Cara Redakan Perdebatan dalam Hubungan, Salah Satunya dengan Validasi

Selasa, 20 Februari 2024 | 14:40:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Cara Redakan Perdebatan Dalam Hubungan, Salah Satunya Dengan Validasi

Ilustrasi Pasangan Berdebat. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Perdebatan dalam suatu hubungan adalah hal yang lumrah. Namun ada kalanya salah satu dari pasangan merasa sangat lelah. Apalagi jika perdebatan itu terjadi dengan intensitas yang sangat sering.

Komunikasi yang konstruktif adalah kunci untuk menyelesaikan konflik apa pun. Teknik dan cara tertentu dapat membantu meredakan perselisihan dan memfasilitasi penyelesaian konflik.

Meskipun perselisihan dan pertengkaran tidak bisa dihindari dalam hubungan, penting untuk menanganinya dengan komunikasi yang konstruktif demi menghindari eskalasi menjadi pelecehan dan pertengkaran.

Dilansir dari Times of India, berikut adalah cara redakan perdebatan dalam hubungan.

Tarik Napas Dalam

Ilustrasi Pasangan Berdebat. (Freepik.com)

Saat terjadi perdebatan sengit, disarankan untuk menarik napas dalam-dalam. Hindari bereaksi secara impulsif dan jangan berteriak. Penting untuk memiliki keadaan pikiran yang tenang agar seseorang dapat berbicara dengan jelas.

Tetap Tenang dan Tidak Tinggikan Suara

Ilustrasi Pasangan Berdebat. (Freepik.com)

Agresi dan kemarahan dapat memperburuk keadaan. Keadaan pikiran yang tenang penting untuk memahami perspektif dengan jelas.

Cobalah untuk menyelesaikan argumen dengan komunikasi yang efektif. Menaikkan suara untuk mendominasi argumen akan memperburuk situasi.

Dengarkan dengan Sabar

Ilustrasi Pasangan Berdebat. (Freepik.com)

Kualitas mendengarkan secara aktif dan sabar penting untuk meredakan perdebatan. Komunikasi empati membantu menangani argumen yang saling bertentangan secara efisien. Mendengarkan dengan sabar sudut pandang orang lain membantu menyelesaikan konflik.

Validasi

Ilustrasi Pasangan Berdebat. (Freepik.com)

Memvalidasi pendapat dan kekhawatiran orang lain membuat mereka merasa dipahami dan dihargai.

Hal ini tersirat menunjukkan empati dan memahami perilaku satu sama lain. Hal ini juga dapat menumbuhkan rasa penerimaan terhadap pendapat masing-masing.

Fokus pada Pemecahan Masalah

Ilustrasi Pasangan Berdebat. (Freepik.com)

Pendekatan pemecahan masalah dapat dengan mudah membantu meredakan perdebatan. Alihkan pembicaraan dari keluhan dan argumen ke mencari cara untuk menemukan solusi konflik. Menemukan alternatif akan mendorong rekonsiliasi dan berkontribusi pada penyelesaian.