1. Entertainment
  2. Kesusahan Saat Pandemi, Marthino Lio Jadi Sadar Pentingnya Menabung
Entertainment

Kesusahan Saat Pandemi, Marthino Lio Jadi Sadar Pentingnya Menabung

Kesusahan Saat Pandemi, Marthino Lio Jadi Sadar Pentingnya Menabung

Marthino Lio. (Ladiestory.id / Aldeta Prasasti)

Ladiestory.id - Pandemi COVID-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 hingga 2022 lalu memang menjadi fenomena yang sangat merugikan banyak orang.

Tidak hanya kalangan masyarakat biasa, para artis Tanah Air juga ikut merasakan dampak dari pandemi COVID-19.

Salah satu artis Indonesia yang ikut merasakann dampak dari pandemi adalah Marthino Lio. Saat ditemui oleh awak media, ia menceritakan kisah singkatnya saat pandemi COVID-19 lalu.

Pria pemilik nama lengkap Rafael Guiliano Marthino Lio ini pernah berada di titik kondisi finansial yang cukup buruk.

“Bingung, kerja gak bisa, pemasukan gak ada, mau gak mau segala cicilan, blablabla, tiap hari ditelepon sama orang dealer, atau apa, itu kan stres full ya. Ini pengalaman pribadi,” kata Marthino Lio usai jalani konferensi pers film ‘Detektif Jaga Jarak’ di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (26/5/2023).

Meski demikian, ia merasa bersyukur sebab bisa keluar dari kesulitan finansial saat pandemi kemarin. Salah satu cara bersyukur yang dilakukan oleh Lio yakni dengan menertawakan masa-masa susah itu.

“Aku lebih fokus ke situasinya. Sekarang, waktunya yang tepat untuk menertawakan waktu kita susah di pandemi,” ungkap Marthino Lio.

“Terus abis itu perlahan-lahan mulai buka lagi jalan kita untuk kerja, mulai buka lagi ruang kita untuk gerak. Terus yang dulunya mikir we will never survive, terus kita liat akhirnya survive,” sambungnya.

Di sisi lain, saat ditanya bagaimana cara dirinya bisa bertahan di kala kesulitan finansial saat pandemi, Lio sendiri mengaku tidak tahu pasti. Namun, hal terpenting baginya yakni finansialnya bisa kembali pulih seperti sekarang.

“Bertahannya ya itu, gua juga sampe sekarang gak tahu gimana caranya. Tapi, ya bisa,” terangnya.

Pernah berada di titik susah keuangan di saat pandemi yang melanda Tanah Air selama kurang lebih dua tahun lamanya, kini Marthino Lio bisa mengambil pelajaran dari sana. Ia mengaku, jika menabung adalah sesuatu hal yang penting untuk dilakukan.

“Pusing banget, kusut, ya gitulah. Jadi sadar nabung tuh penting ya,” tandas Marthino Lio.

Topics :
Artikel terlalu panjang? klik untuk rangkuman :
Bagikan Artikel