Kenali Pengertian dan Penyebab Terjadinya Adult Acne

Senin, 14 November 2022 | 00:01:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Kenali Pengertian Dan Penyebab Terjadinya Adult Acne

Ilustrasi jerawat. (Special)

Ladiestory.id - Cuaca yang sering berubah-ubah dan tidak menentu biasanya banyak menimbulkan penyakit. Tidak hanya bermasalah bagi tubuh saja, cuaca dan kotornya lingkungan juga bisa memengaruhi kesehatan kulit, terutama kulit wajah sebagai kulit yang paling sensitif.

Biasanya, jika kotoran dan kuman menumpuk di kulit wajah, pasti menimbulkan berbagai masalah kulit. Bisa jadi bruntusan, jerawat, milia, hingga munculnya bintik-bintik merah. 

Selagi membahas masalah kulit wajah, pasti jerawat masih menjadi yang paling sering di dengar. Bahkan, jerawat tidak hanya muncul saat kulit wajah bermasalah, akan tetapi bisa muncul karena faktor usia. 

Salah satu jerawat yang akan muncul saat dewasa, yakni umur di atas 20 tahun disebut dengan adult acne. Lalu, apa itu adult acne? Apa kaitannya dengan jerawat? Berikut Ladiestory.id rangkum beberapa hal yang perlu diketahui seputar adult acne.

Apa Itu Adult Acne?  

Ilustrasi Jerawat (Special)

Adult acne adalah jerawat yang mulai muncul setelah usia 25 tahun dan dapat bertahan terus hingga usia lanjut. Akan tetapi, ada beberapa kasus di mana jerawat tersebut pertama kali muncul di usia tertentu dan bisa sembuh dengan cepat. Tak jarang juga bila jerawat tersebut muncul dari masa remaja. 

Tetapi, hal yang paling memungkinkan untuk mengalami jerawat, yakni pada usia 30-an atau 40-an, meskipun saat remaja kamu tidak pernah mengalami jerawatan. Kamu tetap akan mengalami jerawatan di usia-usia tersebut, semua bergantung pada sistem hormon yang ada dalam tubuh diri sendiri.

Faktor Penyebab Munculnya Acne dan Adult Acne

Ilustrasi pengaplikasian obat jerawat (Special)

Sebelum membahas adult acne, berikut pembahasan mengenai faktor penyebab munculnya acne atau jerawat. Nah faktor penyebabnya terdiri dari 4, sebagai berikut.

Sebum

Ilustrasi perempuan memiliki jerawat di wajah. (Special)

Faktor yang pertama adalah sebum. Sebum merupakan suatu zat berminyak yang dikeluarkan oleh kelenjar minyak pada kulit sel manusia. Apabila sel yang memproduksi minyak pada kulit berkerja terlalu berlebihan, maka itu akan menyebabkan timbulnya acne atau jerawat pada wajah. 

Keratinisasi

Ilustrasi jerawat. (Special)

Faktor penyebab selanjutnya adalah keratinisasi. Keratinisasi ialah sebuah proses regenerasi kulit. Biasanya, proses tersebut berlangsung selama 21 hingga 28 hari (sekitar sebulan). Nah, apabila saat proses regenerasi kulit ini ada pori-pori yang tersumbat, maka itu bisa menyebabkan timbulnya acne atau jerawat di wajah.

P. Acne

Ilustrasi jerawat. (Special)

Memang tak bisa dipungkiri, bahwa timbulnya jerawat bisa saja terjadi akibat bakteri dan kuman. Ternyata, dengan adanya bakteri P. Acnes, maka akan timbul jerawat pada wajah. Bakteri ini biasanya muncul  ketika lubang kecil pada permukaan kulit, yakni pori-pori tersumbat. Jadi sangat penting untuk kamu membersihkan wajah secara rutin.

Peradangan

Ilustrasi jerawat. (Special)

Faktor penyebab munculnya jerawat adalah peradangan. Biasanya, peradangan terjadi dengan ditandai munculnya benjolan kecil berisi nanah di atas kulit wajah. 

Nah itu dia 4 faktor yang langsung berkontribusi pada pembentukan jerawat termasuk adult acne. Faktanya, baik itu jerawat remaja atau adult acne memiliki kesamaan bentuk.  

Namun, adult acne bisa muncul jika ada faktor penyebabnya, yakni penggunaan makeup secara berkala, mengalami stres yang parah, melakukan diet tinggi gula (Glikemik Index), fluktuasi hormonal atau perubahan kadar hormon dalam tubuh, riwayat keluarga, pemakaian produk perawatan kulit dan rambut, hingga efek samping obat.

Nah itu dia beberapa hal seputar adult acne. Ternyata, terdapat beberapa persamaan penyebab dari timbulnya acne dan adult acne. Terlebih, beberapa penyebabnya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, mulai sekarang coba hindari beberapa hal yang telah disebutkan tadi ya, Ladies! Pola makan dan pola hidup sehat juga diatur agar tubuh bisa terhindar dari segala penyakit.