Ketahui Cara Memilih Berlian yang Good Quality!

Kamis, 4 April 2024 | 17:32:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ketahui Cara Memilih Berlian Yang Good Quality!

Koleksi MONDIAL. (Instagram.com/mondial)

Daftar isi

Ladiestory.id - Berlian adalah salah satu batu permata yang memiliki harga yang cukup tinggi dan menjadi batu yang cukup populer. Tidak hanya itu, berlian juga tergolong perhiasan yang mewah.

Ada banyak ragam berlian yang ada di muka bumi ini, juga dengan beragam kualitasnya yang berbeda-beda. Mulai dari yang berkualitas rendah, sedang, hingga tinggi.

Tentunya sangat sulit untuk menemukan berlian yang memiliki kualitas tinggi. Namun, hal itu akan sangat mudah jika memiliki pengetahuan tentang 4C, atau empat faktor penting yang dapat menentukan kualitas dan nilai dari suatu berlian.

4C sendiri adalah singkatan dari color (warna), carat (berat carat), clarity (kejernihan), dan cut (potongan). Faktor-faktor inii dikembangkan pertama kali oleh Gemological Institute of America (GIA) pada tahun 1953.

Berikut adalah penjelasan mengenai empat faktor penting yang harus kamu pelajari untuk menemukan berlian berkualitas tinggi.

Colour

Pada faktor color (warna), perlu diketahui bahwa berlian memiliki beberapa tingkatan warna, dari D hingga Z. Menurut GIA, tingkat D adalah warna yang paling jernih pada berlian.

Sebaliknya, tingkat Z adalah warna berlian yang paling mencolok dengan warna kuningg atauu coklat.

Untuk disebut berlian dengann kualitas tinggi, tentu berlian tersebut harus memiliki warna yang cerah dan jernih, atau beradaa pada tingkat D.

Carat

Carat atau ct adalah ukuran berat pada berlian. Seringkali banyak yang salah paham dengan menduga bahwa carat adalah ukuran besar atau kecilnya berlian.

Untuk menentukan bebrlian yang berkualittas tinggi, carat adalah elemen yang perlu dipertimbangkan saat membeli berlian. Namun, penampilan dan kecemerlangan keseluruhan harus lebih penting.

Clarity

Berlian adalah bagian dari alam yang juga memiliki inklusi atau tanda lahir bawaan, yang terbentuk seiring pembentukannya. Dalam faktor clarity atau kejelasan, berlian juga memiliki beberapa tingkatan sama seperti color.

Menurut GIA, berikut adalah nilai tingkatan clarity pada berlian yang di antaranya adalah:

  • FL (Flawless)
  • IF (Internally Flawless)
  • VVS1 (Very Very Slightly Included 1)
  • VVS2 (Very Very Slightly Included 2)
  • VS1 (Very Slightly Included 1)
  • VS2 (Very Slightly Included 2)
  • SI1 (Slightly Included 1)
  • SI2 (Slightly Included 2)
  • I1 (Included 1)
  • I2 (Included 2)

FL atau Flawless adalah tingkah kejernihan yang paling tinggi, yang inklusi atau tanda lahirnya sama sekali tidak terlihat oleh mata telanjang. 

Cut

Berlian yang memiliki kualitas ttinggi haruslah memiliki cut atau potongan yang proporsional. Semakin bagus potongannya, semakin tajam, cerah, dan intens kilauannya. Jadi ini adalah nilai yang penting untuk diprioritaskan.

Bukan tanpa alasan, diamond cut secara khusus mengacu pada kualitas sudut berlian, proporsi, segi simetris, kecemerlangan, fire , kilau, dan detail finishing. Faktor-faktor ini secara langsung memengaruhi kemampuan berlian untuk berkilau, bersama dengan daya tarik estetikanya secara keseluruhan.

Ada beberapa penilaian potongan berlian yang ditetapkan oleh GIA, yang di antaranya adalah Ideal, Excellent, Very Good, Good, Fair dan Poor.

Sebagai brand perhiasan ternama, MONDIAL memiliki perhiasan berlian berkualitas tinggi yang masuk ke dalam branded collection, salah satunya adalah Light of MONDIAL (LOM).

Light of MONDIAL. (Instagram.com/mondial)

Berlian LOM dipilih secara khusus untuk memastikan kualitas cahaya dan kemilau yang luar biasa, menciptakan tampilan yang memikat.

LOM memiliki 49 parameter penilaian yang ketat, dengan purity 100% karbon, dan hanya menggunakan top quality color dan clarity (D color dan Flawless-IF).

Tidak hanya itu, #Mondial juga memiliki perhiasan berlian berbeda, yang disebut dengan MONDIAL Precious. #MONDIALPrecious adalah perpaduan dari berlian dan precious stones.

Koleksi ini terdiri dari kalung berlian istimewa, anting-anting berlian mewah, cincin berlian, juga gelang berlian modern, yang menampilkan perpaduan ruby, blue sapphire, dan berlian.

Kalung MONDIAL Precious Opulence. (Spesial)

Salah satunya adalah kalung berlian istimewa pada MONDIAL Precious Opulence. Kalung ini dihisai 17 butir F VVS diamond, 10 butir ruby dengan round dan princess shapes, juga 13 butir blue sapphires berbentuk round dan princess shapes.

Mengusung konsep #ImDifferent, MONDIAL selalu menghadirkan perhiasan yang exclusive. Dapatkan langsung semua perhiasan yang akan menjadikanmu #YouArePreciousInEveryWay di butik MONDIAL. Selain itu, kamu juga bisa intip koleksi lainnya melalui akun media sosial Instagram @mondial, serta website resmi MONDIAL. [brandtorial]