Biar Tak Jadi Wacana, Hindari 5 Kesalahan Susun Rencana Resolusi Tahun Baru

Minggu, 18 Desember 2022 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Biar Tak Jadi Wacana, Hindari 5 Kesalahan Susun Rencana Resolusi Tahun Baru

Ilustrasi menyiapkan resolusi tahun baru. (Special)

Ladiestory.id - Menjelang akhir tahun, biasanya banyak orang yang mulai bersiap-siap mengatur rencana hingga membuat resolusi untuk menyambut tahun baru. Hal ini agar kehidupan pada tahun depan lebih baik.

Namun, resolusi ini terkadang tidak sesuai dengan ekspektasi yang telah direncanakan. Bahkan, banyak orang yang gagal menjalaninya atau hanya sekadar menjadi sebuah wacana belaka. Nah, supaya resolusi tahun barumu tetap bisa di realisasikan, berikut beberapa hal yang harus kamu hindari.

Tidak Buat Daftar Resolusi

Ilustrasi menyiapkan resolusi tahun baru. (Special)

Salah satu hal yang mungkin dianggap sepele namun sebenarnya dapat berpengaruh pada perubahan dirimu dalam menyambut tahun yang baru ialah tidak membuat daftar resolusi. Kamu tentunya memiliki banyak goals yang ingin kamu capai selama satu tahun itu. Namun, impian itu hanya ada di pikiranmu tanpa kamu tuliskan dalam daftar resolusi apa saja yang harus kamu lakukan satu per satu.

Mulailah membuat daftar perencanaan sederhana yang bisa kamu praktikkan setiap harinya, kemudian evaluasi tahun lalu apa yang harus diubah dalam mencapai resolusi tahun depan. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mencapai resolusi-resolusimu.

Buat Tujuan yang Tidak Realistis

Ilustrasi menyiapkan resolusi tahun baru. (Special)

Menyambut tahun baru, tentu akan membuat seseorang lebih bersemangat menggebu-gebu. Maka tak heran jika seseorang lebih antusias untuk menyusun rencana dan menjadi versi terbaru bagi dirinya sendiri. Akan tetapi, cobalah untuk menyusun rencana dan tujuan yang realistis, supaya kamu mampu menjalani resolusimu dengan baik.

Jika resolusi yang kamu inginkan tidak sesuai dengan kapasitasmu, bisa dipastikan jika rencanamu pun akan sia-sia. Maka dari itu, lakukan mulai dari hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengubah kebiasaan hidup.

Terlalu Banyak Target

Ilustrasi menyiapkan resolusi tahun baru. (Special)

Terlalu memiliki banyak target maupun keinginan untuk mencapai resolusi tahun baru juga merupakan salah satu kesalahan yang bisa saja menjadi sebuah wacana. Memiliki banyak impian dan keinginan memang bagus. Namun, jangan sampai hal ini hanya menjadi angan-angan belaka.

Hal yang perlu kamu ketahui ialah terlalu banyak target dalam mengelola rencana resolusimu akan membuat dirimu menjadi  tidak fokus. Apalagi, bagi kamu yang sulit untuk mengatur waktu dan rutinitas. Sebaiknya, kamu bisa merencanakan resolusi penting apa saja yang sangat ingin kamu capai pada tahun yang baru.

Tidak Memiliki Strategi dan Niat yang Kuat

Ilustrasi menyiapkan resolusi tahun baru. (Special)

Selain memiliki daftar resolusi, salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan untuk mencapai resolusi adalah dengan memiliki strategi dan niat yang kuat. Pastikan dalam membuat resolusi, kamu pun memiliki niat dan komitmen yang matang untuk mencapai goals-mu.

Selain itu, jika niat baik sudah cukup ada dalam dirimu, maka selanjutnya kamu mulai mengatur strategi untuk bisa mewujudkannya. Namun, jika keduanya tidak kamu miliki, maka resolusi tahun baru bisa hanya menjadi sebuah wacana.

Kurangnya Dukungan dan Takut Gagal

Ilustrasi perempuan khawatir. (Special)

Kegagalan merupakan salah satu hal yag wajar ketika ingin mencapai suatu tujuan. Nah, agar tujuan resolusimu dapat tercapai dengan mudah, hal yang harus kamu lakukan adalah tidak takut gagal.

Pasalnya, ketika kamu membuat resolusi tapi merasa kurang dukungan dan takut gagal sebelum mencobanya, maka kamu tidak akan bisa merefleksi diri untuk mencapai resolusimu. Untuk itu, cobalah memberi tahu sahabat maupun orang terdekat perihal daftar resolusi yang ingin kamu capai pada tahun depan. Dengan begitu, mereka akan memberi dukungan atau motivasi, sehingga kamu lebih bersemangat untuk mencapai tujuanmu.