Koleksi Bertajuk “Baur” Resmi Diluncurkan Jenama Sejauh Mata Memandang di JFW 2023

Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Koleksi Bertajuk “Baur” Resmi Diluncurkan Jenama Sejauh Mata Memandang Di Jfw 2023

Koleksi Baur, Sejauh Mata Memandang di JFW 2023. (Spesial)

Ladiestory.id - Sejauh Mata Memandang (SMM), sebuah jenama tekstil yang mengusung konsep slow fashion dan skema bisnis sirkularitas, kembali meluncurkan koleksi terbarunya yang bertajuk “Baur”. Koleksi ini diluncurkan di ajang pekan mode terbesar di Indonesia, Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, yang digelar di Pondok Indah Mall 3, Jakarta Selatan pada Selasa (25/10/2022).

Koleksi “Baur” adalah penanda delapan tahun usia dan perjalanan Sejauh Mata Memandang. Koleksi ini juga menjadi upaya Sejauh untuk memberi napas baru bagi berbagai bahan tekstil yang sudah tidak terpakai.

Berbagai bahan tidak terpakai tersebut antara lain seperti, kain perca sisa produksi Sejauh, kain stok mati (deadstock), kain sisa dari berbagai pameran Sejauh sebelumnya, serta kain hasil daur ulang dari pakaian tidak layak pakai (limbah tekstil pasca produksi). Bahan tidak terpakai tersebut kemudian diolah, digabungkan dengan benang baru, dan dipadupadankan dengan kain baru, sehingga kembali menjadi pakaian baru.

Koleksi Baur, Sejauh Mata Memandang di JFW 2023. (Spesial)

Dalam koleksi ini, Sejauh Mata Memandang bekerja sama dengan Ecotouch, serta didukung para Sahabat Sejauh, yang mengirimkan pakaian tidak layak pakai milik mereka. Bahan-bahan tersebut kemudian didaur ulang melalui berbagai tahapan proses, mulai dari pemilahan bahan, pencopotan kancing dan resleting, pemotongan, hingga pencacahan, sampai akhirnya kembali menjadi benang.

Koleksi Baur, Sejauh Mata Memandang di JFW 2023. (Spesial)

Benang hasil daur ulang tersebut kemudian dipadukan dengan benang katun baru sebagai penguat dan ditenun kembali menjadi kain. Proses produksi “Baur” dilakukan di beberapa kota, seperti di Jakarta dan Bandung, untuk proses daur ulang, serta di Pekalongan untuk proses penenunan kain. Semua proses produksi dikerjakan dengan menggunakan teknologi yang bertanggung jawab, serta melibatkan berbagai komunitas sebagai upaya pemberdayaan masyarakat.

Koleksi Baur, Sejauh Mata Memandang di JFW 2023. (Spesial)

Terdapat 24 look dari koleksi “Baur” yang ditampilkan pada gelaran ini. Look tersebut terdiri dari berbagai atasan, kebaya, hingga kain yang bernuansa warna putih dan keabuan dengan detail motif khas Sejauh. Dalam gelaran ini, Sejauh Mata Memandang juga melibatkan Titi Radjo Padmaja dalam pembuatan musik yang diputar pada presentasi koleksi “Baur”.

Koleksi Baur, Sejauh Mata Memandang di JFW 2023. (Spesial)

Chitra Subyakto, Pendiri dan Direktur Kreatif Sejauh Mata Memandang menyampaikan jika ia percaya setiap individu punya kontribusi dan peran penting dalam menjaga lingkungan dan mencegah kerusakan alam. Sebagai jenama yang bergerak di bidang tekstil, Sejauh Mata Memandang berperan aktif dan berkontribusi pada kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk menjaga bumi.

“Melalui koleksi ‘Baur’, kami memperpanjang siklus hidup pakaian dan limbah tekstil pasca produksi sehingga tidak menjadi sampah abadi. Kami menyadari bahwa kenyataannya tidak ada produk yang bisa seutuhnya lestari, namun kami terus berupaya untuk lebih bertanggung jawab dalam setiap keputusan yang kami lakukan dalam berkarya,” ujar Chitra.