Kulit Wajah Menipis, Atasi dengan 5 Cara Efektif Ini

Selasa, 28 Februari 2023 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Kulit Wajah Menipis, Atasi Dengan 5 Cara Efektif Ini

Ilustrasi wajah (Special)

Ladiestory.id - Kulit wajah yang menipis merupakan salah satu permasalahan kulit yang bisa dialami oleh siapa saja. Kulit wajah yang menipis biasanya terjadi karena beberapa faktor seperti seringnya terkena paparan sinar matahari, bertambahnya usia, dan gaya hidup yang kurang sehat.

Memiliki kulit wajah yang semakin menipis tentu membuat kamu merasa tidak nyaman. Sebab, kulit wajah yang cenderung tipis lebih mudah terluka hingga robek. Bagi kamu yang mengalami masalah tersebut, jangan panik sebab ada beberapa cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya, berikut di antaranya.

Terapkan Pola Makan Bergizi Seimbang

Ilustrasi konsumsi makanan sehat. (Special)

Cara efektif pertama yang bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengatasi kulit wajah menipis yaitu dengan menerapkan pola makan yang bergizi seimbang. Untuk menjaga kulit agar tetap sehat, kamu bisa konsumsi nutrisi serta komponen penting lain yang terdapat pada daging, ikan, sayur, dan buah. 

Semua nutrisi dan komponen tersebut terbukti mampu untuk mencegah terjadinya penuaan dini yang menyebabkan kulit wajah menipis. Selain konsumsi makanan bergizi seimbang, kamu juga bisa menambahkan suplemen yang dibutuhkan untuk menutrisi kulit seperti kolagen peptida, asam lemak omega 3, dan vitamin C.

Gunakan Retinol

Ilustrasi skincare. (Special)

Selain makanan bergizi seimbang, kamu juga bisa menggunakan vitamin A untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Salah satu jenis vitamin A yang mudah ditemukan dalam produk perawatan wajah adalah retinol. Sebagian orang sering menghindari penggunaan retinol pada kondisi kulit wajah yang tipis. 

Namun, tindakan tersebut tidak sepenuhnya benar. Sebab, kandungan retinol terbukti mampu merangsang dan mempercepat produksi kolagen di kulit wajah. Biasanya dengan bertambahnya usia, produksi kolagen di wajah akan berkurang sehingga memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini salah satunya kulit wajah yang menipis. 

Dengan menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung retinol, maka dapat mencegah kulit wajah menipis serta mengembalikan kembali ketebalan dan kelembaban wajah.

Gunakan Perawatan Laser

Ilustrasi laser wajah. (Special)

Cara mengatasi kulit wajah yang menipis berikutnya adalah dengan menggunakan perawatan laser. Jenis perawatan terdiri dari beberapa jenis salah satunya laser uap. Metode perawatan laser uap terbukti mampu membuat kulit wajah terlihat tebal, namun untuk proses pemulihan kulit wajah membutuhkan waktu yang relatif lama. 

Jika kamu ingin proses pemulihan yang lebih cepat, maka bisa memilih jenis laser non ablatif. Pastikan memilih perawatan laser wajah yang telah direkomendasikan oleh ahli kulit atau dermatologis. Sebab, dermatologis akan memilihkan jenis laser sesuai dengan yang dibutuhkan oleh kulit masing-masing individu.

Microneedling 

Microneedling . (Special)

Dermarolling atau yang sering disebut microneedling merupakan salah satu jenis perawatan yang bertujuan untuk meremajakan kulit wajah. Jenis perawatan wajah ini akan dilakukan oleh dokter dengan memberikan anestesi topikal. Selanjutnya dokter akan mengaplikasikan roller dengan jarum yang berukuran kecil. 

Jenis perawatan wajah ini akan menimbulkan luka kecil akibat dari tusukan jarum. Namun, kamu tidak perlu khawatir sebab hal tersebut tidak akan membuat kulit wajah menjadi rusak atau sobek. 

Sebaliknya, jika kamu secara rutin melakukan perawatan microneedling maka produksi kolagen di dalam kulit akan meningkat, sehingga kulit akan kembali terasa elastis dan kenyal.

Dermal Filler

Dermal Filler. (Special)

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan agar kulit wajah semakin berisi jauh dari tipis melalui proses dermal filler. Biasanya proses derma filler menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dalam tubuh seperti kolagen dan hyaluronic acid. Jika kamu melakukan jenis perawatan ini secara rutin, maka kulit wajah akan tampak lebih kenyal, dan terlihat lebih muda.