Ladies, Ini 6 Dampak Buruk Akibat Terlalu Sering Waxing

Senin, 26 Juni 2023 | 00:00:00

Penny Fatikasari

Penulis : Penny Fatikasari

Ladies, Ini 6 Dampak Buruk Akibat Terlalu Sering Waxing

Ilustrasi Waxing. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Bagi beberapa wanita memiliki bulu yang lebat akan membuatnya merasa tidak nyaman dan mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, mereka berupaya untuk menghilangkan bulu-bulu tersebut dengan melakukan waxing. Waxing sendiri merupakan salah satu cara untuk menghilangkan bulu di area tubuh. Akan tetapi, jika kamu sering melakukan waxing maka dapat memberikan dampak buruk bagi dirimu, lho. Nah, berikut ini enam  dampak buruk yang akan kamu dapatkan akibat terlalu sering waxing yang telah Ladiestory.id rangkum berikut ini.

Alami Infeksi Kulit

Ilustrasi Waxing. (Freepik.com)

Dampak buruk yang pertama muncul akibat terlalu sering melakukan waxing ialah akan mengalami masalah infeksi pada kulit. Kulitmu akan menjadi mudah terkelupas dan iritasi, hal ini pun akan terjadi terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Tak hanya itu, bakteri dan kuman pun bisa saja masuk ke jaringan kulit yang terinfeksi. Alhasil kulitmu akan terasa gatal bahkan menimbulkan eksim. Nah, untuk mengatasinya kamu dapat mengoleskan aloe vera soothing gel atau olive oil yang dapat membantu menenangkan kulit serta mengandung antibakteri untuk mengatasi peradangan pada kulit.

Munculnya Ruam Kulit

Ilustrasi Ruam Kulit. (Freepik.com)

Selain infeksi, dampak buruk selanjutnya yakni dapat memicu munculnya ruam kulit. Apabila sering mencabut bulu secara paksa atau sering maka pembuluh darah halus dibawah kulit dapat pecah bahkan menimbulkan ruam. Nah, ruam dan luka pada kulit yang terasa gatal ini apabila digaruk akan menimbulkan gesekan dan menimbulkan bekas noda hitam. Untuk mengatasinya, apabila muncul ruam kulit setelah waxing maka kamu dapat menggunakan ice pack untuk meredakan iritasi agar kemerahan pada kulit sedikit berkurang.

Terjadi Perubahan Warna Kulit

Ilustrasi Perubahan Warna Kulit. (Freepik.com)

Ladies, apabila kamu kecanduan melakukan waxing secara terus-menerus demi mendapatkan kulit halus dan bebas bulu maka tanpa kamu sadari hal ini pun dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna kulit, lho. Kulit yang rusak ini akan mempengaruhi sel untuk memproduksi pigmen yang dapat memicu terjadinya Post Inflammatory Hyperpigmentation (PIH). Tetapi kamu tak perlu panik dan khawatir dulu, kamu pun bisa mengatasinya dengan menggunakan sunblock agar warna kulitmu dapat kembali merata.

Kulit Tidak Elastis

Ilustrasi Kulit Tidak Elastis. (Freepik.com)

Dampak buruk selanjutnya akibat kamu terlalu sering melakukan waxing ialah kulitmu menjadi tidak elastis. Hal ini dikarenakan adanya aktivitas mencabut bulu yang membuat kulit seakan tertarik sehingga lapisan pada kulit menjadi terangkat. Hal tersebut akan membuat kulit melonggar bahkan menjadi mengkerut. Selain itu, kulitmu pun akan mudah mengalami penuaan dini. Sebaiknya kamu dapat melakukan waxing sebanyak satu kali dalam sebulan.

Pertumbuhan Bulu Menjadi Tidak Beraturan

Ilustrasi Waxing. (Freepik.com)

Terlalu sering mencabuti bulu di area tubuh tertentu maka dapat membuat pertumbuhan bulu kamu menjadi tidak beraturan, lho. Hal ini dikarenakan folikel rambut menjadi melengkung ke arah dalam serta memungkinkan terjadinya ingrown hair atau pertumbuhan bulu ke arah dalam kulit.

Munculnya Jerawat

Ilustrasi Waxing. (Freepik.com)

Yup, muncul jerawat di bagian kulit akibat terlalu sering melakukan waxing bisa saja terjadi. Hal ini bisa dikarenakan kamu kurang tepat melakukan teknik waxing. Waxing ketiak juga bisa menjadi salah satu munculnya jerawat. Maka dari itu, kamu bisa mengatasinya dengan selalu menjaga kebersihan kulit dan segera membersihkan kulit setelah di waxing untuk menghilangkan bakteri yang dibawa melalui folikel. Selain itu, sebelum melakukan waxing, kamu pun bisa melakukan eksfoliasi terlebih dahulu.

Nah, Ladies itulah ke enam dampak buruk dari sering melakukan waxing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.