuatnya sulit untuk dipanen. Maka dari itu, buah Yuzu dihargai cukup mahal. 

Asal Buah Yuzu 

Dilansir laman Health Magazine, banyak orang memercayai bahwa buah Yuzu berasal dari Provinsi Hubei, Cina, sepanjang Sungai Yangtze.

Namun, ada juga yang berpendapat bahwa buah ini berasal dari Korea. Buah ini kemudian dibawa ke Cina, dan mulai dikenal di Jepang sekitar 1000 tahun yang lalu. 

Cara Konsumsi Buah Yuzu

Ilustrasi buah Yuzu khas Jepang. (Special)

 

Buah Yuzu atau juga dikenal dengan sebutan yuja di Korea ini cukup populer digunakan sebagai tambahan rasa masam dalam masakan Asia Timur.

Buah ini biasanya diambil bagian sari jusnya dan kulitnya sebelum ditambahkan dalam makanan. Buah Yuzu cocok digunakan untuk campuran saus atau sebagai komponen dalam cocktail

Orang Jepang kerap menggunakan Yuzu dalam masakan, salah satunya untuk membuat saus ponzu. Perasan buah Yuzu bisa digunakan sebagai salad dressing.

Buah Yuzu juga dapat digunakan untuk marinasi daging. Bahkan, kulit buah Yuzu  bisa ditambahkan dalam makanan panggang, hingga digunakan sebagai garnish. 

Tak cukup sampai di situ, buah Yuzu juga bisa dikonsumsi dalam bentuk dessert atau makanan penutup, seperti es krim, pai, tart, dan kulitnya juga bisa digunakan sebagai garnish.  

Manfaat Buah Yuzu 

YUZU TEA. (Instagram.com/yuzutea.id)

Di balik kegunaannya bervariasi dan harganya yang tinggi, buah Yuzu juga punya segudang manfaat. Menurut penelitian, buah Yuzu mengandung flavonoid, anthocyanin, phenolic acid, dan carotenoid antioxidants, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Buah ini pun kaya akan vitamin, mineral, dan serat. 

Selain itu, kulit, biji, dan sari buah Yuzu mengandung anti-inflammatory, antikanker, dan antimikroba, yang mencegah penyumbatan darah. 

Bukan hanya baik dikonsumsi, menurut penelitian yang diterbitkan BioPsychoSocial, aroma buah Yuzu pun memiliki efek menenangkan yang mampu mengurangi emosi negatif dan stres. Namun, perlu diketahui bahwa minyak essensial sebaiknya tidak digunakan tanpa pengawasan dari ahli.  

Nah, untuk mendapatkan kenikmatan dan manfaat buah Yuzu, kamu bisa mengonsumsi YUZU TEA. Minuman ini dibuat dari bahan baku buah Yuzu, yang dikenal kaya akan vitamin C, sehingga melengkapi kebutuhan harian tubuh.