Kisruh Tinggi Badan Pemenang Miss Universe Indonesia, Poppy Capella Beri Penjelasan

Rabu, 9 Agustus 2023 | 10:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Kisruh Tinggi Badan Pemenang Miss Universe Indonesia, Poppy Capella Beri Penjelasan

Miss Universe Indonesia 2023. (Instagram/missuniverse_id)

Ladiestory.id - Gelaran kontes kecantikan Miss Universe Indonesia yang baru saja digelar menuai banyak sekali kritikan dari publik. Pasalnya, pemenang ajang tersebut, Fabienne Nicole Groeneveld disebut tak memenuhi kriteria pemenang pada poin soal tinggi badan.

Miss Universe Indonesia 2023. (Instagram/fabienne_fng)

 

Hal ini terungkap dari unggahan Instagram Story Sally Giovanny selaku National Director Miss Universe Indonesia Bali yang membagikan poster persyaratan untuk finalis Miss Universe Indonesia. Ia melingkari poin yang menyebut soal tinggi badan minimal yakni 168 cm.

Klarifikasi Miss Universe Indonesia Soal Minimum Tinggi Badan. (Instagram/missuniverse_id)

 

Menanggapi hal tersebut, Poppy Capella selaku Direktur Miss Universe Indonesia pun memberikan sebuah klarifikasi lewat surat terbuka yang diunggah di laman media sosial Instagram Miss Universe.

“Kepada yang berkepentingan, Selaku Direktur Nasional Miss Universe Indonesia, ingin menyampaikan perubahan yang signifikan dalam pedoman kompetisi tahun ini karena Direktur provinsi kami yang telah melakukan kompetisi mereka pada tahap awal, memilih beberapa pemenang yang tidak memenuhi persyaratan tinggi minimum sebelumnya,” isi surat tersebut, dikutip pada Selasa (8/8/2023). 

Klarifikasi Miss Universe Indonesia Soal Minimum Tinggi Badan. (Instagram/missuniverse_id)

 

Poppy Capella mengungkapkan bahwa akan menjadi tidak adil apabila mendiskualifikasi pemenang berdasarkan kriteria yang pernah dibagikan tersebut. Ia pun memilih untuk meniadakan persyaratan soal tinggi badan minimum tersebut.

“Acara-acara ini diselenggarakan dengan itikad baik, dan tidak adil untuk mendiskualifikasi pemenangnya berdasarkan kriteria yang dapat dianggap tidak penting. Untuk menjunjung tinggi integritas kompetisi lokal kita dan untuk mengakomodir semua pemenang dari tingkat provinsi, saya telah memutuskan untuk meniadakan persyaratan tinggi badan minimum,” jelas Poppy Capella.

“Perubahan ini bukan semata-mata sebagai tanggapan atas hasil dari kegiatan tingkat provinsi tahap awal, tetapi juga merupakan cerminan dari komitmen kami terhadap inklusivitas baik di tingkat provinsi maupun nasional.  Oleh karena itu, kami merevisi pedoman kami untuk menghilangkan persyaratan tinggi badan minimum di semua tahapan kompetisi kami,” pungkasnya.