Kisah Mengharukan Idol Kpop IU yang Akan Menyentuh Hatimu

Selasa, 22 Juni 2021 | 17:53:04

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Kisah Mengharukan Idol Kpop Iu Yang Akan Menyentuh Hatimu

Foto: Instagram/leejieunstyle

Lee Ji Eun atau yang lebih dikenal dengan nama IU lahir pada tanggal 16 Mei 1993. Tahun ini, IU memasuki usia 28 tahun atau 29 tahun menurut perhitungan Korea.

IU merupakan bintang papan atas Negeri Ginseng tersebut. Ia sukses dengan lagu-lagu hits seperti Marshmallow dan Boo. Kariernya juga semakin menanjak setelah sukses membintangi drama berjudul The Producers, Persona, dan yang paling terkenal adalah Hotel del Luna.

Tidak hanya itu, IU juga pernah menjadi brand ambassador dari soju terkenal merek Jinro Chamisul, GUESS, Samsung, serta provider telepon SK Telecom.

Dikutip South China Morning Post (SCMP), Rabu (24/3/2021), kekayaan IU sampai pertengahan 2020 tercatat mencapai US$ 28 juta atau setara Rp 404 miliar (kurs Rp 14.441).

Tetapi, kesuksesannya itu tak diraihnya semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan, IU bukanlah orang yang lahir dari keluarga kaya. Mengutip dari Koreaboo, IU berasal dari keluarga miskin.

Ia pernah tinggal di sebuah kamar kecil dengan banyak kecoa bersama nenek dan adiknya, hingga pada akhirnya mereka pindah ke rumah milik salah satu kerabatnya.

Perjuangannya pun tak sampai di situ. Selama Ia tinggal dengan keluarga lain, IU pernah mengalami tindakan bully secara verbal. Hal itu disebabkan karena kerabatnya adalah pemabuk, dan kerap kali memberikan umpatan dan sumpah serapah kepada dirinya, nenek, dan juga adiknya.

Beranjak dewasa, IU bertekad mengejar cita-citanya sebagai artis. Ia memang mempunyai bakat sedari kecil, bahkan sudah sampai tahap menulis lagu. IU bekerja sebagai trainee di salah satu manajemen. Tapi, usahanya tak membuahkan hasil bagus di awal. Pasalnya, saat mencari audisi, ia pernah menjadi korban penipuan.

IU pernah ditipu oleh sebuah agensi yang menjanjikan dirinya muncul di program televisi jika mentransfer uang dalam jumlah yang cukup besar. Harapannya musnah begitu tahu dirinya telah ditipu. Padahal, uang yang ia transfer tersebut adalah milik neneknya yang dikumpulkan dari hasil berjualan aksesoris.

Tetapi IU tak pantang menyerah. Dengan jerih payahnya selama 10 bulan, ia berhasil debut di tahun 2008 di bawah naungan Kakao M alias Fave Entertainment.

Di tahun 2018, IU membeli gedung senilai US$ 3,9 juta atau setara Rp 56 miliar di Gwacheon, dan rumah tingkat dua senilai US$ 2,5 juta atau setara Rp 36 miliar di Yangpyeong. Perempuan berusia 27 tahun itu juga membeli tanah di lokasi yang sama seharga US$ 650 ribu atau setara Rp 9,4 miliar. Menurut agensinya, IU membeli rumah di Yangpyeong untuk bersantai bersama keluarganya di akhir pekan.

IU tumbuh menjadi artis kaya yang juga dermawan. Pada peringatan Hari Anak tahun 2020 lalu, ia berdonasi sebesar US$ 90 ribu atau setara Rp 1,29 miliar untuk anak-anak dari keluarga berpenghasilan rendah, atau yang dibesarkan oleh kakek-nenek mereka melalui Green Umbrella Children's Foundation.

IU juga rutin memberikan donasi kepada organisasi nirlaba global sejak 2015. Dia memberikan dana bantuan kepada 5 orang mahasiswa sejak tahun 2013 hingga 2018 karena tak mampu membayar biaya kuliahnya. Uang yang ia sumbangkan mencapai lebih dari US$ 17 ribu atau lebih dari Rp 245 juta.

Ia ikut menyumbangkan dana sebesar US$ 8.150 atau setara Rp 117 juta kepada keluarga berpenghasilan rendah yang terdampak pandemi COVID-19. Ia juga menyumbangkan US$ 16.800 atau setara Rp 242 juta untuk fasilitas kesejahteraan di Yangpyeong.