5 Kiat Cerdas Jadi Wanita Independen dan Sehat Finansial ala Priyanka Chopra

Senin, 2 Januari 2023 | 00:01:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

5 Kiat Cerdas Jadi Wanita Independen Dan Sehat Finansial Ala Priyanka Chopra

Priyanka Chopra dan Nick Jonas. (Special)

Ladiestory.id - Menjadi wanita cerdas dan independen secara finansial dapat meningkatkan rasa kemandirian, percaya diri, serta kebahagaiaan dalam  hidup. Menjadi wanita yang mandiri secara finansial tentunya dapat membuat hidup menjadi jauh lebih baik tanpa harus bergantung pada pria atau pasangan. 

Membelanjakan apapun yang kamu inginkan menggunakan uang hasil keringat dan jerih payahmu sendiri tentu akan memberikan kepuasan tersendiri dalam hidup. Wanita yang independen dan sehat secara finansial akan membuat value pada diri semakin bertambah. Seperti lima kiat cerdas untuk menjadi wanita independen dan sehat secara finansial ala Priyanka Chopra berikut ini.

Disiplin untuk Menabung

Ilustrasi menabung. (Special)

Bintang Bollywood dan juga pemenang "Miss World 2000" ini menjelaskan jika wanita harus bisa menjadi financial independent. Priyanka Chopra selalu dididik oleh ibunya untuk disiplin menabung sejak kecil. Bahkan, ia selalu diajarkan untuk menjadi wanita mandiri dan menentukan jalan hidupnya sendiri.

Istri dari Nick Jonas ini pun memiliki prinsip untuk menjadi wanita mandiri secara finansial dan harus cerdas dalam mengatur pemasukan serta pengeluaran keuangan tanpa harus bergantung dari pasangannya. Prinsipnya, memiliki anak dan keturunan dari siapapun, bahkan menikah dengan latar belakang suami seperti apapun, wanita harus mandiri secara finansial.

Priyanka Chopra selalu membiasakan dirinya disiplin untuk menabung. Cara sederhananya, setiap kamu mendapatkan gaji bulanan maka biasakan untuk membaginya ke dalam tabungan khusus terlebih dahulu sebelum membelanjakannya ataupun pergi bersenang-senang.

Dengan membagi keuangan setiap bulannya sesuai dengan pendapatan yang kamu miliki, maka hal itu akan membuatmu disiplin dan konsisten dalam menabung setiap bulannya.

Rutin Mencatat Arus Kas

Ilustrasi mencatat keuangan. (Special)

Terlahir dari keluarga yang berada bukan berarti membuat Priyanka memanfaatkan segala fasilitas dan kemudahan yang ada. Ia pun memulai kariernya dari nol dengan berjuang sendiri mengikuti berbagai kompetisi maupun casting tanpa memanfaatkan nama besar keluarganya.

Saat ia mulai berkarier, dirinya selalu membiasakan diri untuk rutin mencatat arus kas keuangannya, mulai dari pemasukan dan pengeluaran rutin harian. Hal itu berguna untuk mengetahui ke mana uang yang masuk dan keluar, agar jumlah dan perhitungannya tidak meleset. Hal ini pun bisa menjadi bahan untuk evaluasi dalam mengatur keuanganmu.

Konsisten Mendapatkan Pemasukan

Ilustrasi menabung. (Special)

Dengan konsisten berkarier dan mencintai pekerjaanmu sendiri akan membuatmu merasa lebih bersyukur. Menambah skill dan ketekunan dalam bekerja, tentu akan membuatmu menambah pemasukan yang sesuai dengan kerja kerasmu. Selain itu, kamu bisa bekerja sampingan untuk menambahkan income-mu sendiri dan akan menambah arus kas keuanganmu.

Buat Uangmu Bekerja

Ilustrasi menabung. (Special)

Memilih berkarier atau mengurus rumah tangga, seorang wanita harus mampu menjadi mandiri secara finansial. Oleh karena itu seorang wanita harus cerdas dalam mengatur keuangan hingga jangka panjang. Salah satunya dengan melakukan investasi.

Dengan berinvestasi, kamu akan membuat uangmu bekerja. Kamu pun dapat tetap fokus untuk berkarier ataupun mengurus rumah tangga. Dengan adanya keuangan yang sehat, maka arus kas keluarga pun dapat tetap positif dan stabil. Bahkan, kamu pun bisa meraih kebebasan finansial.

Membangun Bisnis

Ilustrasi bisnis. (Special)

Selain aktif dalam dunia entertaiment serta aktif berperan sebagai seorang aktivis sosial khususnya dalam menyuarakan hak-hak perempuan, Priyanka Chopra juga aktif mengembangkan bisnis pribadinya agar finansialnya dapat terus berkembang. Kamu pun bisa meniru apa yang Priyanka lakukan dengan membuat bisnis kecil-kecilan untuk menambah pemasukanmu.

Tak perlu membangun bisnis yang besar sebagai awal permulaan. Kamu bisa mencoba bisnis rumahan yang mudah dengan modal minim yang bisa kamu lakukan.