Kenali Ciri-ciri Kulit Wajah Menipis dan Penyebabnya!

Minggu, 21 Agustus 2022 | 00:01:00

Kenali Ciri-Ciri Kulit Wajah Menipis Dan Penyebabnya!

Ilustrasi kulit wajah menipis. (Special)

Ladiestory.id - Kulit wajah tipis disebabkan oleh epidermis yang semakin menipis. Biasanya kulit yang tipis akan terlihat pembuluh darahnya dengan jelas karena lebih transparan.

Seseorang yang memiliki kulit tipis biasanya akan lebih sensitif atau rentan terhadap berbagai masalah kulit. Kulit wajah juga akan menjadi merah, apalagi jika terkena paparan sinar matahari. Berikut beberapa penyebab kulit wajah menipis yang perlu kamu ketahui. 

Faktor Umur

Ilustrasi penuaan dini. (Special)

Penyebab yang paling umum terjadi adalah penuaan. Efek ini dikarenakan seiring bertambahnya umur, maka kulit pun akan semakin menipis. Selain itu, kulit akan kehilangan elastisitasnya akibat lapisan permukaan yang semakin terus menipis. Kulit yang menipis tersebut akan membuatnya lebih sensitif.

Penuaan pada kulit wajah juga menyebabkan kerutan dan dipenuhi flek hitam. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan skinvestment atau upaya untuk investasi kulit ke dalam rutinitas perawatan.

Kulit wajah yang rutin dilakukan skinvestment akan membuatnya lebih kenyal, lembap dan tidak menipis. Selain itu, kamu juga akan terhindar dari berbagai masalah kulit.

Penggunaan Skincare dengan Kandungan Merkuri

Ilustrasi efek penggunaan bahan merkuri pada wajah. (Special)

Merkuri sudah dikenal sejak lama sebagai bahan yang tidak baik untuk digunakan pada kulit wajah. Hingga saat ini, banyak skincare murah yang dijual memiliki kandungan merkuri. Tentu mereka menjual dengan daya tarik untuk menjadikan kulit wajah putih dan glowing secara instan.

Namun, efek yang ditimbulkan seiring dengan waktu penggunaan adalah kulit wajah semakin menipis. Merkuri mengandung senyawa klorida yang menyebabkan pengelupasan di lapisan kulit. Biasanya, efek penggunaan merkuri berupa sensasi panas dan terasa seperti terbakar.

Selain kulit yang menipis, efek lain penggunaan bahan merkuri, seperti rentan mengalami masalah kulit, sistem saraf hingga kesehatan organ lainnya dalam tubuh. Biasanya skincare yang mengandung merkuri tidak terdaftar BPOM dan cenderung terasa kasar.

Kebiasaan Merokok

Ilustrasi kebiasaan merokok. (Special)

Nikotin pada rokok akan menyebabkan pembuluh darah menyempit dan merusak aliran darah ke kulit. Hal ini menyebabkan kulit cenderung kering, pucat dan penuaan. Selain itu, merokok juga dapat mengurangi produksi sel darah merah pada tubuh.

Kurang Asupan Buah dan Sayuran

Ilustrasi kulit kering. (Special)

Orang yang tidak suka mengonsumsi buah dan sayuran akan menyebabkan kulitnya terlihat kering dan tidak fresh. Padahal, asupan yang terkandung pada sayuran dan buah sangat baik untuk tubuh.

Seperti pada kulit wajah yang menipis, ini juga dapat disebabkan karena tubuh kekurangan asupan dari buah dan sayuran. Sehingga jika kamu ingin menghindari kondisi demikian, cukupi asupan buah dan sayur sehari-hari. 

Paparan Sinar UV

Ilustrasi perempuan terpapar sinar matahari. (Special)

Kulit menipis juga dapat terjadi jika terus terkena sinar UV yang dikenal membahayakan kulit. Untuk mengatasinya, kamu wajib untuk menggunakan sunscreen saat ingin keluar rumah agar terhindar dari paparan sinar yang jahat.