Ketahui Tentang Sortali Batak yang Dipakai Jessica Mila Saat Resepsi Pernikahan

Senin, 8 Mei 2023 | 14:45:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Ketahui Tentang Sortali Batak Yang Dipakai Jessica Mila Saat Resepsi Pernikahan

Pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. (Special)

Ladiestory.id - Jessica Mila dan Yakup Hasibuan telah menggelar acara resepsi pernikahannya pada Sabtu (6/5/2023) di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Keduanya mengusung adat Batak yang sangat kental dalam pesta pernikahan mereka.

Hal ini terlihat dari dekorasi serta ornamen-ornamen yang terdapat di lokasi acara. Interior lokasi pesta adat pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan juga memberikan kesan bak raja dan ratu di istana.

Pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. (Special)

 

Jessica Mila dan Yakup Hasibuan juga mengenakan kostum dengan adat Batak yang dipadukan dengan konsep modern. Jessica Mila mengenakan kebaya putih brokat rancangan Vera Anggraini serta kain songketnya yang dirancang oleh Merdi Sihombing.

Sementara sang suami, Yakup Hasibuan mengenakan setelan jas bernuansa coklat keemasan rancangan Wong Hang Tailor dan kain songket dari Merdi Sihombing. Tak ketinggalan, keduanya juga mengenakan sortali adat Batak bernuansa merah dan emas di bagian kepalanya. 

Pernikahan Jessica Mila dan Yakup Hasibuan. (Special)

 

Apa itu Sortali?

Melansir berbagai sumber, sortali merupakan ikat kepala bernuansa merah yang dipadukan dengan tembaga berlapis emas. Pada umumnya, para boru ni raja atau perempuan Batak yang menggelar Ulaon Unjuk atau Pesta Adat, pasti mengenakan sortali.

Di zaman dahulu, sortali kerap digunakan dalam acara pernikahan oleh golongan aristokrat di suku Batak sehingga sortali biasa dianggap sebagai simbol kekayaan dan kemakmuran suatu keluarga. 

Apa makna penggunaan Sortali dalam pernikahan?

Sortali dalam pernikahan adat Batak melambangkan tentang kemakmuran dan kebaikan untuk kedua mempelai. Sortali wajib digunakan karena merupakan salah satu tradisi Batak yang sakral pada pernikahan adat Batak, di mana kesucian di dalam pernikahan dan kesatuan pengantin sesuai adat Batak.

Sortali terbuat dari apa?

Sortali terbuat dari tembaga yang disepuh dengan emas dan dibungkus dengan kain berwarna merah. Hal ini yang menyebabkan sortali hanya dimiliki oleh golongan terpandang di dalam masyarakat suku Batak.