Ketahui 5 Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami, Yuk Cobain!

Minggu, 3 Desember 2023 | 00:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Ketahui 5 Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Bahan Alami, Yuk Cobain!

Ilustrasi Kulit Kering. (iStock)

Ladiestory.id - Ada banyak penyebab yang menjadikan kulit semakin kering. Namun, tahukah kamu ternyata ada cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami? Jika kamu belum mengetahuinya, maka pembahasan kali ini wajib kamu simak sampai akhir. 

Ketika suhu terasa sangat dingin di pagi hari, kamu mungkin sering memilih mandi menggunakan air hangat. Bahkan, tanpa sadar kamu menggosok kulit terlalu keras saat mengeringkan tubuh menggunakan handuk. Hal ini pun akan semakin lebih sering terjadi ketika memasuki musim penghujan. 

Siapa sangka, kebiasan kecil tersebut ternyata bisa menjadi salah satu pemicu kulit menjadi lebih mudah kering lho. Sayangnya, hal ini tak banyak diperhatikan. 

Belum lagi, seiring bertambahnya usia kulit menjadi lebih mudah kering. Bagi sebagian daerah yang masih mengalami cuaca panas tentunya hal ini sangat sering terasa kan? Nah, dibandingkan kamu menggunakan beragam produk yang belum tentu kandungnya cocok. 

Kamu bisa menjadikan bahan alami berikut sebagai pilihan yang tepat. Lalu, kira-kira apa aja ya bahan alami yang bisa digunakan? 

1. Gunakan Minyak Zaitun

Ilustrasi Minyak Zaitun. (iStock)

 

Kamu mungkin sudah tak asing dengan nama minyak zaitun, bukan? Namun, sudahkan kau menggunakan produk ini dengan rutin? Kini sudah banyak lotion maupun produk minyak zaitun kemasan praktis yang bisa kamu gunakan dengan mudah. Nah, produ semacam ini bisa lho memabnmu untu megaasi kuit yang kering. 

Adapun produk yang disarankan tentunya memiliki kandungan pure olive oil. Sebab, didalamnya telah tersimpan beragam nutrisi seperti antioksidan, vitamin e hingga squalene yang baik bagi kulit. 

Namun, jika kamu ingin menggunakannya di wajah. Kamu perlu diperhatikan takarannya. Sebab, dapat menimbulkan resiko jerawat maupun penyumbatan di pori-pori. Alangkah lebih baiknya, bagi kamu yang berkulit sensitif lakukan pemeriksaan terlebih dahulu ke dokter spesialis ya. 

2.Buat Masker Alpukat 

Ilustrasi Masker Alpukat. (iStock)

 

Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami berikutnya adalah membuat masker alpukat. Kamu mungkin kerap mengkonsumsinya secara langsung sebagai buah yang menyehatkan maupun santapan ketika diet.

Namun, siapa sangka kandungan antioksidan dan probiotik di dalamnya juga mampu mengatasi masalah kulit yang kering khususnya di area wajah. Adapun cara buat masker ini sangat mudah dan bisa kamu praktekan sendiri. 

Cukup carkan ¼ buah alpukat segar yang sudah dihaluskan dengan 1 sdm madu dan 2 sdm yoghurt plain. Lalu, aduk keduanya hingga tercampur sempurna menjadi pasta yang lembut. Selanjutnya, oleskan pada area wajah yang sudah dibersihkan dan dihindari mata, mulut, dan lubang hidung. 

Biarkan kandungan meresap selama 10 menit dan akhiri dengan membilasnya menggunakan air. Kamu bisa menggunakannya secara rutin setiap 2 hari sekali. Namun, tidak diwarnai  bagi pemilik kulit sensitif maupun kamu yang alergi asam laktat ya. 

3. Aplikasikan Lulur Oatmeal

Ilustrasi Oatmeal. (iStock)

 

Jika kamu juga memiliki masalah eksim, maka cara ini wajib kamu coba. Cukup menafsirkan lulur oatmeal pada kulit bisa membantu mengatasi kulit kerings ekaligus meenankan masalah eksim mu. 

Diekatahui, kandungan di dalam oatmeal mampu bekerja dalam menjaga kelembapan kulit serta mencegah masalah peradangan, dermatitis atopik maupun eksim. Cara pakainya pun sangat mudah.

Kamu cukup mencampurkan 5-7 sendok oatmeal dengan 2 sendok madu dan air secukupnya. Lalu, aduk hingga membentuk tekstur lulur yang lembut. Berikutnya, kamu bisa mengoleskannya pada kulit setengah kering.

Gunakan seperti lulur pada umumnya dan pijat secara lembut. Terakhir, kamu bisa membilas kulit yang sudah menggunakan lulur dengan air bersuhu normal secara maksimal hingga tidak ada bahan yang tersisa.  

4.Oleskan Masker Susu

Ilustrasi Susu. (iStock)

 

Cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami yang tak boleh ketinggalan adalah menggunakan masker susu. Ketika memiliki kulit kering, tentu kamu rentan mengalami iritasi atau rasa perih dan nyeri bukan?

Nah, kandungan susu yang kaya akan sifat anti inflamasi bisa membantu meredakan. Selain itu, asam laktat di dalamnya juga dapat bekerja sebagai eksflasian alma yang baik. Kamu bisa menggunakan masker susu favoritmu sebagai salah satu solusi terbaik. 

Sebab, beberapa penelitian menemukan bahwa dengan rutin menggunakan masker susu untuk kulit yang kering efektif membantu memberikan efek yang dua kali lebih maksimal. Apalagi, asam laktatnya juga berfungsi membantu pengangkatan sel kulit mati dan menjadikan wajah tampak lebih cerah dan lembap. 

6. Gunakan Aloe Vera Gel

Ilustrasi Lidah Buaya. (iStock)

 

Adapun cara yang terakhir adalah dengan menggunakan aloe vera gel. Kini, telah banyak hadir produk aloe vera atau lidah buaya gel yang praktis untuk kamu gunakan.  Sebagai informasi, gel lidah buaya memiliki kandungan senyawa alami yang mampu bekerja mengurangi iritasi atau kemerahan akibat kulit kering. Selain itu, mampu memberikan efek mendinginkan dan melembabkan kulit yang kering. 

Cukup mengoleskan secukupnya ke area kulit yang kering dengan rutin. Maka, kamu bisa mencegah terjadinya tanda penuaan dini, jerawat maupun bruntusan. Cocok banget untuk kamu jadikan produk andalan untuk menghilangkan kulit kering.  Demikian informasi seputar cara mengatasi kulit kering dengan bahan alami yang bisa kamu coba di rumah. Semoga berhasil! (*)

 

SUMBER BERITA:

https://www.everydayhealth.com/skin-and-beauty/natural-skin-remedies.aspx