Ladies, Ini Pentingnya Hadirkan Sentuhan Fisik dalam Hubungan Asmaramu

Selasa, 6 Februari 2024 | 10:15:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Ladies, Ini Pentingnya Hadirkan Sentuhan Fisik Dalam Hubungan Asmaramu

Ilustrasi Sentuhan Fisik dalam Hubungan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Keintiman fisik adalah sarana komunikasi ampuh yang dapat melampaui kapasitas kata-kata. Baik itu berpegangan tangan atau ciuman lembut di kening, ikatan fisik memperdalam hubungan romantis.

Bersentuhan fisik menjadi salah satu love language yang bisa memperdalam hubunganmu dengan si dia, karena sentuhan fisik merupakan isyarat yang sangat ampuh untuk mengungkapkan 'hasrat dan cinta' kepada pasangan. Dilansir dari Times of India Online berikut adalah pentingnya sentuhan fisik dalam hubungan asmaramu.

Kedekatan Fisik dan Komunikasi Saling Berkaitan

Ilustrasi Sentuhan Fisik dalam Hubungan. (Freepik.com)

Entah itu ciuman lembut atau pelukan hangat, sentuhan fisik mengomunikasikan emosi yang terpendam jauh di dalam hati.

Kedekatan fisik adalah sikap manis yang tidak membutuhkan kata-kata untuk mengomunikasikan cinta. Hal ini memberi ruang bagi kedua pasangan untuk menjadi rentan dalam hubungan.

Sentuhan Fisik Berhubungan dengan Otak

Ilustrasi Sentuhan Fisik dalam Hubungan. (Freepik.com)

Studi ilmiah menunjukkan bahwa ada manfaat emosional dan fisiologis yang terkait dengan sentuhan fisik dalam hubungan. Saat mencium atau memberikan pelukan hangat dengan lembut kepada pasangan, tubuh memicu pelepasan oksitosin yang mengurangi stres dengan memberikan perasaan didukung dan diperhatikan dalam suatu hubungan.

Respon fisiologis tubuh kita yang dirangsang oleh sentuhan fisik berkontribusi pada rasa sejahtera dan peningkatan suasana hati. Pasalnya, sentuhan fisik menumbuhkan rasa saling percaya antar pasangan dan memberikan efek menenangkan pikiran dengan mengaktifkan pelepasan zat kimia tertentu di otak seperti dopamin, oksitosin, dan serotonin.

Keintiman Emosional yang Dalam

Ilustrasi Sentuhan Fisik dalam Hubungan. (Freepik.com)

Tindakan mendekatkan diri dengan pasangan merupakan ekspresi cinta, perhatian, dan ikatan. Keintiman fisik membantu membangun kemistri emosional yang lebih dalam di antara pasangan.

Itu adalah ekspresi cinta yang nyata yang menumbuhkan rasa iman, kepercayaan, dan dukungan dalam hubungan. Ini adalah obat alami untuk kecemasan, ketakutan, dan stres.

Misalnya saja ciuman manis di kening yang mengandung kehangatan cinta yang bisa membuat pasanganmu merasa didukung di masa-masa sulit. Singkatnya, kedekatan fisik dengan pasanganmu menunjukkan rasa berdiri di sisinya.

Bangun Kepercayaan

Ilustrasi Sentuhan Fisik dalam Hubungan. (Freepik.com)

Sentuhan fisik memberikan rasa nyaman pada saat ketidakpastian atau kesusahan. Kedekatan fisik menciptakan gaya keterikatan yang aman dalam hubungan romantis. Tindakan berpelukan, berpelukan hangat, atau berpegangan tangan mengkomunikasikan rasa aman dalam hubungan.

Kekuatan sentuhan fisik adalah memupuk kepercayaan dan menyisakan sedikit ruang untuk keraguan dalam hubungan. Ketika kedua pasangan dekat satu sama lain, keyakinan pada cinta mereka semakin kuat.