Komedian Sule Ikut Terseret dalam Kasus Dugaan Penistaan Agama

Kamis, 24 November 2022 | 10:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Komedian Sule Ikut Terseret Dalam Kasus Dugaan Penistaan Agama

Sule. (Instagram.com/ferdinan_sule)

Ladiestory.id - Beberapa waktu kebelakang, komedian Sule diketahui tengah menyita perhatian publik lantaran tengah namanya ikut terseret dalam kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh rekannya, Budi Dalton dan Mang Saswi. 

Menurut informasi yang beredar, kasus ini bermula dari tersebarnya sebuah video yang menampilkan Sule dan kedua rekannya yang tengah melawak. Permasalahan terjadi kala Budi Dalton mengatakan bahwa minuman keras atau minuman beralkohol sebagai “Minuman Rasulullah”.

Sedangkan nama Sule dan Mang Saswi dinilai terlibat menistakan agama, karena ikut tertawa saat mendengar pernyataan Budi Dalton.

Sule dan Budi Dalton. (Spesial)

Imbas video tersebut, ketiganya pun dilaporkan ke pihak kepolisian oleh Syahrul Rizal, selaku Ketua Aliansi Masyarakat Pecinta Rasulullah (AMPERA), karena dinilai telah menistakan agama. 

"Saya pribadi atas nama Syahrul Rizal, datang ke sini dengan kuasa hukum dengan tujuan untuk melaporkan kejadian yang menyinggung umat agama dan berpotensi menganggap keonaran," ujar Rizal saat ditemui di Polda Metro Jaya pada Rabu (22/11/2022) lalu.

Bersama kuasa hukumnya, mereka melaporkan Sule CS atas dugaan kasus Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) serta penistaan agama. Laporan tersebut pun telah terdaftar di Polda Metro Jaya, dengan nomor perkara STTLP/B5984/XI/2022/SPKT/POLDA METRO JAYA.

Sementara itu, hingga kini pihak pelapor sendiri mengaku belum ada komunikasi dengan pihak terlapor, yakni Sule maupun rekan lainnya. Tak hanya itu, terpantau belum ada pula permintaan maaf apapun yang disampaikan ketiga komedian tersebut atas pernyataan yang dinilai menistakan agama tersebut.

s